Woman
·
24 Februari 2021 18:41

4 Manfaat Nanas untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit Kusam hingga Atasi Keriput

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Manfaat Nanas untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit Kusam hingga Atasi Keriput (62778)
searchPerbesar
Manfaat nanas untuk kecantikan kulit. Foto: Shutterstock
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit. Beberapa di antaranya adalah rajin eksfoliasi untuk mencerahkan kulit atau memakai skin care dengan kandungan anti-aging untuk atasi penuaan dini.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada juga cara alami yang patut dicoba lho Ladies. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan buah nanas. Buah berwarna kuning nan segar ini memiliki banyak manfaat alami untuk kulit. Mulai dari mengatasi keriput, mencerahkan kulit kusam, hingga memudarkan bekas jerawat.
Nah, bagi kamu yang penasaran seperti apa saja manfaat bahan alami yang satu ini untuk, kumparanWOMAN telah merangkumnya. Dilansir Taste of Home, simak deretan manfaatnya berikut ini.

1. Mencerahkan kulit kusam

4 Manfaat Nanas untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit Kusam hingga Atasi Keriput (62779)
searchPerbesar
Cara Merawat Kulit Kusam dengan Nanas. Foto: Shutterstock
Nanas mengandung enzim bernama bromelain yang bisa membantu menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Hal ini membuat nanas bisa menjadi masker sekaligus eksfoliator yang tepat.
Untuk mendapatkan manfaatnya, caranya sangat mudah. Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka dan keringkan menggunakan handuk. Setelah itu siapkan nanas segar yang sudah dipotong kecil-kecil. Ambil 2 potong buah nanas dan oleskan langsung pada wajah secara merata. Hindari area sensitif seperti area mata dan area yang berjerawat. Jika sudah, diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air biasa. Lakukan langkah ini secara rutin untuk mencerahkan kulit kusam.
ADVERTISEMENT

2. Memudarkan bekas jerawat

4 Manfaat Nanas untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit Kusam hingga Atasi Keriput (62780)
searchPerbesar
Ilustrasi bekas jerawat. Foto: Shutterstock
Enzim bromelain pada nanas juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat yang menghitam lho Ladies. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker setiap dua kali seminggu. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan nanas yang sudah dijus dan madu.
Sebelum dioleskan pada wajah, campur jus nanas dengan 1 sendok madu alami. Madu bisa berfungsi untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Jadi setelah didiamkan selama 5 menit dan dibilas, masker madu dan jus nanas akan membuat kulit tetap lembut. Bekas jerawat pun perlahan memudar.

3. Mengatasi keriput pada wajah

4 Manfaat Nanas untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit Kusam hingga Atasi Keriput (62781)
searchPerbesar
Mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan nanas. Foto: Shutterstock
Kaya akan vitamin C membuat nanas bisa membantu mengatasi keriput pada wajah secara alami. Sebagai astrigent alami, nanas bisa membuat kulit lebih kencang. Selain itu, vitamin C di dalamnya juga bisa mengurangi penampakan garis-garis halus pada wajah.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi masalah penuaan dini secara alami dengan nanas, Ladies cukup memijat wajah dengan daging buah nanas selama 5-10 menit. Setelah itu, diamkan hingga air nanas menyerap pada kulit. Selanjutnya bilas dengan air biasa.

4. Melembutkan bibir

4 Manfaat Nanas untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit Kusam hingga Atasi Keriput (62782)
searchPerbesar
Ilustrasi scrub bibir. Foto: dok. Instagram @nudieglow
Tak hanya kaya manfaat untuk kulit wajah, nanas juga bisa melembutkan bibir dan membuatnya tampak lebih plump. Kamu bisa memanfaatkan nanas sebagai bahan scrub bibir alami. Caranya cukup mudah, campurkan 1 sendok teh jus nanas, 1 sendok teh minyak kelapa, dan 2 sendok makan gula pasir.
Setelah campuran rata dan berbentuk pasta, oleskan pada bibir secara merata. Gosok perlahan untuk mengangkat kulit-kulit mati pada bibir. Kemudian bilas menggunakan kain basah.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020