kumparan
7 November 2019 18:09

Seperti Apa Duet Wishnutama dan Angela dalam Kemenparekraf?

PTR, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Ngopi bareng Wishnutama dan Angela
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Masih banyak yang penasaran bagaimana cara kerja Wishnutama dan Angela Tanoesoedibjo dalam memimpin Kemenparekraf. Terlebih keduanya bukan berasal dari dunia pariwisata, melainkan dunia kreatif, tepatnya dunia pertelevisian.
ADVERTISEMENT
Salah satu alasan Jokowi ketika menunjuk Angela sebagai wakil menteri bagi Wishnutama adalah karena ia dianggap sebagai pengusaha muda yang berpengalaman dalam dunia media dan pintar dalam melakukan promosi. Alhasil, diharapkan dapat membantu Menparekraf tersebut dalam mengembangkan pariwisata Indonesia, terutama menarik wisatawan mancanegara.
Lantas bagaimana cara kerjanya?
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Ngopi bareng Wishnutama dan Angela
Menparekraf Wishnutama dan Wamenparekraf Angela dalam acara Ngopi Bareng di Oeang, M Bloc Space, Selasa (5/11). Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Menurut pengakuan Wishnutama beberapa waktu lalu ketika ditemui dalam acara Ngopi Bareng Mas Tama dan Mbak Angela di M Bloc Space, ia dan Angela tidak memiliki pembagian tugas tertentu.
Kompak menggunakan baju hitam, Wishnutama terlihat sangat kooperatif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh rekan-rekan media sembari mewakili wakil menterinya.
"Mbak Wamen (Wakil Menteri) minta maaf tidak bisa ikut bicara dulu karena suaranya sedang habis," ujar pria yang akrab disapa Mas Tama itu. Dalam kesempatan yang sama, Wishnutama juga menuturkan bahwa baik antara ia dan Angela tidak ada pembagian tugas.
Wishnutama dan Angela
Mereka tampak kompak mengenakan pakaian casual berwarna hitam ketika berbincang dengan puluhan media. Foto: Instagram @wishnutama
Ia menilai adanya pembagian tugas seperti itu akan membuat mereka terkesan tak kompak. Padahal ia dan wakil menterinya sudah memiliki kesepahaman yang sama tentang visi dan misi pariwisata Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Saya dengan wamen (wakil menteri), kita satu kesatuan. Kita menyelesaikan semuanya bareng-bareng. Kita complement each other. Apapun tugasnya, kita akan selesaikan bareng-bareng. Itu yang menurut saya akan dilakukan hingga ke depan," jelasnya pada awak media.
Tak sampai di situ saja, Wishnutama juga yakin akan keberadaan Angela Tanoe di sampingnya dalam memimpin Kemenparekraf.
"Saya meyakini keberadaan peran wakil menteri di samping saya ini. Jadi kita selain mengurus persoalan internal, kita memastikan apa yang kita wacanakan, apa yang kita rencanakan, kita pastikan dapat tersampaikan," jelasnya lagi.
Wishnutama dan Angela
Selain bincang santai, Wishnutama dan Angela juga menjajal naik MRT. Foto: Instagram @wishnutama
Dalam acara tersebut, Wishnutama juga menceritakan bahwa sebelum menyelenggarakan acara ini, ia dan Angela telah berkoordinasi baik dalam tim internal maupun pihak luar yang terkait, seperti Kepolisian RI, BNPB, Koperasi, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, hingga Kemendikbud untuk menunjang pariwisata Indonesia.
ADVERTISEMENT
Baik dari segi keamanan, keselamatan, pendidikan hospitality yang lebih relevan, infrastruktur, dan tentunya juga penanganan bencana. Terlebih Indonesia berada di kawasan yang rawan bencana. Sehingga nantinya wisatawan baik dalam maupun luar negeri tak merasa khawatir ketika hendak melakukan eksplorasi di Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan