Woman
·
9 Juni 2021 10:18
·
waktu baca 2 menit

4 Rutinitas Produktif di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Rutinitas Produktif di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental (39049)
Ilustrasi Perempuan WFH Memakai Piyama Foto: Shutter Stock
Memulai kegiatan di pagi hari memang tidak begitu mudah. Kadang rasa kantuk atau rasa malas lebih mendominasi. Namun, tahukah kamu bahwa beberapa rutinitas di pagi hari bisa membantu kamu untuk lebih produktif sebelum memulai bekerja.
ADVERTISEMENT
Selain itu, rutinitas tersebut juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental dan tubuh kamu, Ladies. Menurut Psychology Today, rutinitas di pagi hari bisa membantu kamu mendapatkan kepercayaan diri untuk mengerjakan pekerjaan dengan (self efficacy).
Bahkan hasil studi dari RAND Europe dan Universitas Cambridge menyebutkan, performa kerja seorang karyawan dapat dipengaruhi dari kondisi fisik dan psikologis yang sehat.
Lantas, rutinitas apa saja yang perlu dijalani untuk memperoleh pagi yang produktif dan bermanfaat untuk kesehatan mental? Mengutip Self, berikut beberapa rutinitas yang bisa kamu lakukan, Ladies!

1. Rapikan tempat tidur

4 Rutinitas Produktif di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental (39050)
Merapikan tempat tidur. Foto: Pixabay
Merapikan tempat tidur mungkin termasuk ke dalam kegiatan sepele yang seringkali dilupakan oleh beberapa orang. Alasannya tentu karena malas atau bangun terlalu siang sehingga lupa untuk membereskannya. Bahkan, hal sederhana seperti merapikan tempat tidur memiliki manfaat tersendiri untuk membuat dirimu merasa lebih baik di pagi hari tanpa disadari.
ADVERTISEMENT

2. Jangan biasakan mengecek ponsel

4 Rutinitas Produktif di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental (39051)
Ilustrasi mengambil gadget saat bangun tidur. Foto: Thinkstock
Mengecek ponsel ketika bangun tidur di pagi hari sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Namun, kebiasaan ini justru mampu memberikan suasana di pagi hari yang kelam. Sebab tanpa disadari, mengecek ponsel di pagi hari dapat memicu munculnya potensi stres di dalam diri.
Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan oleh pesan yang telah kamu baca. Misalnya saja dari rekan kerja yang menanyakan pekerjaan. Karena setelah kamu membaca pesan tersebut, alam bawah sadarmu menjadi sedikit tertekan dan pagi harimu akan terasa lebih berat dari biasanya.

3. Minum air putih dan lakukan stretching

4 Rutinitas Produktif di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental (39052)
Ilustrasi minum air putih. Foto: dok. Shutter Stock
Dibandingkan mengecek ponsel di pagi hari, lebih baik ganti rutinitas tersebut dengan meminum segelas air putih dan stretching. Tentu, manfaat dari meminum segelas air putih dapat kamu rasakan karena memang berfungsi untuk menghidrasi tubuh.
ADVERTISEMENT
Kegiatan streching di pagi hari juga akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta mental kamu, Ladies. Karena kegiatan ini bisa membuat darah mengalir dengan lancar. Akibatnya, kamu akan merasakan perasaan yang lebih baik dari sebelumnya.
Jika kamu mempunyai waktu luang yang cukup banyak di pagi hari, cobalah untuk melakukan yoga. Pasalnya, kegiatan tersebut akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan perasaan yang lebih menenangkan.

4. Buatlah to-do list

4 Rutinitas Produktif di Pagi Hari yang Baik untuk Kesehatan Mental (39053)
Ilustrasi Membuat To-Do-List Foto: Dok. Shutterstock
Sebelum memulai rutinitas seperti bekerja atau sekolah, kamu bisa membuat to-do list harian yang perlu dikerjakan. Rutinitas ini dapat memicu kamu untuk beraktivitas, sehingga kamu akan lebih bersemangat menjalani kegiatan di sepanjang hari ini.
Selain membuat to-do list, kamu juga bisa menuliskan beberapa ucapan terima kasih kepada diri sendiri loh, Ladies. Meski terdengar sederhana, nyatanya hal tersebut bisa membuat kamu selalu bersyukur untuk menjalani hari yang baru. Dengan begitu, akan ada perasaan untuk bisa melakukan pekerjaan dengan baik di setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Penulis: Johanna Aprillia