Woman
·
11 Oktober 2020 14:10

5 Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah agar Selalu Tampak Kinclong

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah agar Selalu Tampak Kinclong (556843)
5 Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah agar Selalu Tampak Kinclong. Foto: Shutter Stock
Akhir pekan adalah waktu yang paling tepat untuk membersihkan rumah, terutama area dapur. Jika terlalu malas bersih-bersih secara menyeluruh, Ladies bisa mencicil dengan membersihkan peralatan dapur yang paling penting dan paling kotor. Salah satunya adalah kompor.
ADVERTISEMENT
Kompor merupakan alat masak yang paling sering digunakan karena semua makanan yang kita makan perlu dimasak. Oleh karena itu, tak heran kalau kompor menjadi salah satu barang paling kotor di dapur karena berhubungan langsung dengan minyak, air, lemak, hingga bumbu masakan.
Untuk membersihkannya, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan supaya kompor tidak rusak dan tampak mengilap seperti baru. Agar tahu lebih lengkap, kumparanWOMAN telah merangkum lima langkah yang perlu dilakukan untuk membersihkan kompor. Melansir The Kitchn, simak selengkapnya berikut ini.

1. Lepaskan beberapa bagian kompor yang bisa dibongkar pasang

Kompor gas yang kamu miliki di rumah rata-rata bisa dibongkar pasang. Hal pertama yang harus dilepas adalah selang gas yang tersambung pada tabung gas agar aman saat bersih-bersih.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, Ladies bisa melepas kenop atau alat putar api dan tungku di bagian atas kompor. Lalu pastikan kamu juga melepas tungku dan kenop kompor. Lakukan secara perlahan agar kenop tidak rusak. Selanjutnya, supaya membersihkannya secara menyeluruh, lepas juga tungku-tungkunya.

2. Rendam dan sikat

5 Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah agar Selalu Tampak Kinclong (556844)
Ilustrasi menyikat tungku kompor gas. Foto: Shutter Stock
Langkah selanjutnya, rendam kenop kompor ke dalam air sabun cuci piring selama 10 menit untuk mengangkat kotoran dan minyak bekas masakan. Setelah itu gunakan spons untuk mencuci celah-celah, serta seluruh permukaan kenop.
Begitu juga dengan tungku. Gunakan sikat yang telah dioleskan sabun, lalu sikat semua sisi tungku kompor. Jika kotoran yang menempel pada tungku sudah berkerak, kamu bisa menambahkan bubuk baking soda saat menyikatnya. Trik ini bisa membantu kamu membersihkan kerak-kerak hitam yang menempel pada tungku.
ADVERTISEMENT

3. Bersihkan body kompor dengan spons

5 Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah agar Selalu Tampak Kinclong (556845)
Ilustrasi membersihkan kompor gas dengan spons dan sabun. Foto: Shutter Stock
Untuk membersihkan body kompor, gunakan spons basah yang sudah diperas, lalu teteskan sabun cuci piring diatasnya. Bersihkan seluruh permukaan body kompor secara merata.
Perlu diingat, jangan sampai air dari spons menetes saat kamu membersihkan kompor agar tidak masuk ke celah-celah karena bisa merusak mesin kompor.

4. Keringkan dengan handuk atau kain katun

5 Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah agar Selalu Tampak Kinclong (556846)
Ilustrasi mengeringkan kompor gas dengan handuk kering. Foto: Shutter Stock
Jika sudah bersih dan bebas noda, bilas body kompor dengan spons basah tanpa sabun. Setelah itu langsung keringkan dengan handuk atau kain katun yang mudah menyerap air. Hal ini dilakukan untuk memastikan air yang masih ada di permukaan kompor bisa terserap ke dalam handuk atau kain sehingga bagian tersebut benar-benar kering.
ADVERTISEMENT

5. Pasang kembali perlengkapan kompor

Setelah semua bagian kompor sudah bersih dan kering, letakkan dan pasang kembali semua perlengkapannya. Sambil dipasang, lap kembali semua bagian untuk memastikan semua benar-benar kering agar tidak menimbulkan kerusakan. Jangan lupa untuk memasang selang gas paling terakhir setelah semua bagian terpasang.