kumparan
search-gray
Woman29 Juni 2020 17:13

5 Cara Alami yang Ampuh Mengatasi Stretch Mark di Area Bokong

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi Pantat
Ilustrasi Bokong Foto: Dok. Shutterstock
Stretch mark merupakan suatu kondisi yang biasa dialami oleh sebagian perempuan, khususnya yang tengah dalam masa kehamilan. Stretch mark sendiri ditandai dengan munculnya guratan atau garis berwarna merah seperti nadi, dengan panjang beberapa milimeter sampai puluhan sentimeter.
ADVERTISEMENT
Stretch mark biasanya muncul di area paha atau perut. Namun, tak menutup kemungkinan juga muncul di area bokong. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya peregangan kulit secara berlebihan dan kenaikan berat badan.
Bagi kebanyakan perempuan, stretch mark merupakan salah satu masalah kulit yang kerap menjengkelkan. Meskipun sering muncul di area tubuh yang tertutup (seperti bokong), tetap saja kehadiran stretch mark bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.
Namun jangan khawatir Ladies, sebab stretch mark juga bisa diatasi dengan rutin melakukan perawatan secara alami di rumah. Ingin tahu seperti apa caranya? Melansir Healthline, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.

1. Terapkan pola makan sehat dan seimbang

com-Sun Life, ilustrasi mengonsumsi makanan yang sehat
com-Sun Life, ilustrasi mengonsumsi makanan yang sehat Foto: Shutterstock
Memiliki pola makan sehat dan seimbang tak hanya baik untuk menjaga berat badan, namun juga kesehatan kulit. Karena itulah, untuk mencegah serta mengatasi munculnya stretch mark di area bokong, Anda disarankan untuk mengaplikasikan pola makan sehat dan juga seimbang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pastikan juga makanan-makanan yang Anda konsumsi banyak mengandung vitamin A, E, dan C, serta zinc. Kandungan vitamin itu bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis makanan berikut, seperti hati sapi, minyak ikan, ubi jalar, wortel, bayam, brokoli, mangga, semangka, hingga pepaya.

2. Rutin scrub kulit pakai masker gula

Ilustrasi gula
Ilustrasi gula Foto: Shutter Stock
Selain menerapkan pola makan sehat dan seimbang, Anda juga bisa memanfaatkan gula untuk menghilangkan stretch mark. Butiran masker gula dipercaya bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan meratakan tekstur kulit pada area yang mengalami stretch mark.
Untuk bisa mendapatkan manfaat gula tersebut, campurkan 1 cangkir gula dengan ¼ cangkir minyak kelapa. Setelah itu, tambahkan 3 sdt jus lemon ke dalam campuran tersebut. Gosokkan campuran itu ke area kulit bokong yang memiliki stretch mark selama kurang lebih 8 - 10 menit secara perlahan. Ulangi cara ini sebanyak tiga kali seminggu setiap mandi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
ADVERTISEMENT

3. Pijat dengan minyak almond

Minyak esensial untuk atasi bibir kering
Ilustrasi minyak almond. Foto: dok. Shutterstock
Minyak almond juga terbukti ampuh dalam mengatasi stretch mark. Hal itu bahkan dibuktikan oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Nursing pada 2012 lalu. Hasil studi itu menyebut bahwa minyak almond efektif dalam mengurangi timbulnya stretch mark pada perempuan hamil.
Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, para peneliti menyarankan kita untuk memberi pijatan lembut saat mengaplikasikan minyak almond ke area stretch mark. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gula untuk membantu mengangkat sel kulit mati di area stretch mark.

4. Oleskan lidah buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya (Aloe Vera) Foto: Shutterstock
Meski belum banyak penelitian yang bisa membuktikan manfaat lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark, namun ada beberapa studi yang bisa dijadikan acuan. Menurut studi yang dipublikasikan dalam PubMed, lidah buaya murni disebut-sebut sebagai agen penyembuh alami dan juga pelembut kulit. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengoleskan gel lidah buaya murni ke area bokong yang memiliki stretch mark. Anda bisa melakukan perawatan ini dalam tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
ADVERTISEMENT

5. Banyak mengonsumsi air putih

Ilustrasi minum air putih
Ilustrasi minum air putih. Foto: dok. Shutter Stock
Jika Anda memiliki stretch mark di area bokong, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kelembapan serta elastisitas kulit juga akan lebih terpelihara. Cobalah secara rutin mengkonsumsi putih setidaknya 8 gelas sehari, untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan juga elastis.
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white