kumparan
Food & Travel2 Oktober 2018 17:43

Solo hingga Madura, 5 Kota Batik yang Punya Pesona Wisata Menawan

Konten Redaksi kumparan
Batik tulis menyumbang nilai ekspor.
Batik tulis menyumbang nilai ekspor. (Foto: Antara/Adeng Bustomi)
Sejak tahun 2009, batik, Wastra Nusantara milik Indonesia diakui oleh dunia sebagai salah satu warisan dunia. Ditetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO, batik membawa nama Indonesia semakin mendunia.
ADVERTISEMENT
Memperingati Hari Batik yang jatuh pada 2 Oktober 2018, kali ini kumparanTRAVEL akan memperkenalkan kamu pada lima kota di Indonesia yang dikenal sebagai kota penghasil batik.
Proses pembuatan batik lasem
Proses pembuatan batik lasem (Foto: dok.Didiet Maulana)
Selain memiliki batik dengan karakter yang unik, tiap Kota Batik di Indonesia juga punya pesona tersendiri. Bagi para pecinta kain batik, kelima kota ini pastinya bisa membuat kamu seakan di surga, karena banyaknya kain batik indah yang bisa kamu lihat dan nikmati.
Mulai dari Solo, Yogyakarta, dan Cirebon yang punya peninggalan kerajaan tradisional, Pekalongan yang kental nuansa Islam, hingga Madura yang terkenal karena kulinernya dapat kamu jadikan destinasi wisata yang wajib dikunjungi.
1. Solo
Museum Danar Hadi
Museum Batik Danar Hadi Solo. (Foto: Wikimedia Commons)
Digelari sebagai Kota Batik, Surakarta atau yang lebih akrab dikenal sebagai Solo punya pesona wisata tersendiri. Kental dengan nuansa Jawa, Solo menjadi pilihan tepat bagi kamu yang mencari ketenangan.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, dibandingkan dengan Yogyakarta atau Semarang, suasana Solo terasa lebih tenang karena penduduk dan wisatawannya tidak terlalu ramai.
Sesuai dengan julukannya, kamu yang senang dengan kain batik bisa berkunjung ke Kampung Batik Kauman atau Museum Batik Danar Hadi.
Bagi yang senang dengan sejarah, kamu bisa menyambangi situs warisan dunia UNESCO, yaitu Museum Manusia Purba Sangiran. Selain itu, kamu juga bisa belajar sejarah Solo sembari mengintip kehidupan para abdi dalem di Keraton Surakarta.
2. Pekalongan
Pembuatan batik Pekalongan
Pembuatan batik Pekalongan (Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra)
Berlokasi di kawasan jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya, Pekalongan menjadi salah satu kota yang terkenal akan batik. Karena letaknya yang berada di pesisir Laut Jawa, batik dari Pekalongan dijuluki juga sebagai batik pesisir.
ADVERTISEMENT
Memiliki corak batik yang khas dan variatif, ternyata Pekalongan masuk ke dalam jaringan kota kreatif UNESCO untuk kategori crafts/folk art sejak Desember 2014 lalu.
Kental dengan nuansa Islam, Pekalongan memiliki tradisi yang tidak boleh dilewatkan, seperti Syawalan dan Sedekah Bumi.
Sebagai salah satu kota penghasil batik, Pekalongan memiliki museum batik berisi berbagai koleksi batik khas dalam berbagai corak dan warna yang tentunya wajib kamu kunjungi.
Bagi yang senang wisata alam, di Pekalongan kamu bisa menikmati segarnya air laut di Pantai Pasir Kencana atau Pantai Slamaran yang populer.
Pecinta gunung dan hutan bisa mendaki dan berkemah di Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo atau menyambangi Curug Muncar yang memukau.
3. Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Kawasan wisata Malioboro di Yogyakarta
Kawasan wisata Malioboro di Yogyakarta (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Sejak dinobatkan sebagai Kota Batik Dunia oleh World Craft Council pada 18 Oktober 2014, reputasi Yogyakarta sebagai kota batik semakin mendunia. Di Yogyakarta, kamu bisa berbelanja batik di berbagai pasar tradisional, seperti Pasar Beringharjo, Kampung Ngasem, atau di sekitar Malioboro.
Memanah bersama abdi dalem keraton Yogya
Memanah bersama abdi dalem keraton Yogya (Foto: Indra Subagja/kumparan)
Menjadi rumah bagi Sri Sultan Hamengkubowono IX, kamu bisa menyambangi Keraton Yogyakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Bagi kamu yang senang traveling, Yogyakarta punya berbagai destinasi menarik, mulai dari pantai hingga gunung yang bisa kamu sambangi.
4. Cirebon
 Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi (Foto: Flickr/Stephanie)
Terkenal dengan motif megamendung pada kain batiknya, Cirebon sebagai salah satu sentra penghasil batik memiliki pesona religi dan sejarah yang memukau.
Tak kalah dengan Kota Batik lainnya, Cirebon memiliki beragam tempat wisata yang menarik. Mulai dari Bukit Gronggong yang romantis, makam Sunan Gunung Jati dengan perpaduan nuansa Arab, China, Jawa, hingga Taman Sari Gua Sunyaragi yang magis.
ADVERTISEMENT
5. Madura
Air Terjun Toroan
Air Terjun Toroan, Sampang, Madura (Foto: Flickr/Nizam Irpani)
Walau nama Madura sebagai Kota Batik tidak setenar Bali atau Yogyakarta, Madura ternyata memiliki kawasan khusus yang menjadi sentra perajin batik. Sebut saja Pamekasan, Bangkalan, dan Sumenep yang menghasilkan batik tulis dengan warna terang dan corak berupa daun atau bunga.
Walau dijuluki sebagai Pulau Garam karena kondisinya yang tandus dan kering, Madura memiliki keunikan tersendiri yang pastinya sayang untuk dilewatkan.
Com-Batik Tulis
Com-Batik Tulis (Foto: Thinkstocks)
Berlokasi di utara Surabaya, Madura memiliki pemandangan alam yang mempesona. Bukit kapur Jaddih yang Instagramable, Gili Labak, Air Terjun Toroan, dan Arosbaya menjadi beberapa wisata alam yang patut dikunjungi.
Tidak hanya itu, Madura juga memiliki kuliner yang nikmat, salah satunya yang terkenal adalah sate, sehingga menjadi salah satu surga bagi pecinta kuliner. Bagi kamu yang berniat mengoleksi batik, Madura pastinya harus masuk ke dalam daftar liburanmu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan