Woman31 Agustus 2019 14:01

4 Film Dokumenter untuk Lebih Mengenal Sosok Putri Diana

Konten Redaksi kumparan
4 Film Dokumenter untuk Lebih Mengenal Sosok Putri Diana (771527)
Mengenal sosok Putri Diana lewat film dokumenter. Foto: twitter.com/@andytelasai
Putri Diana, siapa yang tidak mengenalnya. Meski telah wafat bertahun silam, cerita mengenai sosok Princess of Wales ini terus menarik untuk diikuti bagi banyak orang. Berbagai media pun menceritakan sosok Putri Diana dengan cara yang beragam.
ADVERTISEMENT
Di antara sekian pilihan yang ada, salah satu medium yang dapat kita gunakan untuk mengenal lebih banyak mengenai Putri Diana adalah melalui film dokumenter. Pada 2017, setidaknya ada empat buah dokumenter berbeda yang dirilis, bertepatan dengan 20 tahun kematian Putri Diana.
Lewat film-film ini, penonton diajak untuk lebih mengenal sosok ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry tersebut, baik dari sudut pandang orang pertama maupun sudut pandang orang-orang terdekatnya. Apa saja filmnya?
1. The Story of Diana
'The Story of Diana' adalah film dokumenter yang disutradarai oleh Rebecca Gitlitz dan pertama kali ditayangkan pada 2017. Namun, kini tayangan itu juga bisa dinikmati melalui layanan streaming berbayar, Netflix.
Dalam film dokumenter ini, penonton diajak menyaksikan rekaman momen-momen dalam kehidupan Putri Diana, disertai komentar dari orang-orang yang relevan dengan kejadian tersebut. Di antaranya adalah saudara sang putri, Earl Charles Spencer, fotografer kerajaan, sejarawan, juga para jurnalis.
ADVERTISEMENT
Melalui penuturan dari orang-orang ini, penonton akan mendapatkan lebih banyak konteks mengenai kehidupan Diana, termasuk mengenai sorotan media yang begitu ketat terhadap sang putri.
2. Diana: In Her Own Words
Video
Sesuai judulnya, film ini memberikan gambaran mengenai kehidupan Putri Diana, lewat penuturan langsung dari sang putri. Sebab, film yang ditayangkan pada 14 Agustus 2017 ini menyiarkan rekaman suara asli Putri Diana, yang berbicara mengenai perasaan dan pemikirannya. Rekaman ini didapatkan melalui serangkaian wawancara rahasia antara Putri Diana dengan seorang teman dekat dari jurnalis Andrew Morton, untuk kepentingan sang jurnalis. Andrew sendiri dikenal sebagai penulis dari buku berjudul 'Diana, Her True Story in Her Own Words'.
Salah satu kutipan dari Putri Diana yang paling membekas dari film ini adalah saat dia berbicara mengenai kehidupan pernikahannya.
ADVERTISEMENT
"Kalau saya bisa menuliskan naskah mengenai kehidupan sendiri, saya akan membuat suami saya pergi bersama selingkuhannya dan tidak pernah kembali lagi," tutur sang putri.
3. Diana, Our Mother: Her Life and Legacy
Video
Film yang satu ini digagas oleh kedua anak Putri Diana, Pangeran Harry dan Pangeran William, untuk memperingati 20 tahun kematian ibundanya. Film ini disiarkan di HBO dan ITV pada 24 Juli 2017.
Fokus film ini terletak pada penuturan kedua pangeran mengenai mendiang ibu mereka. Tak hanya menggambarkan mengenai sang ibu dengan penuh cinta, keduanya juga mengatakan penyesalan karena tak berbicara lebih lama dengan Putri Diana, saat sang ibu menelepon mereka untuk terakhir kalinya.
"Saya dan Harry ingin segera mengucapkan selamat tinggal dan mengakhiri telepon itu. Pembicaraan di telepon itu sangat lama melekat dalam pikiran saya," ujar Pangeran William dalam film.
ADVERTISEMENT
4. Diana: Seven Days That Shook The World
Terakhir, ada film dokumenter berjudul ' Diana: Seven Days That Shook The World '. Film ini membahas mengenai momen kematian Putri Diana, menggambarkan bagaimana keluarga kerajaan dan orang-orang terdekat sang putri menghadapi kecelakaan yang menewaskan Diana.
Selain itu, film ini juga menggambarkan proses menuju pemakaman putri yang dijuluki sebagai people's princess tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white