5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menurunkan Produktivitas Bekerja, Hindari Ladies!

15 Agustus 2022 15:36
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi perempuan mengantuk di tempat kerja. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan mengantuk di tempat kerja. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Bekerja dengan produktif tak hanya untuk menguntungkan perusahaan saja. Nyatanya, banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan untuk diri sendiri, seperti membuatmu lebih fokus dalam menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab.
ADVERTISEMENT
Selain itu, produktivitas saat bekerja juga dapat memaksimalkan potensi diri sehingga hal ini berpengaruh pada perkembangan karier kamu ke depannya.
Namun, tak disangka ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat produktivitas kerja jadi terhambat. Sayangnya, mungkin kamu pun masih sering melakukannya tanpa sadar.
Meski terlihatnya hanya kebiasaan yang kecil atau sepele, tapi jangan dibiarkan berlarut ya, Ladies. Ini dia lima kebiasaan buruk yang perlu kamu tinggalkan agar tidak menurunkan produktivitas saat bekerja.

1. Sering melewatkan sarapan

com-Ilustrasi Sarapan Pagi Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi Sarapan Pagi Foto: Shutterstock
Sesibuk apa pun jadwal kamu di hari itu, selalu sempatkan untuk sarapan. Tubuh kamu membutuhkan asupan energi di pagi hari agar bisa lebih bersemangat menjalani aktivitas.
Sarapan dapat mengisi kadar ulang gula darah sehingga tubuh tidak mudah lemas. Pilih menu sarapan sehat, seperti roti gandum, pisang, hingga oatmeal, yang bisa membantu kamu berkonsentrasi dan meningkatkan produktivitas bekerja.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

2. Menghabiskan banyak waktu untuk bermain media sosial

Scrolling Instagram atau TikTok memang mengasyikan. Namun, hal ini bisa membuatmu ketagihan hingga akhirnya mengganggu fokus kerja. Kebiasaan buruk ini jangan dianggap sepele, kamu perlu mulai membatasi mengecek atau bermain media sosial agar dapat lebih produktif saat menyelesaikan pekerjaan.

3. Suka menunda pekerjaan yang sulit tapi penting

Ilustrasi perempuan bekerja. Foto: K-Angle/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan bekerja. Foto: K-Angle/Shutterstock
Apakah kamu sering menunda pekerjaan yang sulit tapi penting, untuk diselesaikan belakangan? Ternyata, ini salah satu kebiasaan buruk yang akan membuatmu jadi kewalahan, lho.
Alasannya karena tenaga kamu akan terus menurun saat sore atau menjelang malam hari. Hal ini dapat membuatmu jadi merasa lelah saat harus membereskan tugas penting yang tertunda. Hasil kerjaan pun jadi tidak maksimal.

4. Terbiasa multitasking

Multitasking seringkali dianggap sebuah kelebihan bagi banyak orang. Namun, nyatanya hal ini justru dapat menurunkan produktivitas bekerja.
ADVERTISEMENT
Mengerjakan beberapa hal pada waktu yang bersamaan justru akan membuat kamu susah untuk fokus dan berpotensi melakukan lebih banyak kesalahan. Terbiasa multitasking juga dapat menghambat kreativitas dalam mengembangkan ide-ide baru dan segar.

5. Kebiasaan begadang hingga kurang istirahat

Ilustrasi ibu susah tidur. Foto: amenic181/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu susah tidur. Foto: amenic181/Shutterstock
Tidur punya peran yang sangat penting untuk mendukung kerja otak agar kamu bisa lebih fokus saat mengerjakan sesuatu. Saat waktu tidur malam kamu kurang dan tidak berkualitas, maka hal ini akan memengaruhi konsentrasi serta daya ingat keesokan harinya.
Jadi, biasakanlah untuk menghindari begadang dan mengatur waktu tidur sebaik mungkin sehingga produktivitas kerja tetap terjaga.