kumparan
Woman26 Juli 2019 11:47

4 Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Konten Redaksi kumparan
com-Ilustrasi wanita bahagia
com-Ilustrasi wanita bahagia Foto: Shuttertsock
Gaya hidup minimalis kini tengah digandrungi masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial. Sebetulnya, minimalis lebih dikenal sebagai konsep estetika menata ruangan. Namun prinsip minimalis sendiri dapat diaplikasikan ke dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Gaya hidup yang satu ini mengajak kamu untuk mengurangi segala yang berlebihan dalam hidup. Minimalisme bukan sekadar membuang semua pakaian yang sudah tidak terpakai di lemari atau memiliki barang sesedikit mungkin. Gaya hidup ini lebih mengajak kamu untuk menyaring sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan dan segera disingkirkan atau diganti dengan sesuatu yang lebih berguna.
Sebelum diadopsi di Indonesia, gaya hidup minimalis sudah lebih dulu berkembang di Jepang dan Amerika Serikat. Bahkan menurut laporan National Geographic pada Juni 2015, penganut gaya hidup minimalis di Jepang terus bertambah.
Menerapkan gaya hidup ini memang bisa dibilang tidak mudah. Tapi saat menerapkannya, kamu bisa merasakan manfaatnya seperti yang kumparan (kumparan.com) kutip dari beberapa sumber.
ADVERTISEMENT
Terbebas dari Rasa Takut dan Stres
com-Ilustrasi wanita bahagia setelah menerapkan gaya hidup minimalis
com-Ilustrasi wanita bahagia setelah menerapkan gaya hidup minimalis Foto: Shutterstock
Memiliki semakin banyak barang — apalagi barang peninggalan yang memiliki kenangan — semakin kamu takut akan kehilangan. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, kamu akan lebih bebas dan bahagia.
Menerapkan gaya hidup ini juga secara tidak langsung membuat kamu terhindar dari perilaku konsumtif yang tak jarang memberikan tekanan (stres) karena merugikan. Kamu pun akan lebih mudah untuk menentukan kebutuhan yang menjadi prioritas.
Memiliki Keseimbangan Hidup
com-Ilustrasi wanita sedang berinteraksi sosial.
com-Ilustrasi wanita sedang berinteraksi sosial. Foto: Shutterstock
Para pelaku gaya hidup minimalis tidak mendefinisikan kekayaan mereka dari jumlah uang atau aset yang mereka miliki. Melainkan seberapa banyak pengalaman yang telah mereka lalui.
Dibandingkan membeli barang atau mengonsumsi sesuatu yang mahal, mereka lebih memilih untuk menikmati pengalaman baru agar dapat memiliki kesimbangan hidup. Misalnya menginvestasikan uang untuk traveling ke suatu tempat agar mendapatkan pelajaran baru dalam hidup.
ADVERTISEMENT
Lebih Fokus Pada Target Hidup
com-Ilustrasi wanita sedang bekerja di taman.
com-Ilustrasi wanita sedang bekerja di taman. Foto: Shutterstock
Kebiasaan hidup sederhana dan tidak berlebihan membuat para pelaku gaya hidup minimalis membuat mereka lebih mudah bersyukur, memiliki komitmen, dan konsisten dengan gaya yang disukainya.
Gaya hidup ini juga membuat para pelakunya tidak gampang mengikuti tren kekinian. Merena bisa memegang kendali terhadap dirinya sendiri. Pengendalian diri ini memberikan banyak keuntungan di dalam kehidupan mereka, mulai dari karir, produktivitas, hingga finansial. Dengan begitu mereka akan lebih mudah untuk mencapai target hidupnya.
Sadar akan Pentingnya Menjaga Kesehatan
com-Ilustrasi wanita mengonsumsi makanan sehat.
com-Ilustrasi wanita mengonsumsi makanan sehat. Foto: Shutterstock
Seseorang yang sudah mampu memegang kendali terhadap dirinya sendirinya juga akan berdampak pada kesehatannya. Ia akan menjadi lebih aware terhadap kesehatan diri. Para pelaku gaya hidup minimalis akan lebih peduli dengan apa yang dimakan, mengutamakan belanja makanan sehat dibandingkan keinginan lain yang tidak lebih penting, serta mampu meminimalisir penggunaan bahan kimia dan lebih banyak menggunakan bahan alami.
ADVERTISEMENT
Berangkat dari kondisi ini, Polytron menghadirkan produk New Belleza Inverter bertipe side by side yang pintar menyimpan makanan agar tetap fresh dan mampu menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak sehingga jadi lebih praktis dan minimalis. Polytron New Belleza Inverter Side by Side hadir dengan 3 pilihan yang dapat menyesuaikan dengan gaya hidup minimalis kamu:
  • PRS 560 (Kapasitas 560 liter)
Terdiri atas empat pintu yang extra spacious, kulkas ini memberikan keleluasaan pada saat menyimpan makanan, memberikan kemudahan dan efisiensi bagi mereka yang sibuk karena tidak perlu belanja setiap hari.
  • PRS 550(Kapasitas 550 liter)
Kulkas ini terdiri dari tiga pintu yang dilengkapi dengan Magic Fresh Room atau ruang penyimpanan yang suhunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik itu untuk defrost makanan beku, menjaga kesegaran sayur dan buah lebih lama, dan mampu menyimpan sayur dan buah yang siap untuk dikonsumsi atau dimasak.
ADVERTISEMENT
  • PRS 460 (Kapasitas 460 liter)
Kulkas ini sangat cocok untuk keluarga yang lebih mengedepankan estetika desain dan fungsi, memiliki ukuran yang lebih ramping untuk ukuran kulkas side by side dan cocok untuk rumah yang minimalis.
com-New Belleza Inverter Side by Side
com-New Belleza Inverter Side by Side Foto: Dok. Polytron
Polytron melalui New Belleza Inverter Side by Side memberikan keistimewaan dalam gaya dan fitur-fitur superior. Memiliki desain yang unggul, teknologi canggih, hingga penggunaan energi yang efisien dan daya tahan kuat. Kulkas ini dapat menciptakan kondisi optimal bagi semua kebutuhan penyimpanan makanan. New Belleza Inverter Side by Side sangat pas untuk mendukung gaya hidup minimalis kamu.
Jadi tunggu apalagi, miliki sekarang juga melalui tautan ini!
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Polytron.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan