Food & Travel
·
9 Agustus 2020 7:26

Tradisi Unik Wanita Suku Bishnoi di India, Rela Menyusui Rusa yang Dianggap Suci

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tradisi Unik Wanita Suku Bishnoi di India, Rela Menyusui Rusa yang Dianggap Suci (51544)
Wanita Suku Bishnoi, India. Foto: Shutter Stock
Sebuah suku di India bernama Bishnoi mempunyai tradisi yang tidak biasa. Suku Bishnoi termasuk suku kuno yang sudah ada sejak abad ke-15.
ADVERTISEMENT
Masyarakat Suku Bishnoi merupakan penganut agama Hindu. Salah satu ajaran yang ada di sana adalah keharusan untuk mencintai lingkungan dan makhluk hidup lain seperti binatang.
Tradisi Unik Wanita Suku Bishnoi di India, Rela Menyusui Rusa yang Dianggap Suci (51545)
Wanita Suku Bishnoi, India. Foto: Shutter Stock
Saking cintanya terhadap lingkungan, mereka tak pernah sekali pun menebang pohon yang tumbuh di hutan sekitar pemukiman. Mereka malah terus menanam pohon, karena beranggapan pohon bagian penting dari kehidupan.
Tak sampai di sana, masyarakat Suku Bishnoi juga sangat mencintai binatang liar. Mereka kerap memberi makan binatang yang mereka temui di jalan. Bahkan jika ada yang terluka pun, mereka selalu bekerja sama untuk menolong binatang tersebut.
Tradisi Unik Wanita Suku Bishnoi di India, Rela Menyusui Rusa yang Dianggap Suci (51546)
Wanita Suku Bishnoi, India. Foto: Shutter Stock
Rusa menjadi binatang kesayangan masyarakat Suku Bishnoi. Mereka menganggap rusa sebagai hewan suci yang harus selalu dilindungi.
ADVERTISEMENT
Sehingga para wanita di suku tersebut rela menyusui bayi-bayi rusa liar layaknya anak sendiri. Para wanita percaya mereka mempunyai kewajiban untuk membesarkan bayi-bayi rusa itu.
Tradisi Unik Wanita Suku Bishnoi di India, Rela Menyusui Rusa yang Dianggap Suci (51547)
Wanita Suku Bishnoi, India. Foto: Shutter Stock
Ketika para pelancong berkunjung ke wilayah suku tersebut, pemandangan seorang ibu yang sedang menyusui rusa menjadi hal biasa. Kegiatan berbagi asi tersebut membuat anak-anak kecil di sana dekat dengan rusa.
Uniknya, anak-anak kecil yang tumbuh bersama rusa dan menjadi akrab mengaku bisa berkomunikasi dengan rusa.
Suku Bishnoi menjadi salah satu suku yang dibanggakan di India, karena selalu menjaga tradisi baiknya. Bahkan mereka sampai mendapatkan julukan sebagai suku penjaga alam.
Laporan Hutri Dirga Harmonis