Woman
·
9 Juni 2020 18:32

5 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Dilakukan di Rumah

Konten ini diproduksi oleh
5 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Dilakukan di Rumah (44802)
Ilustrasi perempuan memegang rambut. Foto: Shutterstock
Ladies, tahukah Anda ada banyak perawatan rambut yang bisa dilakukan saat Anda hanya berada di rumah saja? Tak perlu repot pergi ke salon meski PSBB sudah memasuki masa transisi, Anda tetap dapat melakukan perawatan rambut di rumah agar lebih aman dan steril.
ADVERTISEMENT
Perawatan rambut yang bisa dilakukan di rumah tak sekadar keramas. Lebih dari itu, perawatan ini berfungsi juga untuk merawat bagian-bagian rambut, mulai dari kulit kepala hingga batang rambut.
Apa saja perawatan rambut yang bisa dilakukan di rumah? Berikut ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Hair mask

5 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Dilakukan di Rumah (44803)
Hair Mask. Foto: Dok. L'Occitane, The Body Shop, L'Oreal, Kerastase
Salah satu cara paling mudah untuk melakukan perawatan rambut adalah melakukan hair mask. Anda bisa menggunakan krim rambut yang kini mudah didapatkan secara online, atau membuat campuran hair mask sendiri dari bahan-bahan alami.
Misalnya, campuran telur, minyak zaitun dan madu untuk membuat rambut lebih lembut dan lembap. Atau, campuran yogurt, minyak zaitun dan madu untuk mengatasi rambut kering.

2. Scalp massage

5 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Dilakukan di Rumah (44804)
Ilustrasi rambut wanita. Foto: Shutterstock
Perawatan yang satu ini jarang dilakukan di rumah karena banyak yang tak tahu bahwa sebenarnya perlu untuk melakukan pijat kulit kepala atau scalp massage. Cara ini berguna untuk melancarkan aliran darah yang masuk ke kepala sekaligus membuat pikiran lebih rileks dan tidak stres.
ADVERTISEMENT
Cara melakukannya pun mudah, setelah keramas dan dalam keadaan rambut basah, gunakan hair tonic atau produk perawatan rambut khusus kulit kepala. Tuangkan sedikit demi sedikit kemudian pijat kulit kepala dengan kedua tangan.
Berikan penekanan dengan ujung jari telunjuk atau ibu jari pada titik-titik kepala yang perlu dipijat. Lakukan selama 10 hingga 15 menit atau hingga Anda merasa lebih rileks.

3. Oil treatment

5 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Dilakukan di Rumah (44805)
Essential oil dapat memberi efek rileks dan nyaman pada rambut. Foto: Shutterstock
Perawatan rambut dengan essential oil ini berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut. Mengutip Medical News Today, biasanya minyak zaitun menjadi satu bahan yang sering digunakan. Namun, Anda pun bisa menggunakan coconut oil, almond oil, jojoba oil dan castor oil untuk menutrisi rambut Anda. Semua essential oil ini diperkaya dengan vitamin E dan antioksidan yang berguna untuk melapisi folikel rambut dan membuatnya selalu lembap.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakannya juga mudah, panaskan air di dalam wadah besar, kemudian campurkan dengan essential oil tersebut. Basahi kepala dengan campuran air dan essential oil sambil berikan pijatan halus pada kepala, kemudian bungkus dengan handuk hangat dan diamkan hingga 45 menit. Setelah itu, bilas dan keramas seperti biasa.

4. Scalp scrub

5 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Dilakukan di Rumah (44806)
Ilustrasi scalp massage. Foto: shutter stock
Sama seperti kulit badan dan wajah yang perlu dieksfoliasi, kulit kepala pun perlu dieskfoliasi untuk mengangkat kotoran mati. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan scalp scrub dengan menggunakan produk scrub khusus untuk rambut.
Gunakan setelah keramas dengan rambut dalam keadaan basah, berikan pijatan lembut pada kulit kepala dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan kondisioner untuk membersihkan secara menyeluruh.
ADVERTISEMENT

5. Clarifying shampoo

5 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Dilakukan di Rumah (44807)
ilustrasi wanita pakai clarifying shampoo. Foto: shutterstock
Selain keramas menggunakan sampo biasa, Anda pun bisa menggunakan clarifying shampoo untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari penumpukan produk hair styling (hair gel atau hairspray) atau residu pada sampo dan kondisioner yang membuat rambut lebih lepek. Biasanya sampo ini memiliki tekstur yang lebih kuat sehingga memiliki kecenderungan untuk membuat rambut menjadi kering. Maka dari itu, clarifying shampoo biasanya hanya dipakai satu atau dua kali dalam sebulan.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.