Woman
·
7 Mei 2021 19:42

5 Cara Menghilangkan Perasaan Insecure Terhadap Pencapaian Orang Lain

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Cara Menghilangkan Perasaan Insecure Terhadap Pencapaian Orang Lain (188687)
Cara Menghilangkan Perasaan Insecure Terhadap Pencapaian Orang Lain. Foto: Shutterstock
Ladies, merasa iri atau insecure dengan pencapaian orang lain merupakan emosi yang wajar untuk dirasakan di saat kamu merasa rendah diri. Tetapi, jangan sampai perasaan tersebut justru mendorong kamu untuk tidak bisa percaya diri dan berkembang dalam berkarier.
ADVERTISEMENT
Sebab, tidak semua usaha akan langsung terasa keberhasilannya. Itulah mengapa penting untuk berkembang sembari berproses. Dengan begitu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.
Perlu diakui, memang terasa sulit untuk berhenti membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan, hanya perlu usaha yang cukup keras untuk menutup semua emosi tersebut.
Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menghilang perasaan iri atau insecure tersebut? Dikutip dari Forbes, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya hanya untuk kamu.

1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

5 Cara Menghilangkan Perasaan Insecure Terhadap Pencapaian Orang Lain (188688)
Jangan membandingkan diri dengan orang lain. Foto: Shutterstock
Salah satu platform yang seringkali membuat perasaan iri atau insecure muncul adalah media sosial. Namun hal itu bergantung pada cara pandang kamu yang memandang media sosial sebagai tempat untuk berkompetisi atau sebagai tempat berbagi cerita.
ADVERTISEMENT
Cara untuk merubah pandangan itu adalah dengan berhenti membandingkan diri. Percayalah bahwa apa yang telah kamu lakukan hingga di titik ini merupakan hal yang patut dibanggakan. Dengan terus menerus membandingkan diri, maka akan sulit bagi kamu untuk bisa berkembang.

2. Hilangkan pikiran negatif

5 Cara Menghilangkan Perasaan Insecure Terhadap Pencapaian Orang Lain (188689)
Hilangkan pikiran negatif. Foto: shutterstock
Ketika melihat orang lain telah berhasil mencapai sesuatu yang diinginkannya, seringkali kamu akan berpikir bahwa 'mengapa ia bisa, sedangkan aku tidak?'. Nah, pemikiran seperti yang harus dihilangkan agar kamu tidak muncul perasaan iri ataupun insecure.
Dibandingkan berpikir seperti itu, ubah pola pikir kamu menjadi 'wah, dia bisa! aku juga harus bisa!'. Dengan begitu, kamu akan termotivasi untuk terus mencapai impian yang kamu inginkan selama ini.

3. Jangan menghakimi temanmu

5 Cara Menghilangkan Perasaan Insecure Terhadap Pencapaian Orang Lain (188690)
Ilustrasi perempuan karier Foto: Shutterstock
Apabila kamu melihat bahwa teman atau orang terdekat seperti tidak memiliki beban di media sosialnya dan selalu terlihat bahagia, maka pemikiranmu tidak tepat. Sebab, tidak semua orang akan berani menunjukkan kesedihannya di media sosial. Dibandingkan membagikan kesedihannya, bukankah lebih baik menceritakan sesuatu yang membahagiakan?
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, jangan sampai kamu menghakimi temanmu sendiri yang terlihat baik-baik saja di media sosial. Lalu, merasa iri dengan hidupnya yang tidak dipenuhi dengan masalah karena sudah berhasil meraih pencapaian.

4. Berhenti memandang hidup tidak adil

5 Cara Menghilangkan Perasaan Insecure Terhadap Pencapaian Orang Lain (188691)
Berhenti memandang hidup tidak adil. Foto: Shutterstock
Pemikiran yang iri atau insecure terhadap pencapaian orang lain biasanya disebabkan dari cara kamu memandang hidupmu itu sendiri. Terkadang kamu merasa hidup tidak adil ketika melihat seseorang bisa mencapai apa yang diinginkannya. Padahal kamu tidak tahu proses yang telah dilewati sampai ia bisa mencapainya. Kembali lagi, hidup akan terasa adil apabila kamu menghilangkan pikiran negatif yang terus menghantui pikiranmu.

5. Tentukan definisi sukses menurut diri sendiri

5 Cara Menghilangkan Perasaan Insecure Terhadap Pencapaian Orang Lain (188692)
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Pencapaian seseorang di dalam hidup tentunya berbeda-beda, entah dalam cinta, karier, atau pun pendidikan. Maka itu, kamu tidak perlu mematokkan pencapaian seseorang sama dengan dirimu sendiri. Buatlah pencapaian suksesmu sendiri, dengan begitu kamu akan lebih percaya diri untuk mencapainya.
ADVERTISEMENT
Penulis: Johanna Aprillia