Woman
·
18 Juli 2021 10:16
·
waktu baca 1 menit

3 Manfaat Serai untuk Kecantikan, Bisa Jadi Toner hingga Atasi Kulit Berminyak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Manfaat Serai untuk Kecantikan, Bisa Jadi Toner hingga Atasi Kulit Berminyak (36800)
searchPerbesar
Ilustrasi serai. Foto: Shutterstock
Ladies, bahan alami memang punya banyak manfaat, tak hanya untuk tubuh tapi juga kecantikan kulit. Selain cuka apel, bahan dapur seperti serai ternyata juga memiliki fungsi menarik untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan.
ADVERTISEMENT
Mengutip Bustle, serai bisa membersihkan kulit lebih maksimal bila dijadikan sebagai bahan pembuat toner karena tanaman yang satu ini punya sifat antimikroba, antibakteri, dan antijamur. Tiga sifat tersebut juga dapat berfungsi baik mengatasi kulit berminyak dan keringat berlebih.
Bagi kamu yang penasaran ingin tahu manfaat lengkap serai untuk kecantikan, kumparanWOMAN telah merangkumnya. Penasaran seperti apa? Simak lengkapnya berikut ini.

1. Bisa jadi toner alami

3 Manfaat Serai untuk Kecantikan, Bisa Jadi Toner hingga Atasi Kulit Berminyak (36801)
searchPerbesar
Ilustrasi Perempuan Memakai Toner Foto: Shutter Stock
Serai merupakan bahan alami yang punya kandungan astringent, antiseptik, dan antioksidan yang dapat membuat kulit jadi lebih bersih. Serai juga dikenal bisa menenangkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat secara perlahan. Dalam kecantikan, serai bisa berfungsi baik saat digunakan sebagai toner.
Dilansir Bustle, kamu bisa menggunakan 2-3 tetes essential oil lemongrass atau serai yang dicampur dengan 1 sendok makan madu dan 2 tetes tea tree oil untuk membuat toner alami. Gunakan toner alami ini setelah mencuci muka dan sebelum memakai pelembap untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di wajah.
ADVERTISEMENT

2. Mengatasi kulit berminyak

3 Manfaat Serai untuk Kecantikan, Bisa Jadi Toner hingga Atasi Kulit Berminyak (36802)
searchPerbesar
Ilustrasi kulit berminyak. Foto: Shutterstock
Kandungan astringent alami yang dimiliki serai ternyata juga bisa mengatasi minyak berlebih pada kulit. Dengan begitu, serai bisa membantu kamu mengatasi pori-pori tersumbat akibat terlalu banyak minyak menumpuk di wajah. Seperti yang sudah banyak diketahui, kondisi tersebut bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.
Untuk cara yang lebih mudah memanfaatkannya, Ladies bisa menggunakan 3 tetes essential oil serai yang dicampur dengan lidah buaya dan 1 sendok teh witch hazel. Oleskan pada wajah secara merata seperti masker. Diamkan sekitar 5-10 menit, setelah itu bilas dengan air biasa. Gunakan setiap malam atau pagi sebelum beraktivitas.

3. Jadi bahan deodoran alami

3 Manfaat Serai untuk Kecantikan, Bisa Jadi Toner hingga Atasi Kulit Berminyak (36803)
searchPerbesar
Ilustrasi deodoran. Foto: Shutter Stock
Sebagian dari kamu mungkin sudah mengetahui bahwa astringent merupakan bahan kimia yang formula utama dari antiperspirants yang ada pada deodoran. Namun astringent juga bisa didapatkan secara alami dari bahan-bahan tumbuhan seperti serai.
ADVERTISEMENT
Diketahui, serai juga mengandung antiseptik yang dapat mengatasi kuman dan bakteri. Jadi cocok dipakai sebagai salah satu bahan pembuat deodoran alami. Kalau kamu penasaran untuk membuatnya, caranya cukup mudah. Siapkan 1 sendok makan baking soda, lalu campur dengan 5 tetes essential oil serai. Aduk rata hingga menjadi pasta, setelah itu oleskan pada ketiak yang setengah kering. Gunakan sebelum beraktivitas sehari-hari. Agar tidak menempel pada baju, pastikan jangan terlalu tebal saat memakainya.