3 Fakta Pembalut Organik Nona Woman, Diklaim Non-Toksik dan Aman untuk Perempuan

5 Agustus 2022 21:10
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pembalut organik dari Nona Woman, Nona Organic Pads. Foto:  Nona Woman
zoom-in-whitePerbesar
Pembalut organik dari Nona Woman, Nona Organic Pads. Foto: Nona Woman
ADVERTISEMENT
Kendati terjadi pada hampir setiap perempuan di dunia, menstruasi masih menjadi hal yang tabu bagi sebagian masyarakat. Perempuan yang mengalami siklus bulanan ini sering dianggap kotor, tidak suci, atau terkutuk.
ADVERTISEMENT
Akibatnya, beberapa orang masih minim pengetahuan seputar menstruasi dan muncul fenomena period poverty atau kemiskinan menstruasi. Period poverty dimaknai sebagai kondisi ketika perempuan tidak memiliki akses terhadap produk-produk menstruasi yang mumpuni, kurangnya akses ke fasilitas sanitasi, hingga minimnya pengetahuan seputar menstruasi.
Isu-isu inilah yang akhirnya mendorong startup Indonesia di bidang FemTech, Nona Woman, meluncurkan produk menstruasi pertamanya yaitu Nona Organic Cotton Pads. Mereka juga mengusung kampanye Revolusi Menstruasi, yang bertujuan mendorong perubahan persepsi terhadap menstruasi.
Monica Pranatajaya dan Nicole Jizhar, Co-Founder Nona Woman. Foto: dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Monica Pranatajaya dan Nicole Jizhar, Co-Founder Nona Woman. Foto: dok. Istimewa
“Jadi, Nona Woman adalah startup FemTech yang berfokus pada social impact. Bukan hanya produk atau komunitas saja, tetapi kami adalah satu platform yang pertama dan terbesar untuk menstruasi di Indonesia. Termasuk Instagram, aplikasi, dan produk. Visi kami adalah membuat menstruasi lebih enjoyable dan juga melawan period poverty dan tabu,” ungkap CEO dan Co-Founder Nona Woman, Nicole Jizhar, dalam acara virtual peluncuran Nona Organic Cotton Pads pada Jumat (5/8).
ADVERTISEMENT

Tak hanya berfokus pada produk

Menurut Nicole, Nona Woman tidak hanya terbatas pada produk menstruasi saja. Mereka adalah platform menstruasi yang hadir untuk merevolusi persepsi terhadap menstruasi, melawan tabu dan period poverty, serta membantu para perempuan yang membutuhkan.
“Produk ini dibuat dengan bahan terbaik: better for you, better for environment, dan better for society. Bagian dari keuntungan Nona akan disalurkan untuk social impact initiative, termasuk donasi produk, workshop pendidikan untuk masyarakat yang membutuhkannya. Jadi, saat beli, kamu berbuat baik untuk sosial juga,” kata Nicole.
Peluncuran Nona Organic Pads oleh Nona Woman secara virtual pada Jumat (05/8/2022). Foto:  Nona Woman
zoom-in-whitePerbesar
Peluncuran Nona Organic Pads oleh Nona Woman secara virtual pada Jumat (05/8/2022). Foto: Nona Woman
Nona Woman juga menghadirkan solusi digital untuk mengedukasi perempuan soal menstruasi. Ini dilakukan aplikasi menstruasi “Nona” yang diluncurkan pada 2021 lalu serta lewat akun Instagram @nonawoman.
ADVERTISEMENT

Fakta-fakta pembalut organik terbaru Nona Woman

Pada acara peluncuran produk yang berlangsung Jumat (5/8), Nicole dan CFO Nona Woman Monica Pranatajaya memperkenalkan terobosan baru mereka, yaitu pembalut organik yang diklaim aman dan mampu mendampingi perempuan menjalani menstruasi dengan nyaman. Seperti apa pembalut bernama Nona Organic Pads ini? Simak fakta-faktanya berikut, Ladies.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

1. Hadir dalam empat ukuran

Pembalut organik dari Nona Woman, Nona Organic Pads. Foto:  Nona Woman
zoom-in-whitePerbesar
Pembalut organik dari Nona Woman, Nona Organic Pads. Foto: Nona Woman
Pembalut organik sekali pakai ini hadir dalam empat ukuran, yaitu panty liner, regular flow, heavy flow, dan overnight flow, yang disesuaikan dengan aliran darah ketika menstruasi. Pembalut organik Nona Woman ini juga dirancang dengan desain tipis, hipoalergenik, dan memiliki daya serap tinggi untuk mencegah bocor.

2. Terbuat dari bahan yang aman dan ramah lingkungan

Pembalut Nona Woman ini dibuat dari kapas organik Amerika Serikat. Selain itu, produk ini juga tidak mengandung klorin, pewarna putih, wewangian buatan, paraben, dan SES.
ADVERTISEMENT
Menurut Monica, pembalut ini didesain dengan bahan-bahan yang non-toksik, sehingga aman bagi tubuh dan hormon perempuan.
“Dengan meluncurkan Nona Organic Pads dan Pantyliner yang organik, non-toksik, kami ingin menjadi solusi produk yang lebih nyaman dipakai dan ramah lingkungan. Toksin ini memiliki dampak yang signifikan terhadap hormon kita. Bahayanya jika terpapar terus menerus adalah ketidakseimbangan hormon. Bahan-bahan yang termasuk lumayan bahaya adalah parfum artifisial, pemutih,” jelas Monica.
Hannah Al Rashid, Muse of Nona Woman. Foto:  Nona Woman
zoom-in-whitePerbesar
Hannah Al Rashid, Muse of Nona Woman. Foto: Nona Woman
Selain itu, bahan-bahan dari pembalut organik ini disebut ramah lingkungan, seperti penggunaan kertas daur ulang sebagai kemasannya.

3. Dikemas menarik

Kemasan luar pembalut organik ini juga bisa dibilang sangat menggemaskan, yaitu berbentuk kotak kertas dengan motif abstrak unik dan warna-warna muted pastel.
Ketika kemasannya dibuka, ada pesan-pesan unik dan menarik yang mampu mengurangi stigma terhadap menstruasi. Contohnya, “What’s so dirty about periods? If periods were dirty, then let’s talk dirty, baby!”
ADVERTISEMENT
Selain produk pembalut organik, Nona Woman juga meluncurkan sabun khusus untuk daerah sensitif perempuan yang diklaim antibakteri, tetapi tetap gentle.
Buat Ladies yang tertarik dengan produk-produk dari Nona Woman ini, kamu bisa membelinya di situs resmi Nona Woman dan e-commerce pada 8 Agustus mendatang, ya!