kumparan
Woman19 September 2019 10:27

3 Cara Memanfaatkan Essential Oil untuk Meredakan Flu & Demam

Konten Redaksi kumparan
Essential Oil 6
Frankincense Oil Foto: Pixabay
Sebagian dari Anda tentu sudah tahu bahwa essential oil memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Namun tak hanya itu, minyak yang terbuat dari bahan-bahan alami ini ternyata juga bisa meredakan flu dan demam.
ADVERTISEMENT
Sebuah penelitian dari US National Library of Medicine di tahun 2010 menemukan fakta bahwa menghirup uap air yang sudah dicampur dengan chamomile essential oil dapat membantu meredakan flu. Selain itu, ada juga eucalyptus essential oil dengan kandungan antiviral dan antimicrobial yang berguna untuk melawan virus dan juga meredakan demam tinggi jika dipakai untuk mengompres tubuh.
Untuk lebih memudahkan Anda, National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA) merekomendasikan beberapa cara penggunaan essential oil untuk mengatasi flu dan demam. Simak ulasan lengkapnya berikut ini seperti dilansir Healthline.
Essential Oil
Essential oil dapat memberi efek rileks dan nyaman pada tubuh. Foto: Shutterstock
Digunakan untuk ‘sauna’
Menghirup uap air bisa diibaratkan dengan sauna seperti saat sedang melakukan spa. Bedanya, sauna kali ini menggunakan essential oil yang berfungsi untuk meredakan flu dan demam.
ADVERTISEMENT
Untuk melakukannya, masukkan tujuh tetes essential oil ke dalam panci atau mangkuk besar berisi air mendidih. Lalu condongkan tubuh ke arah mangkuk atau panci, berikan jarak sekitar 25 cm dan tutupi kepala Anda dengan handuk. Setelah itu, tutup mata dan hirup uapnya setiap dua menit sekali. Kami merekomendasikan agar Anda memilih chamomile essential oil yang dapat meredakan flu dan demam.
Dihirup dan dioles langsung ke tubuh
Untuk langsung menghirup essential oil, Anda bisa melakukannya langsung dengan mendekatkan botolnya ke arah hidung. Namun agar aromanya tidak terlalu berlebihan, Anda bisa meneteskan essential oil sebanyak tiga kali ke bola kapas atau saputangan, baru dihirup.
Jika kurang maksimal, Anda juga meneteskan minyak esensial tersebut ke bantal sebelum tidur agar hidung tidak tersumbat dan Anda bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, essential oil juga bisa dioleskan langsung ke tubuh, misalnya ke bagian kanan kiri kening apabila Anda mengalami sakit kepala atau di atas hidung. Hanya saja, usahakan agar tidak terlalu dekat dengan area mata dan mulut.
ADVERTISEMENT
Untuk cara ini, Anda bisa menggunakan lemon essential oil yang berfungsi untuk melegakan pernafasan.
Essential Oil
Essential Oil Secara Alami Maksimalkan Kesehatan Foto: Pixabay
Dipakai untuk berendam
Saat sedang flu, efeknya badan juga akan terasa pegal-pegal. Untuk itu, Anda juga bisa memanfaatkan essential oil sebagai campuran saat berendam. Fungsinya adalah untuk meregangkan otot-otot yang kaku. Selain itu, aromanya juga akan meredakan hidung tersumbat.
Campurkan 12 tetes essential oil dengan satu sendok makan bath oil, lalu masukkan campuran tersebut ke dalam bak mandi. Coba gunakan varian rosemary untuk membuat tubuh semakin rileks dan membersihkan udara di sekitar Anda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan