kumparan
3 April 2018 7:48

Wang Saen Suk, Taman di Bangkok yang Mengingatkan pada Neraka

Wang Saen Suk, Taman Neraka di Thailand.
Wang Saen Suk, Taman Neraka di Thailand. (Foto: Flickr/David Clay)
Bagi kamu pencari destinasi wisata unik di Bangkok, Kuburan Pesawat di Ramkhamhaeng Road bukan satu-satunya pilihan. Sekitar 90 km dari Bangkok, tepatnya di Desa Saen Suk, Chonburi, terdapat taman yang mengingatkan kita pada kejamnya pembalasan di neraka. Ya, tempat itu dinamakan Wang Saen Suk Hell Garden.
ADVERTISEMENT
Taman itu dibangun berdasarkan ajaran Buddha, “Traibhumi Phra Ruang” yang berarti ketika seseorang meninggal, dia akan menghadapi empat penghitung amal yang mencatat perbuatan baik dan buruk selama di dunia. Jika amal baik lebih banyak, dia akan dibawa ke surga. Sebaliknya, jika amal buruk lebih berat, dia akan dihukum di neraka.
Loading Instagram...
Nah, contoh hukuman di neraka digambarkan lewat patung-patung mengerikan di Wang Saen Suk Hell Garden. Penjaga neraka digambarkan lewat patung-patung berkulit gelap yang memakai celana pendek dan ikat kepala merah.
Mereka tampak kejam menghukum para pendosa. Sebagian dimasukkan ke dalam bejana dengan air mendidih, sebagian ditusuk dengan tombak, dan hukuman menyakitkan lainnya.
Loading Instagram...
Ekspresi patung pendosa yang tampak kesakitan juga membuat bulu kuduk berdiri. Mau tak mau, pengunjung pasti akan membayangkan bagaimana kehidupannya setelah mati nanti dan mulai bertanya apakah tabungan amal baiknya sudah cukup.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Meski banyak pemandangan menyeramkan, Wang Saen Suk tetap dikunjungi wisatawan keluarga. Di sana, pengunjung akan menemukan berbagai peringatan tertulis agar terhindar dari hukuman kejam neraka.
“Mereka yang melakukan korupsi akan dihukum di neraka. Mereka akan dijuluki sebagai roh babi”, sebuah tulisan yang terbaca di patung berbadan manusia namun berkepala babi.
Tak hanya korupsi yang dianggap akan menghadapi balasan di neraka. Mereka yang tidak mendonasikan hartanya, yang membuat orang lain susah, yang merusak alam, dan perbuatan buruk lainnya diyakini akan mendapat karma.
Loading Instagram...
Wang Saen Suk bukan satu-satunya taman neraka di Thailand, namun bisa dibilang sebagai yang terbesar. Berminat untuk mengingat neraka di Wang Saen Suk?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan