Woman
·
6 Desember 2020 16:26

5 Fakta Gitanjali Rao, Ilmuwan Remaja Peraih Kids of the Year Versi Majalah TIME

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Fakta Gitanjali Rao, Ilmuwan Remaja Peraih Kids of the Year Versi Majalah TIME (247838)
Gitanjali Rao, Kid of the Year TIME Foto: TIME
Menjelang akhir tahun 2020, majalah TIME membuat gebrakan dengan memberi gelar Kids of the Year kepada Gitanjali Rao, ilmuwan remaja yang berasal dari Denver, Colorado, Amerika Serikat. Hal itu membawa Gitanjali menjadi remaja pertama yang mendapatkan gelar tersebut.
ADVERTISEMENT
Gitanjali berhasil mengalahkan 5.000 anak di AS yang berusia 8 hingga 16 tahun dalam tahap penyeleksian Kids of the Year. Kemudian, Gitanjali masuk ke dalam babak final bersama dengan 4 temannya, yaitu Tyler Gordon (14), Jordan Reeves (14), Ballen Woodard (10), dan Ian McKenna (16).
Dari banyaknya inovasi cemerlang yang dibuat oleh kelima finalis, inovasi dari Gitanjali lah yang menarik perhatian majalah TIME. Gitanjali memberikan kontribusinya terhadap lingkungan dan juga anak-anak. Bahkan dalam wawancaranya bersama aktris Angelina Jolie melalui Zoom, ia menjelaskan penemuannya dalam mengatasi masalah kontaminasi air, adiksi opioid (di antaranya morfin), dan cyberbullying.
Di usianya yang masih berusia 15 tahun tersebut, Gitanjali sudah dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk terus berinovasi. Hal ini membuat semakin banyak orang yang menjadi penasaran dengan sosok ilmuwan muda ini. Her Story melansir beberapa fakta tentang Gitanjali Rao peraih Kids of the Year versi majalah TIME :
ADVERTISEMENT

1. Menjadi America's Top Young Scientist pada umur 11 tahun

5 Fakta Gitanjali Rao, Ilmuwan Remaja Peraih Kids of the Year Versi Majalah TIME (247839)
Gitanjali Rao, Kid of the Year TIME Foto: TIME
Saat umur Gitanjali 11 tahun, ia berhasil menyandang kehormatan sebagai America's Top Young Scientist. Perangkat yang membawanya mendapatkan kehormatan tersebut adalah carbin nanotube guna berfungsi mendeteksi adanya timbal sebagai solusi agar tidak ada lagi kasus ribuan sistem air di AS yang terkontaminasi logam berat.

2. Pernah tampil dalam Marvel Hero

Gitanjali pernah tampil dalam serial web Marvel Hero sebagai Genius Gitanjali. Hal itu dikarenakan kontribusinya yang sangat berharga kepada masyarakat sekitarnya yang kemudian membawanya menjadi Genius Gitanjali.
"Saya rasa menjadi ilmuwan itu seperti menjadi pahlawan super, karena pahlawan super yang menyelamatkan banyak orang dan ingin melakukan yang terbaik untuk masyarakat," jelas Gitanjali kepada Google pada saat itu.
ADVERTISEMENT

3.Telah menerbitkan sebuah buku

Selain menjadi ilmuwan remaja, Gitanjali juga merupakan seorang penulis. Pada Maret 2020, Gitanjali menerbitkan buku berjudul A Young Innovative Guide To STEM, Baby Brother Wonders.
Ia mengungkapkan bahwa ia ingin agar buku tersebut bisa menginspirasi banyak orang untuk mampu berpikir kreatif dan bisa menemukan solusi dari setiap persoalan.

4. Jago bermain piano

5 Fakta Gitanjali Rao, Ilmuwan Remaja Peraih Kids of the Year Versi Majalah TIME (247840)
Gitanjali Rao, Kid of the Year TIME Foto: TIME
Tak hanya menguasai bidang sains, Gitanjali rupanya juga berbakat dalam bidang musik, terutama piano. Kesukaannya dalam bermain piano ia manfaatkan untuk menghibur para lansia yang menghuni panti jompo. Ia mengungkapkan bahwa hal itu berhubungan dengan tujuan hidupnya yakni ingin membuat orang lain tersenyum dan juga bahagia.

5. Sering menjadi pembicara dan memiliki banyak penghargaan

ADVERTISEMENT
Gitanjali seringkali menjadi pembicara, dimulai dari tampil pada Forbes 30 Under 30, hingga menjadi pembicara untuk sekian kalinya dalam acara TED. Gitanjali juga mendapatkan penghargaan seperti EPA Presidential Award, George Stephenson Innovation Award 2020, Kumon 201 Student Inspirational Award, TCS Ignite Innovation Top Health Pillar dan masih banyak lagi lainnya.
Penulis: Johanna Aprillia
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)