kumparan
search-gray
Food & Travel29 Juli 2020 7:02

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Bagian Paling Penting di Pesawat

Konten Redaksi kumparan
Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Bagian Paling Penting di Pesawat (141098)
Ilustrasi bandara Foto: Shutter Stock
Saat traveling menggunakan pesawat tentu kamu tahu bahwa mustahil jika pesawat dapat terbang atau lepas landas tanpa adanya mesin atau jet pesawat. Mesin atau jet pesawat tersebut menjadi salah satu bagian paling vital yang ada di pesawat.
ADVERTISEMENT
Selain mesin atau jet yang ada di sisi sayap pesawat, ternyata ada beberapa bagian paling vital lainnya yang terdapat di dalam sebuah pesawat terbang, lho.
Mengutip akun Instagram resmi Angkasa Pura I @ap_airports, berikut lima bagian paling vital yang ada di pesawat.

1. Fuselage (Badan Pesawat)

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Bagian Paling Penting di Pesawat (141099)
Ilustrasi pesawat Foto: shutter stock
Fuselage atau badan pesawat merupakan bagian paling utama yang ada di pesawat. Hal tersebut dikarenakan di sinilah pusat seluruh kegiatan pesawat berjalan. Mulai dari pilot yang mengendalikan pesawat, penumpang pesawat yang duduk di kabin, hingga barang yang disimpan semuanya terjadi di fuselage.
Fuselage sendiri terdiri dari beberapa bagian, yaitu kokpit, kabin penumpang, cargo kompartemen (bagasi), dan sebagainya.

2. Wing (Sayap)

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Bagian Paling Penting di Pesawat (141100)
Ilustrasi sayap pesawat yang sedang mengudara Foto: Shutter Stock
Kedua adalah wing atau sayap. Di sinilah tempat terciptanya gaya angkat atau lift yang dibutuhkan oleh pesawat untuk terbang.
ADVERTISEMENT
Pada bagian sayap pesawat terdapat salah satu pengendali utama yang dapat membuat pesawat terbang tinggi atau rendah dan juga berbelok ke kanan atau kiri. Selain itu, pengendali tambahan juga terpasang di bagian pesawat, yakni spoiler dan flaps. Spoiler dan flaps berfungsi untuk membantu kinerja aileron (untuk menstabilkan pesawat) dan pengereman pada pesawat.

3. Tail (Ekor Pesawat)

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Bagian Paling Penting di Pesawat (141101)
Kode 787 Pada Ekor Pesawat Boeing Foto: Shutter Stock
Tail atau ekor pesawat adalah salah satu bagian yang paling penting di dalam pesawat. Ekor pesawat juga dikenal dengan 'empennage' yang diambil dari bahasa Prancis yang berarti bulu dan anak panah.
Hal tersebut dikarenakan bentuk dari empennage memang mirip helai bulu pada unggas dan bagian bulu pada anak panah.
Ekor pesawat berfungsi untuk membelokkan pesawat ke kiri atau ke kanan. Serta untuk mengontrol pesawat untuk naik atau turun dan selanjutnya dapat mengatur ketinggian pesawat.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, bagian ekor pesawat juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan black box atau kotak hitam pesawat yang berfungsi untuk merekam seluruh kegiatan di dalam pesawat.
Black box ditempatkan di dalam ekor pesawat karena saat pesawat mengalami kecelakaan, bagian ekor pesawat memiliki kemungkinan paling kecil untuk hancur.

4. Kokpit

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Bagian Paling Penting di Pesawat (141102)
Suasana di dalam kokpit Pesawat Airbus A330-300CEO Batik Air di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Selanjutnya, kokpit atau Flight Deck adalah sebuah ruangan khusus yang biasanya terdapat di bagian depan pesawat . Dari dalam ruangan inilah pilot bisa mengendalikan pesawat terbang.
Kokpit terdiri dari Flight Instrument (Instrumen Penerbangan) dan Flight Control (Kontrol Penerbangan) yang memungkinkan pilot untuk mengendalikan pesawat.

5. Landing Gear (Roda Pesawat)

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Bagian Paling Penting di Pesawat (141103)
Pesawat Boeing 737 MAX mendarat setelah penerbangan uji coba di Boeing Field di Seattle, Washington, AS. Foto: Karen Ducey/REUTERS
Terakhir adalah landing gear atau roda pesawat. Landing gear adalah penopang utama pesawat saat mendarat di tanah atau ground.
ADVERTISEMENT
Bagian ini sangat penting bagi pesawat, karena landing gear berperan penting saat proses lepas landas (take off), mendarat (landing), parkir, dan bergerak di darat (taxiing), sehingga pesawat tidak mengalami kerusakan pada fuselage dan bagian lainnya.
Terdapat dua jenis landing gear yang terpasang pada pesawat, yaitu main wheel yang berada di bagian bodi pesawat dan nose wheel yang ada di bagian depan pesawat.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white