Food & Travel
·
16 Oktober 2020 19:00

Viral! Pramugari Ini Ungkap Beberapa Spot Paling Kotor Dalam Pesawat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral! Pramugari Ini Ungkap Beberapa Spot Paling Kotor Dalam Pesawat  (6305)
Ilustrasi awak kabin pesawat Qatar Airways Foto: Shutterstock
Beberapa waktu lalu, sebuah video viral di media sosial TikTok. Video yang dibuat oleh salah satu pramugari maskapai yang belum diketahui itu mengungkapkan bahwa tempat paling kotor dalam pesawat yang nyaris luput dari perhatian banyak orang.
ADVERTISEMENT
Pramugari bernama Kat Kamalani itu mendadak viral setelah mengunggah video TikTok yang menunjukkan beberapa bagian dalam pesawat yang paling kotor. Diunggah pada 8 September lalu, video itu disukai lebih dari 250 ribu kali, dan disaksikan oleh lebih 1 juta juta pengguna TikTok.
Dilansir Travel and Leisure, dalam videonya, Kamalani mengimbau pengikutnya agar tidak menyentuh kantung kursi belakang penumpang, karena ternyata area itu tidak dibersihkan secara menyeluruh oleh awak kabin.
"Mereka memang membersihkannya di sela-sela jadwal penerbangan, namun mereka tidak melakukan disinfeksi. Buktinya masih banyak sisa-sisa sampah dari penerbangan sebelumnya," kata Kamalani.
Viral! Pramugari Ini Ungkap Beberapa Spot Paling Kotor Dalam Pesawat  (6306)
Ilustrasi makanan di dalam kabin pesawat Foto: Shutter stock
Kamalani juga mengatakan bahwa penumpang harus selalu membersihkan meja makan di pesawat sebelum menggunakannya.
"Aku melihat banyak orang tua menggunakan meja makan ini untuk mengganti popok anak mereka, lalu mereka menyimpan sampah di kantung kursi," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Kemudian Kamalani menyebut bagian berikutnya yang paling sering disentuh oleh penumpang, namun luput dari perhatian kru pesawat. Area itu dalah ventilasi udara dan kartu panduan keamanan.
"Ventilasi udara itu sudah disentuh ribuan tangan. Bersihkan terlebih dahulu sebelum Anda menyentuhnya, kru pesawat tidak mensanitasi benda tersebut," ujar Kamalani.
Kamalani juga mengatakan bahwa sabuk pengamanan juga menjadi benda di pesawat yang menyimpan segudang kuman. Hal itu lantaran sabuk pengaman menjadi yang paling sering disentuh oleh penumpang. Ia mengimbau, sebelum memakai sabuk diharapkan agar membersihkannya terlebih dahulu menggunakan tisu basah atau cairan pembersih.
Sama halnya dengan sabuk pengaman, gagang pintu toilet juga menjadi area paling banyak sentuhan manusia, namun seringkali tidak diperhatikan. Ia mengatakan, alangkah baiknya agar selalu menggunakan tisu saat menyentuh gagang pintu dan saluran air. Di akhir video, Kamalani membuat ilustrasi singkat mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat berada di dalam toilet.
ADVERTISEMENT
"Dan sedikit tips untuk wanita, Anda selalu bisa menemukan pembalut yang disembunyikan di kompartemen kamar mandi," katanya sambil menunjukkan kompartemen dalam videonya.
Viral! Pramugari Ini Ungkap Beberapa Spot Paling Kotor Dalam Pesawat  (6307)
Ilustrasi toilet di dalam pesawat. Foto: Shutter Stock
Sejak pandemi virus corona, maskapai penerbangan telah membuat prosedur pembersihan mereka jauh lebih menyeluruh termasuk menambah staf kebersihan, waktu tambahan untuk bersih-bersih, dan menerapkan teknologi disinfektan baru, menurut laporan sebelumnya.
Kamalani tidak menyebutkan prosedur yang diperbarui itu dalam videonya, yang menyebabkan setidaknya satu komentator menyarankan dia belum terbang baru-baru ini.
“Ima pramugari dan sekarang semuanya sedang dibersihkan," kata pemberi komentar.
"Tidak yakin apakah dia masih terbang sekarang,"tulis yang lain.
Pada bulan Agustus, video 'hack' pramugari Kamalani lainnya menjadi viral. Dalam video yang telah ditonton lebih dari 6,2 juta kali, Kamalani menjelaskan tip keamanan check-in hotel termasuk tidak pernah menyebutkan nomor kamar dengan keras, memeriksa kutu busuk dan melepas bantal atau selimut atas dari tempat tidur.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).