Food & Travel
·
14 Januari 2021 12:03

Unik! Festival Film Swedia Ini Ajak Turis Nonton Sendirian di Pulau Terpencil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Unik! Festival Film Swedia Ini Ajak Turis Nonton Sendirian di Pulau Terpencil (231531)
Ilustrasi Pulau Pribadi Foto: Wiikimedia Commons
Pandemi membuat beberapa acara, termasuk festival tertunda atau digelar virtual. Walau demikian, ada satu festival film unik di Swedia yang tetap digelar selama pandemi.
ADVERTISEMENT
Dilansir Lonely Planet, Festival Film Goteborg menyajikan seluruh filmnya secara online.
Melalui program Isolated Cinema, festival tersebut mengajak satu orang beruntung untuk menonton film di sebuah pulau terpencil, yaitu Pulau Hamneskar yang terkenal dengan mercusuar ikoniknya Pater Noster.
Unik! Festival Film Swedia Ini Ajak Turis Nonton Sendirian di Pulau Terpencil (231532)
Pulau Hamneskar di Swedia Foto: Dok. Wikimedia Commons
Turis yang terpilih dalam program The Isplated Cinema akan tinggal di sebuah hotel baru yang ada di bekas rumah penunggu mercusuar.
Adapun, hotel yang baru dibuka September 2019 ini didesain oleh agensi desain Stylt milik Erik Nissen Johansen. Dia adalah pemenang sejumlah kompetisi desain internasional asal Swedia.
Saat berada di hotel, mereka yang terpilih akan tinggal sendirian untuk menonton film. Namun, demi alasan keamanan peserta akan ditemani oleh salah seorang penyelenggara.
ADVERTISEMENT
"Selama tujuh hari, Anda akan menghabiskan waktu sendirian di pulau. Anda akan diberikan akses penuh ke seluruh film di Festival Film Goteborg 2021," kata pihak penyelenggara.
Selanjutnya, turis yang beruntung juga akan diberikan akomodasi secara gratis selama tujuh hari yang akan diangkut menggunakan perahu ke Pulau Hamneskar.
Video
"Selama Anda tinggal di sana, Anda dapat menceritakan pengalaman Anda dalam video yang dapat dilihat semua orang," lanjutnya.
Festival Film Goteborg sendiri akan berlangsung selama 11 hari mulai 29 Januari hingga 8 Februari 2021 dengan 60 gala premier perkenalan pembuat film. Pengalaman unik tinggal sendirian di pulau sendiri akan dimulai pada 30 Januari hingga 6 Februari 2021.

Pulau Hamneskar di Swedia

Unik! Festival Film Swedia Ini Ajak Turis Nonton Sendirian di Pulau Terpencil (231533)
Pulau Hamneskar, salah satu pulau terpencil di Swedia. Foto: Google Maps
Sebagai informasi, Pulau Hamneskar sendiri berada di lepas pantai Marstrand, pantai barat Swedia. Mercusuar di sana pun diberi nama Paster Noster karena pulaunya yang dikelilingi perairan berbahaya.
ADVERTISEMENT
Pater Noster sendiri adalah doa yang dibaca para pelaut saat kapal mereka mendekati bebatuan karang yang berbahaya. Mercusuar Pater Noster sendiri didirikan pada 1868 dan diberi nama yang disematkan sebagai penghormatan kepada doa para pelaut.
Bagi mereka yang berminat mereka dapat mengakses laman Festival Film Goteborg.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)