Food & Travel
ยท
14 September 2021 7:59
ยท
waktu baca 2 menit

Situs Kuno di Bawah Air Mancur Trevi Terungkap, Usianya Lebih dari 2.000 Tahun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Situs Kuno di Bawah Air Mancur Trevi Terungkap, Usianya Lebih dari 2.000 Tahun (920509)
searchPerbesar
Trevi Fountain adalah air mancur bergaya Baroque terbesar di Roma Foto: Shutter Stock
Air Mancur Trevi atau Trevi Fountain di Roma tidak hanya dikenal dengan tradisi uniknya, yaitu melempar koin agar enteng jodoh. Lebih dari itu, ternyata ada sebuah situs arkeologi di bawahnya yang bisa dikunjungi wisatawan.
ADVERTISEMENT
Dilansir Travel and Leisure, situs arkeologi ini baru-baru ini terungkap setelah seorang pemandu wisata lokal bernama Federica, membagikan sebuah video yang memperlihatkan reruntuhan sebuah kota yang diduga telah ada sejak ribuan silam tersebut.
Situs Kuno di Bawah Air Mancur Trevi Terungkap, Usianya Lebih dari 2.000 Tahun (920510)
searchPerbesar
Vicus Caprarius, Kota Air di bawah Air Terjun Trevi di Roma. Foto: Shutter Stock
Lewat akun Instagram miliknya @livevirtualguide, Federica menjelaskan bahwa situs tersebut adalah Vicus Caprarius, sebuah kompleks reruntuhan bangunan kuno yang dikenal sebagai Kota Air.
Situs arkeologi ini berasal dari abad pertama, tetapi baru ditemukan pada akhir 1990-an. Selain menemukan bangunan reruntuhan kuno dengan beragam bentuk, wisatawan juga bisa menemukan keindahan kolam yang masih terisi air.
Adapun, air di kolam tersebut berasal dari Aqua Virgo, salah satu dari 11 saluran air Romawi kuno. Saluran air ini juga yang mengalir ke Air Mancur Trevi.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, situs arkeologi ini juga menyimpan ratusan artefak yang ditemukan selama penggalian, termasuk patung-patung terakota, tembikar Afrika, ubin mosaik, hingga lebih dari 800 koin.
Situs Kuno di Bawah Air Mancur Trevi Terungkap, Usianya Lebih dari 2.000 Tahun (920511)
searchPerbesar
Vicus Capraricus, Kota Air di bawah Air Terjun Trevi di Roma. Foto: https://www.vicuscaprarius.com/
Wisatawan bisa mengakses laman resminya untuk informasi mengunjungi situs tersebut. Sementara itu, harga tiketnya sendiri dipatok sekitar 4 euro atau Rp 67 ribu.
Frederica dikenal sebagai traveler yang sering mengulas hidden gems atau tempat-tempat tersembunyi di Roma. Selain itu, ia juga kerap menggelar virtual tur bagi mereka yang ingin lebih dekat dengan Roma.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)