Food & Travel
·
26 September 2020 8:05

Terlihat Indah, Ternyata Ini 5 Danau Paling Berbahaya di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Terlihat Indah, Ternyata Ini 5 Danau Paling Berbahaya di Dunia (320003)
Potret Danau Natron dari Ketinggian Foto: Flickr / beba pisa
Sebuah danau biasanya menyuguhkan pemandangan yang indah dan juga jauh dari kata berbahaya. Namun, ada beberapa danau yang justru dianggap paling berbahaya di dunia dan sebaiknya tidak didekati wisatawan.
ADVERTISEMENT
Mulai dari danau yang menewaskan ribuan orang dalam semalam hingga danau bekas pembuangan nuklir di Rusia. Berikut kumparang rangkum lima danau paling berbahaya di dunia.

1. Danau Nyos, Afrika

Terlihat Indah, Ternyata Ini 5 Danau Paling Berbahaya di Dunia (320004)
Danau Nyos di Afrika Foto: Dok. Wikimedia Commons
Danau Nyos telah menelan korban tewas lebih dari 1.746 orang hanya dalam satu malam. Bahkan saking mematikannya, penduduk lokal menyebut Danau Nyos sebagai "The Bad lake" atau Danau Jahat.
Penduduk setempat percaya bahwa kematian 1.746 orang yang tinggal di sekitar danau yang terletak di wilayah barat Laut Kamerun itu, diakibatkan oleh kekuatan jahat yang muncul di sana.
Dilansir Atlas Obscura, danau yang terbentuk sekitar 400 tahun lalu itu sebenarnya merupakan kawah vulkanik dari sebuah gunung berapi. Oleh sebab itu, danau ini memiliki kadar CO2 yang tinggi, karena terbentuk oleh aktivitas gunung berapi yang ada di bawahnya
ADVERTISEMENT
Bencana yang terjadi pada 21 Agustus 1986 itu diakibatkan oleh semburan gas CO2 yang terjadi secara tiba-tiba dan dalam jumlah besar. Tidak diketahui apa penyebab semburan gas CO2 tersebut, tetapi diperkirakan fenomena ini adalah Erupsi Limnic, salah satu erupsi paling langka di dunia.

2. Danau Natron, Afrika

Terlihat Indah, Ternyata Ini 5 Danau Paling Berbahaya di Dunia (320005)
Hanya Sedikit Makhluk Hidup yang Mampu Hidup di Danau Natron Foto: Flickr / danrspen
Afrika masih punya satu lagi danau paling berbahaya di dunia. Namanya adalah Danau Natron.
Penampakan danau yang berada di daratan Tanzania Utara, Afrika, memang terlihat cantik. Namun jangan salah, sebenarnya danau ini sangat beracun.
Danau dengan panjang 56 km dan lebar 24 km itu beracun, karena mengandung alkali dengan tingkat PH setinggi 10,5. Bahkan suhu airnya sangat panas, mencapai 60 derajat Celcius.
ADVERTISEMENT
Karena kandungan alkalinya, Danau Natron memiliki kerak berwarna merah, merah muda, atau jingga yang berasal dari mikroorganisme yang hidup di dalam danau tersebut.
Saking beracunnya, air Danau Natron mampu membakar kulit dan mata binatang. Bahkan juga dapat membunuh binatang tersebut.
Maka tak heran, bila tidak ada makhluk yang dapat hidup di sana. Hanya ikan dan mikroorganisme tertentu saja yang mampu bertahan hidup di air beracun itu.

3. Boiling Lake, Republik Dominica

Terlihat Indah, Ternyata Ini 5 Danau Paling Berbahaya di Dunia (320006)
Boiling Lake di Republik Dominika Foto: Shutter Stock
Seperti namanya, Boiling Lake adalah danau paling berbahaya di dunia karena suhu airnya yang mencapai 82 hingga 91 derajat celsius. Saking panasnya, danau ini diselimuti awan uap.
Wajar saja jika pengunjung yang datang tidak diizinkan memegang air danau.
ADVERTISEMENT
Kabarnya, danau berwarna biru keabu-abuan yang memiliki kedalaman sekitar 59 meter, panjang 61 meter, dan lebar 76 meter itu terbentuk karena letusan gunung pada zaman dahulu. Adanya magma kuat di dasar tanah membuat air danau tersebut menjadi panas, karena terdapat gas yang berasal dari lelehan lava perut bumi.

4. Danau Horseshoe, California

Terlihat Indah, Ternyata Ini 5 Danau Paling Berbahaya di Dunia (320007)
Danau Horseshoe di California Foto: Shutter Stock
Dijuluki si pembunuh dalam diam, Danau Horseshoe merupakan danau paling mematikan di dunia. Danau ini terletak di Taman Nasional Lassen Volcanic, California, Amerika Serikat.
Meski nampak indah, Danau Horseshoe diam-diam berbahaya. Sama seperti Danau Nyos di Kamerun, air di permukaan danau mengandung zat karbondioksida yang cukup tinggi.
Tak percaya? Coba saja gali sebuah lubang di dekat danau dan hidupkan obor dalam lubang tersebut. Obor api niscaya akan langsung mati seketika.
ADVERTISEMENT
Pemandangan danau ini memanglah cantik, namun tepat di tepian danau, pohon-pohon tumbuh kering dan kerontang. Pohon-pohon ini nyaris mati karena terlalu banyak menghisap zat karbondioksida.
Pada tahun 2006 silam, Danau Horseshoe pernah merenggut nyawa tiga orang wisatawan yang tengah kemping di sebuah gua tak jauh dari danau ini karena keracunan karbondioksida.

5. Danau Karachay, Rusia

Danau Karachay menjadi tempat paling berbahaya sekaligus berpulosi di dunia. Sebab, dahulu cekungan besar ini menjadi tempat dibuangnya limbah nuklir.
Dan selama bertahun-tahun pula, danau ini jadi ‘rumah’ untuk limbah radioaktif. Dengan luas danau yang kurang dari 1.600 meter persegi, hampir sepenuhnya terdiri atas deposit limbah radioaktif yang tingginya mencapai 3,4 meter.
Pada 1960-an, beberapa bagian Danau Karachay mengalami kekeringan. Alhasil, unsur kimia yang terkandung di dalamnya, yaitu Caesium-137 dan Stronium-90 terkena sinar matahari langsung.
ADVERTISEMENT
Tujuh tahun berlalu, angin kencang membuat unsur kimia itu terbawa hingga ke beberapa wilayah sekitar 2.700 kilometer persegi di sekitarnya. Tentu, debu ini membahayakan nyawa ribuan orang.
Bahayanya Danau Karachay tak hanya sampai di situ saja. Pada 1990-an silam, siapa saja yang duduk di sekitaran danau setidaknya selama satu jam, bisa terkena radiasi hingga 600 rontgen. Berarti, hal terburuk yang bisa terjadi adalah meninggal dunia.
Selama bertahun-tahun pula sungai ini menyimpan banyak limbah berbahaya. Hingga airnya memancarkan 120 juta cries.
Pemerintah setempat pun tak tinggal diam. Mereka mengambil langkah dengan menutup danau di Rusia itu dengan batu dan beton. Percaya atau tidak, proses ini membutuhkan waktu hingga 40 tahun dan selesai pada 2015 lalu.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)