Food & Travel
·
28 Januari 2021 15:48

tiket.com Luncurkan Fitur tiket TO DO: Ada 10 Ribu Pilihan Kegiatan Pariwisata

Konten ini diproduksi oleh kumparan
tiket.com Luncurkan Fitur tiket TO DO: Ada 10 Ribu Pilihan Kegiatan Pariwisata (108190)
Ilustrasi memesan lewat tiket.com Foto: Dok. tiket.com
Online travel agent (OTA) tiket.com meluncurkan fitur terbaru yang dapat mendukung kebutuhan penggunanya dalam kegiatan pariwisata, yakni tiket TO DO. Fitur ini diluncurkan menjelang merayakan ulang tahun ke-10 platform perjalanan tersebut.
ADVERTISEMENT
Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com mengatakan hadirnya tiket TO DO turut memperkuat posisi tiket.com yang semula berfokus pada aplikasi pesan online khusus transportasi dan akomodasi, menjadi platform ekosistem cerdas dengan kelengkapan pilihan wahana, atraksi, kegiatan wisata, hingga kebutuhan pokok perjalanan (travel essentials).
''Tiket TO DO dibentuk untuk melengkapi produk yang kita punya selain pemesanan hotel dan pesawat, sekaligus menanggapi kebutuhan customer terhadap tempat-tempat wisata, experience di lokasi wisata, hingga online event yang juga semakin menjamur,” ujar Gaery dalam virtual conference Kamis (28/1).
tiket.com Luncurkan Fitur tiket TO DO: Ada 10 Ribu Pilihan Kegiatan Pariwisata (108191)
Chief Marketing Officer & Co-founder tiket.com, Gaery Undarsa Foto: Dok. tiket.com
Gaery mengatakan saat ini tiket TO DO memiliki lebih 10.200 ribu pilihan kegiatan pariwisata. Pertumbuhan tiket TO DO pun diklaim meroket tiap kuartal. Ia menyebut, selama penjualan tiket TO DO pada kuartal 3 dan 4 di tahun 2020, kinerja penjualan fitur tersebut melonjak hingga 500 persen.
ADVERTISEMENT
''Kalau dari pertumbuhannya, kalau kita bicara kuarter empat, yang menariknya kuarter 3 dan 4 itu penerbangan dan hotel pertumbuhannya cukup tinggi sebenarnya. Pesawat itu 89 persen meningkatnya dari kuarter 3 ke 4 kalau akomodasi hotel sekitar 118 persen hampir double dari kuartal 3 ke 4. Tapi untuk penjualan tiket TO DO, itu pertumbuhannya 500 persen dari kuartal 3 ke 4,'' sebut Gaery.
tiket.com Luncurkan Fitur tiket TO DO: Ada 10 Ribu Pilihan Kegiatan Pariwisata (108192)
ilustrasi tiket.com Foto: Shutter stock
Sementara itu, Kamal Kripalaney, Head of Entertainment, tiket.com, tiket TO DO telah diluncurkan secara soft launch pada bulan Maret 2020, tepat pada saat kasus COVID-19 pertama kali terkonfirmasi di Indonesia. Awalnya, fitur ini hanya melayani pemesanan tiket atraksi atau wahana.
“Tetapi, hingga saat ini, tiket TO DO menaungi 10 kategori, dengan lebih dari 10.200 pilihan kegiatan online dan offline, 386 event yang tersebar di 62 negara. Khusus di Indonesia, tersedia 2.000 pilihan kegiatan dan 380 event yang dapat dipilih sesuai keinginan hati,” ungkap Kamal.
ADVERTISEMENT
Adapun 10 kategori tiket TO DO meliputi Kategori tiket TO DO Online, Travel Essentials, kegiatan santai, perlengkapan perjalanan, tempat bermain, wisata kuliner, kelas dan workshop, permainan dan hobi hingga Atraksi dan Event. Ke depannya, Kamal menargetkan akan menambahkan layanan virtual tour untuk menunjang pariwisata di masa pandemi COVID-19.
Di sisi lain, Gaery mengatakan bahwa tiket TO DO dirancang untuk mendukung kebangkitan pariwisata. Ia juga menyebut saat ini pihaknya tengah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk membantu pelaku usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif melalui tiket TO DO.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).