Woman
·
21 September 2019 17:26

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Cermin di Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Cermin di Rumah (278794)
Tips dekorasi cermin di rumah. Foto: Dok. Shutterstock
Cermin dapat menjadi salah satu perabotan rumah yang cukup penting karena bisa memberikan efek berbeda pada rumah atau ruangan. Dalam dekorasi rumah, cermin merupakan salah satu furnitur yang memiliki dua fungsi, yaitu digunakan sebagai pelengkap dekorasi dan digunakan sesuai fungsinya untuk melihat penampilan diri.
ADVERTISEMENT
Meletakkan cermin di lokasi yang tepat bisa membuat ruangan yang kecil tampak lebih luas dan ruangan gelap tampak lebih terang. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli dan memasang cermin di rumah. Melansir dari berbagai sumber, berikut tiga hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang cermin di rumah.
Pilih model cermin sesuai dengan gaya rumah atau ruangan
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Cermin di Rumah (278795)
Tips dekorasi cermin di rumah. Foto: Dok. Shutterstock
Saat membeli cermin, pastikan Anda memilih model yang sesuai dengan gaya dekorasi rumah secara keseluruhan atau dekorasi dalam setiap ruangan. Hal ini perlu dilakukan agar estetika di rumah Anda tetap terjaga.
Jika dekorasinya lebih modern, maka hindari memilih cermin dengan bingkai kayu beraksen ukiran. Sebagai gantinya, pilih cermin dengan model minimalis dengan bingkai tipis, atau Anda juga bisa memilih cermin tanpa frame untuk memberikan kesan modern minimalis pada interior rumah.
ADVERTISEMENT
Tetapi jika Anda ingin cermin tersebut mencari pusat perhatian, maka cobalah untuk memilih cermin dengan model atau warna yang nyentrik. Misalnya cermin yang bingkainya berbentuk seperti semburat cahaya matahari atau berbentuk abstrak.
Letakkan di tempat yang sesuai
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Cermin di Rumah (278796)
Tips dekorasi cermin di rumah. Foto: Dok. Shutterstock
Tak hanya untuk melihat penampilan diri, cermin juga dapat membuat ruangan tampak lebih luas. Hal ini disebabkan karena cermin memantulkan cahaya kembali ke dalam ruangan.
Melansir The Washington Post, Tricia Huntley, pendiri perusahaan Huntley & Co. Interior Design di Washington D.C., menyarankan agar Anda menggantung cermin di lokasi yang berlawanan dengan jendela untuk memanfaatkan pencahayaan alami agar bisa memantul ke segala penjuru ruangan. Jika ruangan Anda tidak memiliki jendela, maka letakkan cermin di dekat lampu. Trik ini juga akan menghasilkan efek yang sama sehingga ruangan Anda juga akan terkesan lebih luas.
ADVERTISEMENT
Hindari menggantung cermin terlalu tinggi
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Cermin di Rumah (278797)
Tips dekorasi cermin di rumah. Foto: Dok. Shutterstock
Jika ingin membuat efek ruangan terlihat lebih tinggi, menggantung cermin setinggi mungkin bukanlah cara yang ideal. Selain komposisinya akan terlihat aneh, cermin tersebut juga tidak akan fungsional. Selain itu, jika cermin terjatuh, pecahannya akan menyebar ke segala arah dan membahayakan. Karena pada dasarnya, yang bisa membuat ruangan tampak lebih tinggi bukanlah letaknya, tetapi ukuran panjang cerminnya.
Oleh karena itu, Scott Vargo, pendiri Yellow Brick Home, sebuah perusahaan renovasi rumah asal Chicago, menyarankan agar Anda menggantung cermin dengan posisi eye level atau sejajar dengan pandangan mata dan memberikan jarak sekitar 127 cm dari bagian tengah cermin ke arah lantai.
Dengan begitu, ruangan tetap akan tampak lebih tinggi dan cermin masih bisa digunakan untuk bercermin.
ADVERTISEMENT
Tertarik untuk membuat dekorasi rumah dengan cermin?