Woman
·
13 Januari 2021 15:43

5 Cara Merawat Ciput Hijab Agar Awet dan Tidak Mudah Melar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Cara Merawat Ciput Hijab Agar Awet dan Tidak Mudah Melar (25953)
5 Cara Merawat Ciput Hijab Agar Awet dan Tidak Mudah Melar. Foto: Dok. Hijup
Bagi Ladies yang berhijab, inner hijab atau ciput menjadi salah satu pelengkap penting. Selain membuat tampilan hijab jadi lebih rapi, ciput dengan bahan yang tepat juga bisa menyerap keringat agar kita tetap nyaman saat memakai hijab.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, kita harus merawat ciput dengan tepat supaya tidak mudah rusak dan melar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan Ladies.Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan mesin saat mencuci.
Untuk tahu lebih lengkap cara mudah merawat ciput, kumparanWOMAN telah merangkumnya untuk kamu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mudah merawat ciput agar awet dan tidak mudah melar.

1. Dicuci dengan tangan

5 Cara Merawat Ciput Hijab Agar Awet dan Tidak Mudah Melar (25954)
Ilustrasi mencuci dengan tangan. Foto: Dok. Shutterstock
Sebagian besar ciput terbuat dari bahan kaos, rajutan, atau kain yang mudah melar. Untuk itu kita harus berhati-hati saat mencuci. Hindari penggunaan mesin dan cuci ciput dengan tangan. Kucek secara perlahan dan jangan terlalu dipelintir saat memeras agar ciput tidak berubah bentuk.

2. Gunakan sabun yang lembut

5 Cara Merawat Ciput Hijab Agar Awet dan Tidak Mudah Melar (25955)
Gunakan sabun mandi atau sabun yang lembut untuk mencuci ciput. Foto: Pixabay
Untuk mencuci ciput, sebaiknya hindari penggunaan detergen. Sebab ciput menempel langsung pada rambut dan kulit kepala. Apabila proses mencucinya tidak benar, bisa jadi masih ada residu deterjen yang menempel pada ciput. Kondisi ini tentu bisa mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambut. Oleh karena itu, gunakan sabun mandi atau sabun bayi yang lebih lembut.
ADVERTISEMENT

3. Jangan disetrika

5 Cara Merawat Ciput Hijab Agar Awet dan Tidak Mudah Melar (25956)
Ilustrasi Setrika Foto: PublicDomainPictures
Setelah kering, pastikan kamu tidak menyetrika ciput. Langkah ini bisa membuat ciput cepat melar dan longgar. Selain itu, pinggirannya juga bisa berubah menjadi keriting. Nah, kalau kamu takut tampilan hijab jadi tidak rapi karena ciput tidak disetrika, sebaiknya setelah mencuci jangan terlalu dipelintir ketika memeras. Dengan begitu ciput tidak akan terlalu lecek.

4. Simpan dengan cara dilipat

Penyimpanan ciput juga perlu diperhatikan Ladies. Kalau kamu terbiasa menggantung hijab, sebaiknya ciput cukup dilipat saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko ciput tersangkut pada gantungan baju yang bisa merusak serat kain.

5. Jangan sampai kena peniti atau jarum saat dipakai

5 Cara Merawat Ciput Hijab Agar Awet dan Tidak Mudah Melar (25957)
Jangan sampai ciput terkena peniti atau jarum pentul saat memakai hijab. Foto: Pixabay
Hal terakhir yang perlu dihindari agar ciput tahan lama dan tidak mudah melar adalah berhati-hati saat mengenakannya. Pastikan ciput tidak terkena jarum pentul atau peniti supaya kain tidak bolong dan serat kainnya tertarik.
ADVERTISEMENT