Woman
·
24 November 2020 8:50

4 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda (370278)
Ilustrasi perempuan awet muda Foto: Shutterstock
Memiliki wajah yang sehat, glowing, dan awet muda merupakan impian hampir semua perempuan. Untuk mendapatkan kulit wajah tersebut, beberapa perempuan rela mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan atau membeli produk skin care.
ADVERTISEMENT
Selain cara-cara tadi, ternyata ada beberapa cara praktis dan mudah yang bisa membuat kulit wajah tampak awet muda, yakni dengan melakukan serangkaian kebiasaan baik di pagi hari. Hal ini direkomendasikan oleh Dr. Fayne Frey asal AS seperti dikutip She Finds.
“Pendekatan saya berpusat pada menjaga kulit agar tetap ternutrisi dan dirawat dengan baik setiap pagi. Tujuannya untuk membuat kulit tetap sehat. Dan ya, kulit yang sehat berbanding lurus dengan tubuh yang sehat,” kata dokter kulit bersertifikat ini.
Lalu, kebiasaan-kebiasaan di pagi hari apa sajakah yang direkomendasikan Dr. Frey untuk mengoptimalkan kesehatan dan penampilan kulit agar senantiasa awet muda? Melansir She Finds, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.

1. Memulai hari dengan olahraga

4 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda (370279)
Ilustrasi olahraga sambil menggunakan masker. Foto: Shutterstock
Tak hanya bisa menjaga tubuh tetap sehat, ternyata olahraga juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Menurut Dr. Frey, rutin berolahraga bisa membantu menjaga kulit bercahaya karena meningkatkan sirkulasi. Dengan begitu lebih mudah bagi tubuh untuk mengirimkan nutrisi dan oksigen ke kulit.
ADVERTISEMENT
“Selain itu, kebiasaan ini juga bisa meningkatkan sel kulit baru dan produksi kolagen,” kata Dr. Frey.
Dari sekian banyaknya jenis olahraga, Dr. Frey menyarankan Anda untuk melakukan lari setiap pagi. Selain itu, ia juga menyarankan Anda untuk menjadikan olahraga tersebut sebagai rutinitas harian Anda.

2. Sarapan sehat

4 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda (370280)
Ilustrasi mengonsumsi makanan sehat Foto: Shutterstock
Selain olahraga, Dr. Frey juga menyarankan Anda untuk memilih asupan menu sarapan yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Sebagai contoh, Anda bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks bersama dengan sumber serat dan protein tanpa lemak. Selain bisa membuat tubuh tidak kekurangan nutrisi, sarapan yang sehat dan bergizi juga bisa membuat kita lebih bersemangat dan produktif sepanjang hari.

3. Melembapkan kulit

4 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda (370281)
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Menurut Dr. Frey, kulit merupakan penghalang utama yang melindungi tubuh dari mikroorganisme, bahan kimia, alergen, dan juga sinar ultraviolet. Karena fungsinya yang sangat esensial tersebut, kita pun harus menjaganya dengan baik dan selalu memastikan bahwa kondisinya tetap terhidrasi.
ADVERTISEMENT
“Kulit yang terhidrasi dengan baik bisa menjalankan fungsinya dengan optimal,” tambah Dr. Frey.
Karena itulah, salah satu hal yang tak boleh dilewatkan saat pagi hari adalah memakai produk pelembap. Saat memakai produk tersebut, gunakanlah pelembap yang ringan dan cocok dengan kondisi kulit Anda.

4. Selalu gunakan tabir surya

4 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda (370282)
Ilustrasi perempuan menggunakan sunscreen. Foto: Shutter Stock
Selain pelembap, Anda juga tidak boleh melewatkan pemakaian tabir surya setiap pagi hari. Sebab, tabir surya bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya.
“Tabir surya tidak hanya mencegah scar dan kanker kulit akibat sinar matahari. Tetapi juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan sehingga menghasilkan kulit yang lebih sehat,” tutup Frey.
Biasakanlah menggunakan tabir surya setiap hari, meskipun cuaca terlihat mendung atau saat Anda berada di rumah dan tak kemana-mana. Sebab, sinar ultraviolet (penyebab penuaan dini dan kerusakan kulit) bisa menembus masuk ke dalam ruangan, bahkan ketika cuaca mendung sekalipun. Pastikan Anda menggunakan tabir surya minimal SPF 30 untuk membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)