Food & Travel
·
31 Agustus 2020 12:33

Thailand Ubah 72 Penjara Jadi Tempat Wisata, Narapidana Bisa Dapat Penghasilan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Thailand Ubah 72 Penjara Jadi Tempat Wisata, Narapidana Bisa Dapat Penghasilan (15353)
searchPerbesar
Ilustrasi kamar penjara. Foto: Pixabay
Departemen Pemasyarakatan Thailand membuat gebrakan baru di bidang pariwisata. Untuk meningkatkan minat wisatawan, Pemerintah Thailand berencana mengubah puluhan penjara di negaranya menjadi destinasi wisata.
ADVERTISEMENT
Rencana itu telah diungkapkan oleh Menteri Kehakiman Somsak Thepsuthin. Dilansir The Tiger, rencananya 72 dari 143 penjara di negara tersebut akan dibuka untuk turis dalam satu tahun ke depan. Jumlah tersebut merupakan setengah dari total keseluruhan penjara di Thailand.
Pembukaan lembaga pemasyarakatan (lapas) sebagai destinasi wisata itu tak sekadar plesiran melongok sel demi sel, namun ada kegiatan dari para narapidana dan pegawainya. Atraksi yang ditawarkan mencakup acara kontes masak dari para koki di balik jeruji besi dan pembuatan souvenir dari hasil karya para napi.
Thailand Ubah 72 Penjara Jadi Tempat Wisata, Narapidana Bisa Dapat Penghasilan (15354)
searchPerbesar
Ilustrasi penjara. Foto: PAUL BUCK/AFP
Bahkan, penjara di Thailand akan masuk dalam serial TV di Netflix. Sekitar empat sampai lima penjara telah memulai skema pariwisata sebagai proyek percontohan. Somsak mengatakan penjara di Trat, Rayong, Ratchaburi dan Nakhon Ratchasima terlibat dalam proyek ini.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Somsak mengatakan bahwa pada tahun 2021 ada 67 atraksi lainnya yang akan dimulai. Somsak berharap beberapa atraksi, seperti lomba memasak, akan memotivasi narapidana untuk mempelajari keterampilan guna membantu mereka mendapatkan pekerjaan setelah dibebaskan.
Thailand Ubah 72 Penjara Jadi Tempat Wisata, Narapidana Bisa Dapat Penghasilan (15355)
searchPerbesar
Ilustrasi Penjara. Foto: Shutter Stock
Tidak hanya itu, Somsak mengungkapkan keinginan untuk mengubah citra penjara yang dikenal sebagai "dunia senja" menjadi "dunia peluang." Bagi narapidana yang berkontribusi di atraksi ini juga akan dapat uang, namun ia tidak menyebut berapa jumlah potongan yang mereka dapat dari Departemen Permasyarakatan Thailand.
Andai nanti penjara-penjara itu menjadi populer, Kementerian Kehakiman akan bekerja sama dengan Kementerian Olahraga dan Pariwisata untuk promosi.
Sementara itu, Departemen Pemasyarakatan Thailand juga telah menyiapkan personel dan lokasi untuk menerapkan kebijakan tersebut. Banyak penjara sudah ditempatkan di rute wisata yang ada.
ADVERTISEMENT
Wah, menarik sekali, ya.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).