Woman
·
21 Maret 2020 10:31

5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah (43893)
Ilustrasi Masker Wajah Cokelat Foto: Shutterstock/Subbotina Anna
Selama beberapa hari ke depan, akan ada semakin banyak dari kita yang menjalani sesi bekerja di rumah. Meski terasa jauh dari kebiasaan, hal ini perlu dilakukan demi memutus mata rantai virus Corona atau penyakit COVID-19 yang kini mewabah di berbagai penjuru dunia.
ADVERTISEMENT
Namun, selama berada di rumah, tak ada salahnya kalau kita tetap memperhatikan kesehatan dan kecantikan kulit ya, Ladies. Selain dengan tetap membersihkan wajah dan memakai skin care, kita bisa mencoba merawat kulit dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami.
Sebenarnya, ada cukup banyak bahan alami yang bisa dijadikan masker wajah, lho. Misalnya, buah-buahan seperti pepaya dan pisang, juga bubuk kakao, madu, dan telur. Bahan-bahan ini tak sulit kita temukan di rumah, sekaligus dapat kita jadikan stok kudapan selama periode work from home (WFH) ini.
Selain itu, apa sajakah bahan alami yang bisa dijadikan masker dan bagaimanakah cara mengolahnya? Berikut kumparanWOMAN berikan ulasannya, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pepaya, Lemon

5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah (43894)
Daun pepaya Foto: Shutter Stock
Kalau Anda punya pepaya di rumah, coba sisihkan sedikit untuk dijadikan masker wajah. Menurut Harper's Bazaar, buah ini bisa dikombinasikan dengan sari lemon untuk mengeksfoliasi kulit. Sebab, pepaya memiliki kandungan asam alfa hidroksi alami yang bisa mengikis sel kulit mati, sekaligus membersihkan pori-pori. Sementara, lemon bisa menjadi astringen yang memperkecil pori-pori.
ADVERTISEMENT
Cara membuat masker ini pun sangat mudah. Campurkanlah satu sendok makan pepaya yang sudah ditumbuk dengan sedikit air perasan lemon, aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah, lalu biarkan selama 5-10 menit atau hingga dirasa cukup. Setelahnya, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.
Namun, sebelum mencoba memakainya, jangan lupa untuk mengetes sedikit campuran masker pada bagian kulit yang dirasa lebih kebal. Sebab, sebagian orang dapat menunjukkan reaksi alergi terhadap air perasan lemon atau jeruk. Sehingga, tak ada salahnya untuk berjaga-jaga sebelum menggunakannya pada wajah.
5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah (43895)
Ilustrasi lemon. Foto: Pixabay

2. Tomat, Gula Merah, Air Lemon, Jeruk Nipis

5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah (43896)
Ilustrasi Tomat Foto: goffkein.pro
Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan campuran tomat, gula merah, air lemon, dan air jeruk nipis untuk masker wajah. Jenis masker ini mempunyai dua manfaat, yaitu mencerahkan kulit dengan kandungan vitamin A dalam tomat, juga menghaluskan kulit melalui gesekan lembut dari gula merah.
ADVERTISEMENT
Untuk takaran masker, kita bisa menggunakan dua sendok makan tomat yang sudah ditumbuk, dicampur dengan tiga sendok makan gula merah, juga sedikit campuran air lemon dan jeruk nipis. Setelahnya, aplikasikan pada kulit wajah dan biarkan selama lima menit. Akhiri langkah dengan memijat lembut pada kulit untuk eksfoliasi, lalu bersihkan wajah dengan air hangat.
5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah (43897)
Ilustrasi gula merah. Foto: Pixabay

3. Madu

5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah (43898)
ilustrasi madu Foto: Shutterstock
Tak cuma sebagai suplemen kesehatan, madu juga bisa berfungsi sebagai masker wajah yang baik. Sebab, secara alami, madu memiliki kandungan yang dapat melembapkan, melawan bakteri, sekaligus membantu mencerahkan kulit.
Ada beberapa cara untuk menggunakan madu sebagai masker wajah. Pertama, kita bisa mengoleskan madu secara langsung ke wajah--khususnya yang berupa madu mentah--lalu membiarkannya beberapa menit sebelum dibilas. Kedua, Anda juga bisa mencampurkan madu dengan beberapa bahan lain, seperti ragi, pisang, garam, maupun teh.
ADVERTISEMENT

4. Bubuk Kakao, Pepaya, Aloe Vera

5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah (43899)
Ilustrasi biji cokelat dan kakao. Foto: dok.shutterstock
Kita juga bisa membuat masker dari bubuk kakao, pepaya, dan ekstrak aloe vera. Campuran ini memiliki berbagai manfaat untuk kulit, mulai dari mencerahkan, melembapkan, melembutkan, hingga mengangkat sel kulit mati.
Untuk menciptakan masker ini, gunakanlah satu sendok makan bubuk kakao, seperempat pepaya, dan gel (sari) aloe vera atau lidah buaya secukupnya. Campurkan hingga rata, lalu aplikasikan pada wajah selama 10 menit. Sesudahnya, bersihkan wajah dengan air atau tisu.
5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah (43900)
Lidah Buaya (Aloe Vera) Foto: Shutterstock

5. Telur, Madu, Air Lemon

5 Ide Masker Wajah dari Bahan Alami yang Ada di Rumah (43901)
Ilustrasi telur ayam Foto: Thinkstock
Anda yang ingin mengecilkan pori-pori bisa mencoba masker gabungan telur, madu, dan air lemon. Bahan-bahan alami ini bermanfaat bagi kulit, terutama karena putih telur dan air lemon bisa berfungsi sebagai astringen yang mengecilkan pori. Sementara, madu bisa membantu melembapkan wajah.
ADVERTISEMENT
Untuk masker ini, campurkanlah satu buah putih telur mentah, satu sendok makan madu, dan sedikit air lemon. Ratakan pada wajah, biarkan selama beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.
Bagaimana, Ladies? Tertarik mencoba membuat masker dari bahan alami di rumah?
--------
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu sekarang!