kumparan
search-gray
Food & Travel30 Juli 2020 13:36

Wisata Wildlife yang Wajib Kamu Jelajahi saat ke Australia

Konten Redaksi kumparan
Wisata Wildlife yang Wajib Kamu Jelajahi saat ke Australia (138161)
Berfoto bersama koala di Cleland Wildlife Park. Foto: Tourism Australia
Menjalani karantina selama pandemi mungkin membuatmu bosan. Rasanya tidak sabar untuk segera pergi ke luar. Sambil menunggu, tidak ada salahnya juga jika kamu membuat plan apa saja yang ingin dilakukan setelah pandemi berakhir. Mulai dari bertemu teman, makan di restoran favorit, hingga travelling ke luar negeri.
Salah satu negara yang bisa kamu kunjungi setelah pandemi adalah Australia. Sebagai salah satu pulau terbesar sekaligus benua terkecil di dunia, Australia menyediakan berbagai tempat wisata. Kamu dapat menjelajahi kota yang multikultural, safari di pulau pasir yang luas, bahkan bertemu hewan khas di tempat asal suku Aborigin ini.
Kamu juga bisa menelusuri wisata wildlife yang ditawarkan Australia dan bertemu hewan khas sana. Daripada penasaran, yuk cek rekomendasi kumparan!

1. Quokka di Rottnest Island

Wisata Wildlife yang Wajib Kamu Jelajahi saat ke Australia (138162)
Quokka menggemaskan yang bisa kamu temukan di Rottnest Island. Foto: Shutterstock
Selain koala, Australia punya fauna yang tak kalah menggemaskan: quokka. Hanya seukuran kucing peliharaan, hewan pemakan tumbuhan ini punya kantung di perut seperti kanguru. Wajahnya yang menggemaskan bisa kamu temukan di Rottnest Island.
Hanya menempuh perjalanan singkat dengan kapal feri dari Kota Perth, Rottnest Island menawarkan pengalaman untuk bertemu quokka. Kamu bahkan bisa mengajak binatang ini untuk selfie! Tak hanya itu, saat ke Rottnest Island, kamu akan punya akses untuk bersantai di 63 pantai dan 20 teluk sambil melepaskan semua bebanmu. Dengan banyaknya wisata laut, kamu enggak akan kekurangan vitamin sea, bukan?

2. Koala di Currumbin Wildlife Sanctuary atau Cleland Wildlife Park

Wisata Wildlife yang Wajib Kamu Jelajahi saat ke Australia (138163)
Currumbin Wildlife Sanctuary merupakan rumah bagi puluhan koala. Foto: Tourism Australia
Enggak lengkap rasanya kalau belum bertemu koala saat berkunjung ke Australia. Salah satu hewan ikonik menggemaskan di dunia ini berbulu lebat dan halus serta memiliki kepala besar dengan telinga bundar. Koala suka bertengger tinggi di cabang-cabang pohon karet. Salah satu keunikannya yaitu bisa tidur selama 20 jam per hari!
Untuk bertemu koala, kamu bisa mengunjungi Currumbin Wildlife Sanctuary. Salah satu destinasi di Gold Coast, Queensland ini merupakan rumah bagi puluhan koala. Tak hanya memberikanmu pengalaman untuk bertemu dan berfoto bersama koala, di Currumbin Wildlife Sanctuary kamu juga bisa melakukan Treetop Challenge untuk memacu adrenalin, melihat pertunjukan tari Aborigin, atau memberi makan buaya dari dekat!
Selain di Currumbin Wildlife Sanctuary, kamu bisa mengunjungi Cleland Wildlife Park yang hanya berjarak 20 menit dari pusat kota Adelaide di Australia Selatan. Saat jam 14.00-15.30, kebun binatang ini akan memberikanmu pengalaman foto bersama koala. Namun, pihak pengelola membatasi sesi foto ini setiap harinya untuk memastikan kenyamanan koala. Jadi, jangan lupa untuk plan jauh-jauh hari ya!

3. Platipus di Healesville Sanctuary

Wisata Wildlife yang Wajib Kamu Jelajahi saat ke Australia (138164)
Melihat platipus secara langsung di Healesville Sanctuary. Foto: Shutterstock
Platipus hanya ada di benua Australia. Hewan semi-akuatik yang banyak ditemui di bagian timur Australia ini memiliki paruh mirip bebek dan aktif pada malam hari. Uniknya, platipus dapat mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sama seperti berat badan mereka dalam jangka waktu 24 jam!
Kamu bisa mengunjungi Healesville Sanctuary, hanya 1 jam dari kota Melbourne, jika ingin melihat platipus secara langsung. Tak hanya platipus, kamu juga bisa melihat hewan khas Australia lainnya di kebun binatang yang didedikasikan untuk memerangi kepunahan satwa liar ini. Terletak di Healesville di pedesaan Victoria Healesville Sanctuary juga memiliki sejarah membiakkan hewan asli, lho!

4. Kanguru di Straddie

Wisata Wildlife yang Wajib Kamu Jelajahi saat ke Australia (138165)
Melihat kanguru memakan rumput sambil menikmati latar samudra di Straddie. Foto: Tourism Australia
Siapa yang tidak kenal hewan satu ini. Yup! Kanguru merupakan mamalia berkantung untuk menyimpan anaknya. Kanguru tidak bisa bergerak mundur secara mudah, karenanya ia selalu melompat. Filosofi tersebut bahkan melatarbelakangi Australia untuk memajang gambar kanguru pada lambang nasional.
Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat kanguru, salah satunya dikenal sebagai ‘Straddie’, yaitu North Stradbroke Island yang berjarak tak jauh dari Brisbane. Straddie merupakan rumah bagi satwa asli Australia, termasuk kanguru. Kamu bisa melihat hewan berkantung ini memakan rumput sambil menikmati latar samudra, lho!

5. Tasmanian Devil di Devils @ Cradle

Wisata Wildlife yang Wajib Kamu Jelajahi saat ke Australia (138166)
Temui tasmanian devil di Devils @ Cradle untuk melihat jenis marsupial karnivora terbesar di dunia ini. Foto: Tourism Australia
Kalau kamu pernah lihat karakter Tasmanian Devil dari seri kartun Looney Tunes, saat berkunjung ke Australia kamu bisa lihat versi aslinya. Ya, mamalia berbulu hitam ini mirip seperti seekor bayi beruang. Tasmanian devil memiliki kaki depan yang lebih panjang daripada kaki belakangnya dan merupakan jenis marsupial karnivora terbesar di dunia.
Kamu bisa menemukan tasmanian devil saat berkendara di sekitar wilayah Tasmania. Mereka akan berlari kencang di sisi jalan. Namun, jika ingin melihatnya lebih lama, kamu bisa mengunjungi Devils @ Cradle dengan berkendara 80 menit dari Burnie, kota pelabuhan di pantai barat laut Tasmania. Nikmati satu hari penuh bersama tasmanian devil, mulai dari Day Keeper Tour, After Dark Feeding Tour, atau Dine with the Devil.
Nah, itu dia rekomendasi tempat wisata untuk bertemu hewan asli Australia yang bisa kamu kunjungi. Kini, kamu juga bisa mendapatkan informasi terkait tempat wisata, alat transportasi, hingga rute ke destinasi favorit di Australia dengan mengaksesnya di website resmi Tourism Australia. Dapatkan informasi lebih beragam mengenai destinasi wisata hingga budaya menarik di Negeri Kanguru dengan klik di sini.
Jadi, yuk susun rencana perjalananmu ke Australia dari sekarang! Agar setelah pandemi, kamu bisa menjelajahi wisata wildlife yang ditawarkan Australia dan bertemu hewan khas sana!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tourism Australia
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white