kumparan
Woman13 Juli 2019 15:25

5 Essential Oil yang Ampuh Lembapkan Bibir Kering dan Pecah-pecah

Konten Redaksi kumparan
Minyak esensial untuk atasi bibir kering
Ilustrasi minyak lavender. Foto: dok. Pixabay
Memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah tentu dapat menjadi hal yang mengganggu kenyamanan. Meskipun Anda telah menggunakan makeup yang sempurna, bibir yang terlihat pecah-pecah tentu akan mengganggu penampilan dan membuat riasan bibir terlihat kurang maksimal.
ADVERTISEMENT
Namun jangan khawatir, Anda bisa melembapkan bibir kering dan pecah-pecah dengan essential oil. Essential oil yang alami dan natural mampu mengatasi permasalah bibir lebih maksimal.
Dilansir Byrdie, berikut lima jenis essential oil yang bisa Anda gunakan untuk atasi bibir kering dan pecah-pecah:
1. Minyak Mawar
Mawar
Ilustrasi minyak mawar Foto: Shutterstock
Minyak mawar merupakan ekstrak dari dedaunan mawar yang melalui proses distilasi uap tradisional. Selain ampuh sebagai pereda stres, salah satu manfaat dari minyak mawar adalah dapat melembapkan kulit yang kering dan pecah-pecah. Tak heran, minyak mawar kerap dimanfaatkan pula sebagai lotion maupun lip balm.
2. Minyak Biji Wortel
Minyak esensial untuk atasi bibir kering
Ilustrasi minyak biji wortel. Foto: dok. Shutterstock
Minyak yang satu ini berasal dari biji wortel yang dikeringkan melalui proses penguapan khusus. Selain memberi manfaat kesehatan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, kandungan vitamin A dan C yang kaya dalam wortel bermanfaat untuk menutrisi kulit dan melembapkan bibir yang kering dan pecah-pecah.
ADVERTISEMENT
3. Minyak Camelia
(not cover) Minyak esensial untuk atasi bibir kering
Ilustrasi minyak bunga camelia. Foto: dok. Pixabay
Minyak bunga camelia umumnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar dari berbagai produk kecantikan. Dengan kandungan vitamin F serta asam lemak omega 3 dan 9, dapat memberikan kelembapan dan kelembutan optimal untuk kulit dan bibir.
4. Minyak Lavender
Lavender Oil
Ilustrasi minyak lavender. Foto: Dok. Pixabay
Selain aromanya yang menenangkan, minyak lavender juga mengandung linalool yang bersifat antiseptik dan anti inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi dan melembapkan bibir yang pecah-pecah.
5. Minyak Almond
Almond Oil
Ilustrasi minyak almond. Foto: Pixabay
Berasal dari kacang almond kering yang diolah sedemikian rupa untuk diambil kandungan minyaknya, minyak almond ini merupakan minyak serbaguna yang digunakan untuk kecantikan dan kelembapan kulit, termasuk kulit bibir.
Dengan kandungan vitamin E, asam lemak tak jenuh, kalium, zinc dan juga protein yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit bibir, minyak almond ampuh untuk melembapkan bibir secara menyeluruh. Cara mengaplikasikannya pun mudah, cukup ambil beberapa tetes minyak almond dan oleskan ke bibir secara perlahan. Gunakan essential oil secara rutin untuk mendapatkan bibir yang lembap dan tidak mudah kering.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan