kumparan
12 Juli 2018 14:01

Stasiun Doai, Stasiun Unik dan Tersembunyi di Jepang

Stasiun Doai Saat Musim Dingin (COVER)
Stasiun Doai Saat Musim Dingin (Foto: Wkimedia Commons)
Selain memiliki stasiun Shibuya yang terkenal dengan patung Hachiko dan tempat penyebrangannya, Jepang juga punya stasiun bawah tanah yang tidah kalah populer. Salah satu stasiun bawah tanah yang terkenal di Negeri Sakura adalah Stasiun Doai Eki.
ADVERTISEMENT
Jika dilihat dari luar, stasiun yang berada di Prefektur Gunma ini memang tampak normal. Justru, kesan asri melekat padanya karena posisinya yang dikelilingi pepohonan.
Penampakan Stasiun Doai Dari Depan
Penampakan Stasiun Doai Dari Depan (Foto: Wkimedia Commons)
Namun, jika sudah masuk ke dalam, pengunjung akan menemukan sesuatu yang unik. Ya, stasiun ini berada di bawah tanah, bahkan mencapai kedalaman 70 meter. Yang sekaligus menjadikanya sebagai stasiun bawah tanah paling dalam di Jepang.
Sebelum 'bertemu' dengan kedalaman kereta, dari loket pembelian tiket menuju peron, pengunjung harus berjalan sejauh 338 meter. Pengunjung juga harus melewati 462 anak tangga, lengkap dengan penerangan yang minim.
Tangga Menuju Peron di Stasiun Doai
Tangga Menuju Peron di Stasiun Doai dok : (Foto: Flickr / Omo D)
Sayangnya, kamu harus menuruni anak tangga jika ingin ke dalam stasiun. Sebab, stasiun dengan julukan 'Stasiun cacing Nomor 1 di Jepang' itu tidak dilengkapi eskalator, maupun elevator.
ADVERTISEMENT
Ketika sampai di tepian kereta, lampu remang-remang masih membuntuti. Kesan mistis semakin terasa lantaran sering ada kabut yang datang.
Apa lagi, kesan seram bertambah lantaran keadaan stasiun yang lembab dan berair. Dan juga jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak.
Sebenarnya, stasiun Doai mempunyai dua platform. Satu di bawah tanah, untuk kereta api arah utara. Dengan tujuan Echigo-Yuzawa, Urasa, Niigata dan Nagaoka.
Suasana Saat Menunggu Kereta di Stasiun Doai
Suasana Saat Menunggu Kereta di Stasiun Doai (Foto: Flickr / nz32u6)
Sementara, platform lainnya berada di atas tanah, khsusus untuk tujuan ke arah selatan. Jalur arah selatan ini akan mengantarkan penumpangnya menuju ke Minakami, Takasaki, dan Ueno
Ketenaran stasiun yang lebih mirip tempat berlindung di bawah tanah ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Stasiun Doai pernah muncul di salah satu novel populer dari Jepang dan di TV.
ADVERTISEMENT
Bagaimana menurutmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan