Food & Travel
·
5 Desember 2020 16:02

Setelah Utah dan Rumania, Monolit Misterius Ketiga Muncul di California

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Setelah Utah dan Rumania, Monolit Misterius Ketiga Muncul di California  (289125)
Penemuan monolit logam di Utah. Foto: Department of Public Safety's Aero Bureau Utah
Kemunculan monolit misterius di Amerika Serikat telah menjadi topik hangat di berbagai media internasional selama dua minggu terakhir. Kejadian ini bermula dari monolit yang ditemukan di Utah, Amerika Serikat pada November lalu. Setelah geger karena kemunculannya, monolit itu kemudian hilang secara misterius.
ADVERTISEMENT
Tak lama setelah itu, monolit serupa muncul di Rumania, yang juga menghilang beberapa hari kemudian. Kini, sebuah monolit logam misterius ketiga ditemukan di California. Monolit ketiga ditemukan di puncak Gunung Atascadero, California, Amerika Serikat.
Seorang pendaki bernama Gary Lyons mengatakan dia mendaki di daerah tersebut setiap hari dan menemukan benda itu ada pada hari Rabu. Dia mengaku monolit itu tidak ada di sana sehari sebelumnya.
Setelah Utah dan Rumania, Monolit Misterius Ketiga Muncul di California  (289126)
Penemuan monolit logam di Utah. Foto: Department of Public Safety's Aero Bureau Utah
Dilansir dari Sky News, monolit itu tingginya 2,7 meter, mirip dengan yang ada di Utah. Namun, tidak seperti yang ada di gurun Utah, struktur seberat 200 pon (90 kg) ini tidak melekat kuat ke tanah dan bisa dengan mudah roboh bila didorong dengan kuat.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, belum jelas dari mana monolit itu berasal dan kapan diletakkan di lokasi tersebut. Pejalan kaki lokal bernama Ray Johnson mengatakan kepada Atascadero News, bahwa struktur itu belum ada di sana pada hari Selasa (1/12).
Pejabat negara bagian Utah pertama kali menemukan monolit pada 18 November saat menyisir gurun di selatan Moab untuk mencari domba bighorn. Namun, objek logam itu menghilang secara misterius sembilan hari kemudian.
Pada hari yang sama, yaitu 27 November, outlet berita Rumania, Ziar Piatra Neamt melaporkan monolit lain muncul di atas Bukit Batcas Doamnei di kota Piatra Neamt. Monolit Rumania yang ditutupi pola lingkaran yang saling berhubungan, hanya bertahan empat hari sebelum menghilang pada hari Selasa (1/12).
ADVERTISEMENT
Keesokan harinya, Rabu (2/12), para pendaki menemukan monolit lain di California. Insider menyelidiki data Google Earth dan menemukan bahwa monolit Utah pernah muncul antara Agustus 2015 dan Oktober 2016. Sayangnya tidak ada citra satelit untuk mengamati monolit di Rumania dan California.
Hilangnya monolit di AS justru memunculkan guyonan warganet di Twitter. Beberapa netizen membuat lelucon dengan mengedit foto monolit itu sesuka hati.
Akun @timquirino sengaja menambahkan stories pada bagian atas tonggak, yang menandakan bahwa kejadian ini membuat geger dan menjadi bahan lelucon media sosial.
Bahkan, beberapa akun lainnya mengubah monolit tersebut dengan bentuk prisma segitiga seperti kemasan toblerone raksasa yang memiliki bentuk serupa.
Lelucon serupa juga dilakukan oleh akun dari merek-merek dagang resmi. Mulai dari McDonald, Budweisser, Amazon, hingga Ted Talk ikut meramaikan tren membuat meme kocak dari monolit itu. McDonald mengubah monolit tersebut menjadi panel pemesanan makanan drive thru.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, warganet juga membagikan sebuah teori posisi kemunculan monolit selanjutnya. Mereka menduga monolit akan muncul di Greenland. Sebab, lokasi itu membentuk pola segitiga dengan temuan dua monolit sebelumnya di AS dan Rumania.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).