4 Cara Agar Introvert Kembali Berenergi untuk Bersosialisasi

19 Juli 2022 16:34
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi perempuan. Foto: Cast Of Thousands/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan. Foto: Cast Of Thousands/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Ladies, apakah kamu perempuan introvert? Orang yang memiliki kepribadian introvert sebenarnya cenderung menyukai ketenangan dengan diri sendiri ketimbang bersama orang lain. Orang introvert lebih senang menyendiri untuk mengisi ulang energi sosialnya.
ADVERTISEMENT
Namun, bukan berarti orang introvert pendiam dan pasif. Orang introvert cenderung pendiam karena itu membantu mereka menjaga energi sosialnya agar tidak banyak terkuras.
Karena itu, bersosialisasi dengan banyak orang dalam waktu lama bisa menjadi kegiatan yang sangat melelahkan bagi seorang introvert. Energi mereka akan terkuras ketika terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain.
Saat energi sosialnya habis, perempuan introvert perlu menggunakan waktu dengan diri sendiri untuk mengisi ulang dayanya. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan perempuan introvert untuk mengumpulkan energi sosialnya? Berikut informasi selengkapnya seperti kumparanWOMAN rangkum dari berbagai sumber.

1. Lakukan kegiatan favorit sendirian

Ilustrasi perempuan melukis. Foto: BongkarnGraphic/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan melukis. Foto: BongkarnGraphic/Shutterstock
Dilansir Popsugar, kamu bisa melakukan berbagai favorit sendirian. Akan lebih baik lagi jika kegiatan tersebut memiliki output atau hasil akhir, seperti fotografi, memasak, melukis, berkreasi, merajut, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Dengan melakukan kegiatan seperti itu, kamu tengah menguji kemampuan serta kesabaran. Ketika melihat hasilnya, kamu akan menikmati perasaan bangga tersendiri. Melakukan kegiatan favorit sendirian sekaligus mampu melihat hasil akhirnya dapat membantu mengisi ulang energimu dengan sangat baik.

2. Lakukan kegiatan self care

Ilustrasi perempuan introvert melakukan self care. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan introvert melakukan self care. Foto: Shutter Stock
Dikutip dari Ashley Janssen, self care merupakan kegiatan memanjakan diri sendiri yang bisa mengisi ulang energi seorang introvert dengan baik. Kegiatan self care bisa didefinisikan sebagai kegiatan yang memberikankan perasaan tenang layaknya kamu sudah beristirahat dengan cukup serta energi.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Setiap orang memiliki kegiatan self care masing-masing. Karena itu, lakukan hal-hal yang efektif buat kamu. Namun, perlu diingat, scrolling media sosial bukan kegiatan self care, Ladies. Kegiatan tersebut hanya menghabiskan waktu dan berpotensi membuatmu merasa semakin tidak bersemangat.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa melakukan kegiatan seperti mandi bubble bath, pakai masker dan skin care, berolahraga sesuai dengan porsi tenaga kamu, memasak, memakan makanan bergizi, dan melakukan berbagai hal yang membawa ketenangan buat dirimu.

3. Berjalan-jalan sendiri

Ilustrasi perempuan Muslim tengah traveling sendirian. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan Muslim tengah traveling sendirian. Foto: Shutterstock
Berjalan-jalan sendiri dan mengelilingi wilayah tempat kamu tinggal bisa menjadi alternatif kegiatan untuk mengisi energi. Baik kamu mengendarai kendaraan sendiri maupun berkeliling dengan menggunakan transportasi publik seperti KRL atau MRT, kegiatan leisure ini mampu membuat kamu rileks tanpa perlu berinteraksi dengan orang lain. Kamu bisa menikmati pemandangan sembari mendengarkan lagu-lagu favoritmu lewat headset, dan biarkan pikiran membawamu pergi berkeliling.

4. Diam dan berpikir

Ilustrasi perempuan. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan. Foto: Shutter Stock
Ketika diam untuk berpikir, kamu tengah memberikan waktu mental break buat dirimu sendiri. Namun, pastikan kamu menghindari pikiran yang justru membuat kamu merasa panik atau cemas, seperti pikiran-pikiran tentang berinteraksi dengan orang lain.
ADVERTISEMENT
Daydreaming atau berkhayal bisa menjadi alternatif kamu, Ladies. Selama berkhayal dilakukan secukupnya, hal tersebut akan membantu kamu rileks dan menambah energi sosial kamu.
Jika diharuskan untuk banyak berinteraksi dengan orang di kehidupan sehari-hari, kamu bisa menggunakan waktu berpikir sendirian untuk merancang skenario tentang apa yang akan kamu lakukan atau ucapkan ketika bertemu dengan orang-orang tertentu. Selain membantumu mengisi ulang energi, hal ini juga akan mempersiapkan mental kamu saat bertemu dengan orang lain tersebut.
Jadi, itu tadi empat cara bagi introvert agar kembali berenergi untuk bersosialisasi. Nah, kegiatan recharge mana yang akan kamu lakukan hari ini?