Woman
·
15 Juni 2020 18:17

3 Alasan Pentingnya Pakai Sport Bra saat Olahraga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Alasan Pentingnya Pakai Sport Bra saat Olahraga (747266)
Ilustrasi olahraga sambil menggunakan masker. Foto: Shutterstock
Sebagian dari kita mungkin tidak pernah benar-benar memikirkan pentingnya penggunaan sport bra. Selama bisa berolahraga dengan nyaman, bisa jadi kita tidak merasa perlu menyisihkan sebagian uang untuk membeli sport bra yang memiliki desain khusus dan juga harga yang sedikit lebih mahal.
ADVERTISEMENT
Padahal, penggunaan sport bra penting bagi perempuan saat akan berolahraga, terlebih lagi untuk mereka yang memiliki payudara berukuran besar. Seringkali, mereka merasa merasa tidak nyaman ketika berolahraga, lantaran tak ada yang bisa menyokong pergerakan payudara mereka ketika sedang bergerak. Terutama, saat melakukan olahraga lari, beladiri, maupun olahraga dengan intensitas yang tinggi.
Agar payudara terasa lebih nyaman, disarankan bagi kita untuk menggunakan sport bra atau bra yang memang didesain khusus untuk menunjang olahraga. Tidak hanya bisa membuat lebih nyaman, penggunaan bra ini juga bisa menyokong agar payudara tak terasa sakit saat berolahraga dan juga tidak mudah mengendur.
Lalu, apa saja manfaat yang didapatkan saat mengenakan sport bra untuk berolahraga? Berikut ulasan selengkapnya.
ADVERTISEMENT

1. Mengurangi rasa sakit pada payudara saat berolahraga

3 Alasan Pentingnya Pakai Sport Bra saat Olahraga (747267)
Ilustrasi olahraga Foto: dok.shutterstock.com
Seperti dijelaskan oleh Caitlin Hoff, seorang investigator mengenai kesehatan dan keselamatan yang tergabung dalam ConsumerSafety.org, sport bra dapat membantu menyokong struktur dan pergerakan payudara ketika perempuan berolahraga. Dalam laporan Huffpost, Hoff menyampaikan bahwa ada sebuah struktur bernama ligamen Cooper yang membantu menjaga bentuk dan struktur payudara. Namun, ligamen ini tidak mampu mengontrol atau mengurangi pergerakan payudara saat berolahraga.
"Inilah sebabnya, sokongan yang diberikan oleh sport bra diperlukan untuk mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman pada payudara, juga untuk mengurangi peregangan dan pelemahan jangka panjang pada ligamen Cooper maupun kulit payudara" ujarnya, seperti dikutip Huffpost.

2. Menjadikan olahraga terasa lebih nyaman untuk dilakukan

Tak hanya agar terbebas dari rasa sakit, secara umum, penggunaan sport bra juga bisa membuat payudara terasa lebih nyaman ketika berolahraga. Misal, ketika kita sedang berlari. Menurut Michelle Norris, seorang peneliti ilmu olahraga di University of Portsmouth, Inggris, jaringan payudara bisa bergerak ke berbagai arah saat seorang perempuan sedang berlari, hingga 15 cm dari posisi asalnya.
ADVERTISEMENT
Hal ini tentu bisa membuat kita merasa tak nyaman. Maka, kita bisa memilih sport bra yang memang bisa menyokong dan menjadikan payudara tak terlalu banyak bergerak, supaya kita menjadi nyaman. Pastikan sport bra yang Anda pilih tidak terasa terlalu ketat di bagian tulang rusuk, baju, maupun kulit di sekitar payudara.

3. Membantu agar payudara tidak mudah kendur

3 Alasan Pentingnya Pakai Sport Bra saat Olahraga (747268)
Ilustrasi olahraga. Foto: Shutterstock
Selanjutnya, penggunaan sport bra juga bisa membantu mencegah kendurnya payudara. Seperti dilansir dari situs resmi University of Portsmouth, bagian ligamen Cooper dalam payudara bisa meregang hingga 2 cm saat seorang perempuan berlari sebentar. Secara teoretis, bila hal ini terjadi terus menerus pada payudara yang tidak mendapatkan sokongan, ada kemungkinan bahwa ligamen itu akan menjadi lebih panjang dan payudara pun terlihat mengendur.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, tak ada salahnya bila mengenakan sport bra yang bisa membantu agar payudara tidak terlalu banyak bergerak selama berolahraga.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.