Woman
·
26 April 2021 19:48

2 Perempuan Asia yang Sukses Cetak Sejarah Baru pada Oscar 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
2 Perempuan Asia yang Sukses Cetak Sejarah Baru pada Oscar 2021 (137029)
2 Perempuan Asia sukses cetak sejarah di Oscar 2021.
Dua perempuan Asia sukses mencetak sejarah baru dalam perhelatan Oscar ke-93 yang digelar di dua tempat, Dolby Theatre dan Union Station, Los Angeles, Amerika Serikat, pada Minggu (25/4) waktu setempat. Kedua perempuan tersebut adalah sutradara asal China, Chloe Zhao, dan aktris veteran asal Korea Selatan, Youn Yuh Jung.
ADVERTISEMENT
Chloe Zhao menjadi perempuan Asia pertama yang memenangkan kategori Best Director di Piala Oscar. Kemenangan ini sukses diraih berkat film garapannya, Nomadland, yang menceritakan tentang perjalanan seorang perempuan bernama Fern (Frances McDormand), menuju barat Amerika dengan mengendarai van.
"Terima kasih pada The Academy, terima kasih sudah memilihku menjadi nominasi. Terima kasih semua tim produksi Nomadland, kalian luar biasa dan aku sangat bangga dengan kalian," ungkap Chloe Zhao saat menerima penghargaan di atas panggung dengan kostum serba putih.
2 Perempuan Asia yang Sukses Cetak Sejarah Baru pada Oscar 2021 (137030)
Chloe Zhao tiba di Academy Awards ke-93, di Union Station, di Los Angeles, AS, Minggu (25/4). Foto: Chris Pizzello/Pool via REUTERS
Dalam pidato kemenangannya, Chloe bercerita bagaimana dirinya bisa terus melangkah di tengah kehidupannya saat ini. Rupanya, Chloe yang lahir di China ini kemudian meneruskan pendidikan di Inggris dan pindah ke US untuk meneruskan cita-citanya berkarier di dunia perfilman.
ADVERTISEMENT
"Kadang aku berpikir, bagaimana bisa aku terus melangkah saat kehidupan menjadi sangat sulit. Ternyata, setelah ditelisik, semua berawal dari kebiasaanku ketika kecil di China. Saat itu, aku dan ayahku biasa bermain tebak sajak kuno dan ada satu sajak yang sangat aku ingat, 'Semua orang yang baru lahir itu baik.'. Aku tersentuh dengan kata-kata itu dan aku masih mempercayainya sampai sekarang. Jadi, piala ini kupersembahkan untuk semua orang yang mau percaya dan yakin bahwa kebaikan akan selalu hadir biarpun situasinya sulit," jelas Chloe.
Sebelumnya, Chloe Zhao juga menorehkan sejarah di gelaran Golden Globes 2021. Ia menjadi perempuan Asia pertama yang meraih penghargaan Best Director untuk film Nomadland sekaligus menjadi perempuan ke-2, setelah Barbra Streisand untuk film Yentl di 1984, yang meraih Best Director di ajang tersebut.
ADVERTISEMENT

Best Supporting Actress dari Korea Selatan

Perempuan Asia berikutnya yang juga mencetak sejarah dalam Oscar 2021 adalah aktris veteran Youn Yuh Jung. Aktris 73 tahun ini memenangkan kategori Best Supporting Actress di Piala Oscar 2021 untuk perannya dalam film Minari.
2 Perempuan Asia yang Sukses Cetak Sejarah Baru pada Oscar 2021 (137031)
Youn Yuh-jung tiba di Academy Awards ke-93, di Union Station, di Los Angeles, AS, Minggu (25/4). Foto: Chris Pizzello/Pool via Reuters
Ia berhasil mengalahkan tiga nominasi lainnya yaitu Maria Bakalova, Olivia Colman, dan Amanda Seyfried. Ia juga mengalahkan aktris senior Hollywood, Glenn Close yang tampil apik di film Hillbilly Elegy. Youn Yuh Jung juga menjadi aktris Korea pertama yang menerima penghargaan ini.
"Aku dari Korea dan banyak orang salah menyebut namaku. Tapi, tenang saja, malam ini kalian semua aku maafkan. Aku benar-benar tidak percaya bisa ada di sini sekarang," ungkap Youn sambil berkelakar di atas panggung saat menerima penghargaan.
2 Perempuan Asia yang Sukses Cetak Sejarah Baru pada Oscar 2021 (137032)
Youn Yuh-jung tiba di Academy Awards ke-93, di Union Station, di Los Angeles, AS, Minggu (25/4). Foto: Chris Pizzello/Pool via Reuters
Youn berterima kasih kepada kedua anaknya yang terus mendukungnya. Ia juga mengucapkan terima kasih pada semua tim produksi dan rekan artis di film Minari, termasuk sutradara Lee Isaac Chung.
ADVERTISEMENT
"Aku sebenarnya tidak percaya dengan kompetisi. Aku yakin aku bisa berada di sini karena beruntung. Mungkin saat ini, aku cuma lebih beruntung dari kalian semua," ujarnya menutup pidato kemenangan Oscar 2021.
Youn Yuh Jung adalah ikon di Korea Selatan yang telah membintangi lebih dari 100 film dan serial televisi. Debut sebagai aktris pada 1966, Youn sempat menjadi sensasi di Korea Selatan atas perannya sebagai karakter yang jenaka hingga menggugah hati seperti Fire Woman (1971) dan The Bacchus Lady (2016) di mana ia berperan sebagai pelacur.