Food & Travel
·
18 September 2018 14:04

Terungkap, Ini Tempat Istirahat Pilot di Pesawat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Terungkap, Ini Tempat Istirahat Pilot di Pesawat (351939)
Ilustrasi Ruang Tidur Pilot di Boeing 777 (Foto: Basith Subastian / kumparan)
Dalam penerbangan jarak jauh, baik penumpang dan kru pesawat pasti akan merasakan kantuk yang tak terhankan. Bila penumpang bisa melepas lelah di kursi empuknya, lantas bagaimana dengan sang pengendali burung besi?
ADVERTISEMENT
Rupanya, sebagian besar pilot akan beristirahat di bagian yang mungkin kebanyakan penumpang tidak disadari, yaitu di sebuah ruangan yang berada atas kelas pertama di belakang kokpit.
Umumnya, ruangan ini terdapat di Boeing 777. Walau terbilang kecil, namun tempat ini bak surga bagi para kru penerbang.
Terungkap, Ini Tempat Istirahat Pilot di Pesawat (351940)
Ilustrasi Kamar Tidur Pilot di Pesawat (Foto: Basith Subastian / kumparan)
"Penting bagi awak penerbangan dan kabin kami untuk beristirahat selama penerbangan saat mengoperasikan pesawat dan melayani tamu. Untuk mencapai hal ini, kru kami akan naik ke (lantai) dua untuk istirahat," ucap salah seorang pegawai Virgin Australia, seperti dikutip dari Travel and Leisure.
Biasanya 'kamar' ini berisi dua kursi dari kelas bisnis dan tempat tidur yang rata. Kemudian dilengkapi tirai untuk meredam suara dan telepon untuk menghubungi awak lain bila diperlukan.
ADVERTISEMENT
Tentunya setiap maskapai memiliki fasilitas, serta ukuran kamar yang berbeda-beda, tergantung jenis pesawatnya. Misalnya American Airlines 777, yang melengkapi kamar tidur pilot dengan layar TV.
Sedangkan maskapai Air New Zealand memanjakan pilot dengan kursi yang bisa direbahkan. Berbeda dengan Singapore Airlines yang menambahkan bantal satin untuk melengkapi tidur para pilot di pesawat Airbus 1380.
Sementara Virgin Airlines punya dua area istirahat di pesawat Boeing 777-300ER, yang berada di atas kelas bisnis dan ekonomi. Area istirahat ini punya delapan tempat tidur single dengan seprai, selimut, dan bantal yang nyaman.
Terungkap, Ini Tempat Istirahat Pilot di Pesawat (351941)
Ilustrasi Kamar Tidur Pilot di Pesawat (Foto: Basith Subastian / kumparan)
Bila beberapa contoh di atas punya ruangan khusus untuk para awaknya beristirahat, ada pula maskapai yang tidak dilengkapi fasilitas tersebut. Biasanya ini terjadi pada penerbangan jarak pendek yang beroperasi sepanjang malam.
ADVERTISEMENT
"Pada penerbangan jarak pendek yang beroperasi sepanjang malam, kami memblokir deretan kursi belakang pesawat Boeing 737 untuk menyediakan ruang bagi kru beristirahat," ucap Ben Inall, salah satu pegawai Virgin Airlines, seperti dikutip dari Lonely Planet.
Seperti Airbus A330 200 milik Virgin Australia yang tidak memiliki tempat istirahat untuk awak. Untuk itu, mereka menempati kursi penumpang bila pilot ingin beristirahat. Biasanya, pilot menggunakan kelas bisnis yang ada di bagian belakang untuk istirahat.