Woman
·
2 Juli 2020 20:25

5 Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong Agar Kembali Kinclong

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong Agar Kembali Kinclong (111494)
Panci gosong. Foto: Shutter Stock
Saat asyik memasak, tanpa disadari api kompor terlalu besar hingga membuat panci menjadi gosong. Ladies, pernahkah Anda mengalami hal ini?
ADVERTISEMENT
Ya, 'kecelakaan' kecil saat memasak memang bisa terjadi kapan saja. Contohnya ketika sedang memasak atau menghangatkan kembali makanan. Akhirnya, makanan menjadi gosong hingga meninggalkan sisa kerak hitam di dasar panci.
5 Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong Agar Kembali Kinclong (111495)
Ilustrasi penggorengan gosong. Foto: Shutter Stock
Bila Anda kerap mengalami hal ini, tak perlu segera membeli panci baru. Hal ini bisa diatasi dengan cara membersihkan panci yang gosong dengan beberapa bahan-bahan yang mudah ditemui di dapur.
Lalu bagaimana cara membersihkan panci gosong agar kembali kinclong? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Cuka dan baking soda

5 Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong Agar Kembali Kinclong (111496)
Ilustrasi cuka putih Foto: dok.shutterstock
Cuka menjadi bahan pembersih multifungsi yang baik untuk membersihkan apa saja, mulai dari membersihkan kotoran pada gelas hingga peralatan masak. Untuk membersihkan panci yang gosong, tuanglah sedikit cuka apel pada bagian dasar panci, kemudian panaskan dengan api kecil hingga mendidih dan buang air rebusan cuka ke bak cucian piring.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, Anda bisa menambahkan baking soda hingga hingga timbul buih-buih busa. Gunakan sodet atau sendok kayu utuk mengangkat sisa kerak hitam pada panci, kemudian cuci panci hingga bersih dengan sabun cuci piring biasa.

2. Garam

5 Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong Agar Kembali Kinclong (111497)
Ilustrasi garam Foto: Shutter Stock
Garam yang bersifat abrasif mampu mengangkat kerak kotoran pada panci yang gosong. Caranya adalah campurkan dengan sabun cuci piring dan air panas, kemudian angkat keraknya hingga dasar panci terlihat bersih. Bila perlu, Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon agar lebih mudah dalam menghilangkan kotoran panci yang gosong.

3. Minuman berkarbonasi

5 Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong Agar Kembali Kinclong (111498)
Ilustrasi minuman soda Foto: Shutter Stock
Cara yang satu ini terbilang cukup mudah. Ketika panci masih dalam keadaan panas, tuangkan minuman berkarbonasi (soda) pada panci dan gosok-gosok bagian dasarnya dengan sodet kayu. Trik ini ampuh mengangkat kerak kotoran agar tidak menempel pada dasar panci.
ADVERTISEMENT

4. Saus tomat

5 Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong Agar Kembali Kinclong (111499)
Ilustrasi saus tonat Foto: dok.shutterstock
Percaya atau tidak, saus tomat rupanya bisa membantu membersihkan panci yang gosong. Caranya pun mudah, cukup tuangkan saus tomat pada bagian dasar panci, diamkan selama 15 menit dan bersihkan pada area yang gosong. Namun hal ini hanya berlaku untuk panci yang tidak terlalu gosong.

5. Rebusan air lemon dan aluminium foil

5 Cara Mudah Membersihkan Panci Gosong Agar Kembali Kinclong (111500)
Ilustrasi air lemon Foto: Pixabay
Trik terakhir yang bisa dilakukan adalah merebus lemon 5 sampai 10 menit dalam panci yang gosong hingga cairannya keluar. Setelah itu, sisihkan lemon dan aduk-aduk dasar panci hingga keraknya terangkat. Anda pun bisa menggosoknya dengan aluminium foil yang dibentuk seperti gumpalan, kemudian gosokkan pada bagian dasar panci yang masih terdapat cairan rebusan lemon hingga bersih. Setelah itu, bilas dan cuci kembali dengan sabun cuci piring.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)