kumparan

Tak Perlu Khawatir, ke Bali dan Gunung Bromo saat Lebaran Tetap Aman

Erupsi di Gunung Agung, Bali
Wisatawan memotret Erupsi di Gunung Agung, Bali. Foto: Kumparan/Johannes P. Christo
Beberapa waktu lalu, pemerintah menetapkan status siaga untuk beberapa destinasi wisata, seperti Gunung Bromo dan Gunung Agung di Bali. Hal ini karena kedua gunung tersebut mengeluarkan aktivitas vulkanik yang cukup aktif, sehingga dikhawatirkan membahayakan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, pemerintah sempat mengeluarkan status siaga dan masyarakat dilarang mendekati kedua gunung tersebut dalam radius hingga 5 kilometer, dan bandara di tutup karena aktivitas vulkanik tersebut. Namun, saat Lebaran ini, apakah Bali dan Bromo sudah aman untuk dikunjungi kembali?
com-Bali
com-Bali Foto: Shutterstock
Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Gunung Agung kembali berada dalam Status Siaga (level 3) dan masih akan sering terjadi erupsi sesaat. Radius daerah berbahaya pun ditetapkan 4 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung. Meskipun demikian, Bali saat ini masih aman untuk dikunjungi.
"Selama masyarakat atau wisatawan berada di luar radius 4 kilometer akan aman," kata Sutopo, ketika dihubungi kumparan beberapa waktu lalu.
Informasi ini juga dibagikan oleh Sutopo melalui akun Twitter-nya. Ia menuliskan bahwa meski masih erupsi, Lebaran ke Bali tetap aman.
ADVERTISEMENT
Sementara itu Gunung Bromo, menurut Sutopo, juga masih aman dikunjungi wisatawan. Hal tersebut karena sekarang ini erupsi di Gunung Bromo cenderung kecil, dengan status waspada (level 2) dan radius bahaya sekitar 1 kilometer dari kawah.
“Zona bahaya hanya di dalam radius 1 kilometer dari puncak kawah. Silakan berwisata ke kawasan lautan pasir, Bukit Teletubbies dan lainnya,” pungkas Sutopo.
Jadi, Lebaran tahun ini liburan ke mana, Bali atau Gunung Bromo?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan