Food & Travel
·
14 Januari 2021 8:01

Tutup Karena Corona, Disneyland California Diubah Jadi Pusat Vaksinasi COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tutup Karena Corona, Disneyland California Diubah Jadi Pusat Vaksinasi COVID-19 (26284)
Disneyland California Foto: Shutter Stock
Disneyland California menjadi salah satu tempat wisata populer dunia yang terdampak hantaman pandemi virus corona. Kondisi pandemi yang masih mewabah membuat taman hiburan tersebut tutup berbulan-bulan akibat kasus virus corona yang kian melonjak.
ADVERTISEMENT
Namun, pada awal Januari 2021 taman hiburan terbesar di California itu kembali menerima pengunjung. Pejabat Orange County telah mengkonfirmasi bahwa taman hiburan di Anaheim itu akan beralih fungsi sementara dengan menjadikan lahan bermain itu sebagai menjadi salah satu pusat situs vaksinasi COVID-19.
Dilansir BBC, taman hiburan yang disebut sebagai tempat paling bahagia di dunia itu akan berfungsi sebagai situs Point-of-Dispensing (POD) besar pertama di Orange County, dan dijuluki "Super POD" karena skalanya. Ribuan penduduk akan dapat menerima vaksin setiap hari di lokasi tersebut.
Tutup Karena Corona, Disneyland California Diubah Jadi Pusat Vaksinasi COVID-19 (26285)
Ilustrasi Disneyland. Foto: Shutter Stock
Negara bagian AS yang terpadat tersebut telah tertinggal dalam tingkat vaksinasi. California sejauh ini membagikan sekitar sepertiga dari dosisnya. Negara bagian tersebut melaporkan hanya di bawah 40.000 kasus baru pada hari Senin dan 264 kematian.
ADVERTISEMENT
California menempati peringkat ke-42 dari 50 negara bagian dalam tingkat vaksinasi per 100.000 penduduk, menurut data Pusat Pengendalian Penyakit. Resor Disneyland di Orange County akan menjadi situs vaksin "massal" pertama di kawasan itu, kata Pengawas Orange County Andrew Do pada hari Senin.
Tempat ini akan memiliki kapasitas untuk memvaksinasi ribuan orang setiap hari. Tempat wisata tersebut pun telah ditutup untuk pengunjung sejak pertengahan Maret.
Tutup Karena Corona, Disneyland California Diubah Jadi Pusat Vaksinasi COVID-19 (26286)
Disneyland diubah menjadi tempat vaksinasi virus corona. Foto: AP Photo/Jeff Gritchen
Sementara itu, beberapa area di Disneyland Resort telah dibuka kembali secara bertahap, seperti layanan makanan pesan antar yang dibuat langsung oleh chef Disneyland California. Sedangkan, taman hiburan Disneyland California Adventure hingga saat ini masih ditutup.
Menurut catatan Orange County Register, Disneyland memberhentikan 11.572 karyawan bulan lalu, yang berasal dari penutupan resor sejak Maret.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).