Woman
·
17 September 2020 17:56

4 Masalah Rambut yang Terjadi Kalau Kamu Malas Keramas setelah Olahraga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Masalah Rambut yang Terjadi Kalau Kamu Malas Keramas setelah Olahraga (131489)
4 Masalah Rambut yang Terjadi Kalau Kamu Malas Keramas setelah Olahraga. Foto: shutterstock
Olahraga menjadi salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan kegiatan yang satu ini juga dikenal bisa memberikan dampak baik bagi kecantikan. Oleh karena itu, banyak perempuan yang menjadikan olahraga sebagai rutinitas merawat kecantikan.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, ternyata ada salah satu kebiasaan setelah berolahraga yang justru tidak baik bagi kesehatan rambut. Sebagian dari kamu mungkin pernah lupa atau bahkan malas keramas setelah olahraga. Alasannya pun bermacam-macam. Kadang mungkin keringat yang dikeluarkan tak banyak, atau terlalu buru-buru karena ada kegiatan lain yang sudah menanti.
4 Masalah Rambut yang Terjadi Kalau Kamu Malas Keramas setelah Olahraga (131490)
Keringat setelah olahraga bisa menyebabkan berbagai kerusakan rambut jika tidak segera dibersihkan. Foto: Shutterstock/Chalermpon Poungpeth
Nah, kebiasaan tersebut ternyata memberikan dampak buruk bagi kesehatan rambut dan kulit kepala kamu Ladies. Kira-kira apa saja yang akan terjadi jika kamu malas keramas setelah olahraga? Melansir Livestrong, berikut kumparanWOMAN telah merangkum empat masalah rambut yang bisa kamu alami jika tidak membersihkan rambut setelah olahraga.

1. Muncul ketombe

4 Masalah Rambut yang Terjadi Kalau Kamu Malas Keramas setelah Olahraga (131491)
Ilustrasi ketombe. Foto: Shutter Stock
Saat keringat di kulit kepala mengering, dia akan menciptakan sebuah lapisan di atas kulit kepala. Menurut Sapna Palep, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dan pendiri Spring Street Dermatology di New York, jika tidak segera dibersihkan, lapisan tersebut akan menyebabkan dermatitis seboroik, sebuah infeksi jamur yang biasa kita kenal dengan ketombe.
ADVERTISEMENT
"Setiap orang pasti mengalami kondisi ini, tetapi penumpukan dari keringat dan minyak berlebih bisa menciptakan tempat berkembang biak yang sempurna, sehingga jamur bisa tumbuh jadi lebih banyak," ungkap Dr. Sapna seperti dikutip dari Livestrong.
Seperti yang sudah banyak diketahui, ketombe bisa membuat kita merasa tidak nyaman karena rasa gatal dan rontokannya bisa mengganggu penampilan. Jadi, pastikan untuk selalu keramas setelah berolahraga supaya tidak muncul ketombe di kulit kepala. Dr. Sapna menyarankan agar kamu memilih sampo dengan formula lembut dan fokus merawat kulit kepala.

2. Menyebabkan rambut rontok

4 Masalah Rambut yang Terjadi Kalau Kamu Malas Keramas setelah Olahraga (131492)
Ilustrasi rambut rontok Foto: Shutterstock
Dampak negatif lain jika kamu tidak mencuci rambut setelah olahraga adalah kemungkinan untuk terjadinya kerontokan rambut hingga pertumbuhan rambut yang tidak sempurna.
ADVERTISEMENT
Dr. Sapna mengatakan bahwa ketombe bisa berujung pada rambut rontok. Sebab jamur yang ada di kulit kepala bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan pertumbuhan rambut jadi terhambat.
"Jika ada serpihan ketombe di kulit kepala, itu artinya jamur sudah menginvasi lapisan kulit di kepala dan ini bisa menyebabkan rambut rontok. Selain itu, penumpukan tersebut mencegah pertumbuhan rambut baru," jelasnya.

3. Muncul jerawat di kulit kepala

4 Masalah Rambut yang Terjadi Kalau Kamu Malas Keramas setelah Olahraga (131493)
Ilustrasi ada jerawat di kulit kepala. Foto: Shutterstock
Sebagian dari kamu tentu pernah menemukan jerawat yang tumbuh di kulit kepala. Nah, hal ini bisa jadi disebabkan karena kamu pernah atau bahkan sering tidak keramas setelah berolahraga.
Jerawat di kulit kepala ini biasanya disebut sebagai scalpne (scalp acne) atau dalam istilah medis disebut folliculitis. Dr. Amy McMichael, MD, dermatolog asal Wake Forest University Health Sciences, memaparkan bahwa folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut. Kalau tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit kepala lokal dan rambut rontok.
ADVERTISEMENT

4. Rentan iritasi

4 Masalah Rambut yang Terjadi Kalau Kamu Malas Keramas setelah Olahraga (131494)
Ilustrasi memeriksa iritasi pada kulit kepala. Foto: Shutterstock
Menurut Dr. Sapna, tanpa disadari setiap malam kita seringkali menggaruk kulit kepala. Jika dalam kondisi sehat, mungkin garukan tersebut tidak akan menyebabkan kerusakan rambut apapun. Tetapi kalau kamu sedang berketombe atau mengalami rambut rontok karena malas keramas setelah olahraga, garukan tersebut bisa mengakibatkan infeksi pada kulit kepala.
Jadi selain rajin keramas, Ladies juga harus mengatasi masalah yang terjadi pada rambut satu per satu. Misalnya jika yang paling parah adalah ketombe, maka gunakan sampo anti ketombe. Tapi jika yang paling mengganggu adalah rambut rontok, maka gunakan sampo khusus untuk rambut rontok.
"Ada juga produk perawatan kulit kepala yang mengandung zinc. Bisa dipakai setelah keramas," ungkap Dr. Amy. Produk tersebut bisa membantu mengurangi rasa gatal supaya kita tidak sering menggaruk kulit kepala yang bisa menyebabkan infeksi.
ADVERTISEMENT
Jadi ingat ya Ladies, selalu keramas setelah berolahraga agar rambut tetap sehat terawat.