kumparan
search-gray
Woman29 Juli 2020 20:06

5 Cara Merawat Wajah di Usia 30-an, Agar Tetap Sehat & Awet Muda

Konten Redaksi kumparan
5 Cara Merawat Wajah di Usia 30-an, Agar Tetap Sehat & Awet Muda (35912)
Cara Merawat Wajah di Usia 30-an. Foto: Shutterstock
Sebagian perempuan mungkin merasa khawatir saat memasuki usia 30-an. Sebab pada usia tersebut, masalah kulit akan semakin lebih kompleks. Mulai dari garis-garis halus di kulit akan mulai terlihat, hiperpigmentasi, pori-pori membesar, hingga kulit pun akan menjadi lebih kering dan kusam.
ADVERTISEMENT
Namun hal ini bukanlah masalah besar, jika Anda tahu bagaimana cara merawat wajah di usia 30-an. Nah, bagi Anda yang sudah memasuki usia 30 tahun, berikut kumparanWOMAN rangkum cara merawat wajah agar kulit tetap sehat, bersinar, dan juga awet muda.

1. Konsisten menggunakan skin care

5 Cara Merawat Wajah di Usia 30-an, Agar Tetap Sehat & Awet Muda (35913)
Ilustrasi menggunakan skincare. Foto: Shutter Stock
Penggunaan skin care di usia 30-an harus semakin gencar dan konsisten. Selain itu, fokuskan produk skin care anti aging yang bisa menjaga keremajaan kulit. Jika perlu, pilihlah produk skin care (seperti pembersih wajah dan pelembab) yang mengandung retinol.
“Produk yang mengandung retinol terbukti bisa mengurangi bintik-bintik hitam, keriput, hingga menyamarkan perubahan warna pada kulit,” kata Melissa Kanchanapoomi Levin, MD, ahli dermatologi asal New York City, AS, kepada SELF.
ADVERTISEMENT

2. Wajib menggunakan sunscreen

5 Cara Merawat Wajah di Usia 30-an, Agar Tetap Sehat & Awet Muda (35914)
Ilustrasi perempuan menggunakan sunscreen. Foto: Shutter Stock
Paparan sinar matahari bisa mengakibatkan munculnya noda hitam pada wajah. Karena itu, penggunaan sunscreen pun wajib dilakukan sebelum Anda beraktivitas ke luar rumah. Sebab, kandungan SPF yang ada di dalam sunscreen bisa melindungi kulit wajah dari sinar UVA, UVB, serta kotoran dan polusi. Saat memakai sunscreen, pilihlah produk sunscreen berspektrum luas dengan SPF 30+.

3. Rutin mengaplikasikan eye cream

5 Cara Merawat Wajah di Usia 30-an, Agar Tetap Sehat & Awet Muda (35915)
Ilustrasi menggunakan eye cream, krim mata Foto: Shutterstock
Menginjak usia 30-an, kerutan di sekitar mata biasanya mulai bermunculan. Untuk menyamarkan kerutan-kerutan di area tersebut, Dr. Melissa pun menyarankan untuk mengaplikasikan eye cream secara rutin. Namun, pastikan memilih produk eye cream yang mengandung Niacinamide atau vitamin B3. Sebab, formula tersebut bisa mencegah garis-garis halus dan meminimalisir lingkar hitam di area kulit hitam.
ADVERTISEMENT

4. Pakai produk pencerah wajah

5 Cara Merawat Wajah di Usia 30-an, Agar Tetap Sehat & Awet Muda (35916)
Ilustrasi memakai pencerah wajah. Foto: Shutterstock
Selain kerutan, masalah kulit lain yang kerap dialami di usia 30-an adalah munculnya bintik-bintik hitam. Menurut Dr. Melissa, bintik-bintik hitam itu disebabkan oleh paparan sinar matahari selama bertahun-tahun.
Karena itulah, Dr. Melissa menyarankan untuk menggunakan produk pencerah wajah yang mengandung hydroquinone ke rutinitas perawatan wajah Anda. “Kandungan itu bisa menghambat enzim penghasil pigmen atau melanin, yang kerap disebut tyrosinase. Sehingga flek atau bekas jerawat pun akan lebih tersamarkan,” tambahnya.

5. Rutin melakukan eksfoliasi

5 Cara Merawat Wajah di Usia 30-an, Agar Tetap Sehat & Awet Muda (35917)
Ilustrasi Eksfoliasi Wajah Foto: Shutterstock/Yuttana Jaowattana
Masalah kulit wajah terakhir yang biasanya dihadapi perempuan di usia 30-an adalah wajah yang terlihat lebih kusam. Menurut dermatologist asal Amerika Serikat, Joshua Zeichner, MD, masalah pada wajah ini biasanya disebabkan oleh sel-sel mati yang mulai menumpuk di permukaan kulit, sehingga wajah pun jadi tampak lebih kusam. Untuk mengatasi masalah ini, Dr. Zeichner menyarankan kita untuk rutin melakukan eksfoliasi selama dua kali dalam seminggu.
ADVERTISEMENT
“Tak hanya bisa membantu kulit wajah jadi lebih cerah, cara merawat wajah ini juga bisa membantu memaksimalkan produk skin care sehingga bisa diserap ke kulit bagian terdalam,” kata Dr. Zeichner kepada SELF.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white