Viral 'Salam dari Binjai', Ini 5 Tempat Wisata di Binjai yang Menarik Disambangi

22 Oktober 2021 16:06
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Viral 'Salam dari Binjai', Ini 5 Tempat Wisata di Binjai yang Menarik Disambangi (160199)
searchPerbesar
Ilustrasi Kota Binjai, Sumatera Utara. Foto: Pemkot Binjai
Baru-baru ini, viral di media sosial seorang pemuda yang memperlihatkan kemampuannya meninju pohon pisang hingga tumbang dengan tangan kosong. Dalam setiap pembukaan video TikTok-nya, pemuda yang diketahui bernama @parispernandes_ ini selalu mengucapkan kalimat "Salam dari Binjai".
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, ucapan salam dari Binjai ini tidak memiliki arti khusus dan salam ini hanya diucapkan sang kreator sebagai pembeda atau identitas saja. Salam ini ternyata berhasil mempopulerkan Kota Binjai itu sendiri. Bahkan, tak sampai di situ, Binjai ternyata memiliki sederet tempat wisata yang menarik dikunjungi, lho.
Penasaran di mana saja? Simak, ulasan berikut ini yuk.

1. Tugu Perjuangan 1945

Kurang afdal rasanya kalau kamu belum berkunjung ke salah satu landmark ikonik yang ada di Kota Binjai satu ini. Ya, Tugu Perjuangan 1945 merupakan salah satu ikon yang wajib kamu sambangi saat berkunjung ke 'Kota Rambutan'.
Terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Binjai Timur, tugu ini menjadi saksi sejarah perlawanan terhadap penjajahan. Tugu ini dibangun atas dasar bentuk penghormatan bagi para pejuang kemerdekaan Indonesia di Kota Binjai.
ADVERTISEMENT
Lokasinya yang berada pusat Kota Binjai membuatmu tidak perlu khawatir mengenai fasilitasnya. Selain berfoto di tugu yang ikonik, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di sekitarnya. Kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena untuk ke sini tidak dikenakan biaya alias free.
Oh iya, akan lebih indah jika berkunjung pada malam hari, karena ada lampu malam yang akan memancarkan pesona yang indah dan memukau.

2. Kolam Abadi Pelaruga

Buatmu yang merindukan suasana alam yang damai dan penuh kesejukan, Kolam Abadi Langkat merupakan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.
Terletak di Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Kolam Abadi Pelaruga. Pelaruga sendiri artinya pemandu alam rumah galuh yang merupakan komunitas sekaligus pengelola air terjun tersebut.
ADVERTISEMENT
Kolam ini merupakan aliran air dari Air Terjun Teroh-teroh dengan sungai yang begitu jernih. Saking jernihnya, membuat bagian dasar kolam pun dapat terlihat dengan jelas.
Selain itu, kolamnya juga tidak terlalu dalam sehingga aman untuk berenang. Jika tidak bisa berenang, kamu bisa menyewa life jacket yang disediakan pengelola.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Buatmu yang berniat kesini harus berhati-hati ya. Sebab, jalan yang dilalui sedikit terjal. Meski begitu, keindahan yang ditawarkan tak akan membuatmu menyesalinya. Worth it!
Untuk tiket masuk ke tempat ini kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar 30 ribu saja. Cukup terjangkau, kan?

3. Air Terjun Siluman

Tempat wisata satu ini dikenal dengan memiliki nama yang cukup unik. Sama seperti namanya, Air Terjun Siluman memiliki keunikan yakni ketika musim kemarau air terjun ini tidak ada. Sebaliknya, jika masuk musim hujan, maka air terjun ini seolah muncul tiba-tiba bak siluman. Unik, kan!
ADVERTISEMENT
Selain keunikannya, Air Terjun Siluman juga dikelilingi pepohonan dan hutan hijau yang eksotis. Tak heran, jika udara di sekitar air terjun sangat sejuk dan cocok buatmu yang ingin melepas penat.
Penasaran? Kamu bisa datang langsung ke air terjun yang terletak di Garunggang, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

4. Pantai Florida

Meski namanya mirip dengan negara bagian di Amerika Serikat (AS), Pantai Florida nyatanya bisa kamu temukan di Kota Binjai, Sumatera Utara. Meski disebut pantai, sebenarnya tempat wisata satu ini merupakan pemandian alami dengan sebuah air terjun mini. Pantai Florida juga terkenal dengan air yang sangat jernih dan tempatnya yang alami.
Tak heran jika banyak pengunjung yang berenang dan bermain air di sini. Pantai Florida ini berlokasi di Desa Namu Ukur, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.
ADVERTISEMENT

5. Kuil Shri Mariamman Binjai

Terakhir, Kota Binjai juga memiliki kuil dengan arsitekturnya yang unik. Ialah Kuil Shri Mariamman, kuil ini dikenal dengan keindahan bangunannya.
Selain didominasi warna yakni merah, hijau dan biru, kuil satu ini juga memiliki ornamen-ornamen unik dan artistik.
Bangunan satu ini telah berdiri sekitar satu abad dan tetap kokoh terjaga nilai historisnya. Kuil satu ini merupakan tempat beribadah umat Hindu Tamil yang berada di daerah sekitar Binjai.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020