kumparan
25 November 2019 11:04

5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Bibir Jadi Kusam dan Menghitam

Ilustrasi Bibir Hitam
Ilustrasi Bibir Hitam Foto: Shutterstock/F8 studio
Bibir hitam dan kusam kerap menjadi masalah serius, karena bisa membuat perempuan merasa tidak percaya diri. Karena itulah sebagai solusi, perempuan kerap memakai lipstik untuk menutupi tampilan bibir yang dianggap kusam atau hitam.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, banyak sekali penyebab yang membuat tampilan bibir menjadi kusam dan hitam. Salah satunya disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang mungkin tanpa disadari membuat tampilan bibir jadi lebih gelap.
Kebiasaan-kebiasaan apa saja yang bisa membuat bibir jadi hitam dan kusam? Melansir Times of India, berikut kumparanWOMAN rangkum informasinya.
1. Tidak pernah memakai lip balm
Gunakan lip balm
Gunakan lip balm. Foto: Pixabay
Banyak di antara kita yang menyepelekan kebiasaan ini, padahal pemakaian lip balm atau pelembap bisa membuat bibir jadi terhidrasi dan lebih sehat. Selain itu, bibir yang kering dan pecah-pecah juga bisa membuat warna bibir jadi tidak merata dan terlihat lebih kusam.
Karena itu, usahakan untuk mengoleskan lip balm setiap memulai aktivitas untuk memberi nutrisi pada bibir Anda. Pilihlah lip balm yang mengandung shea butter dan cocoa butter yang bisa melembapkan sekaligus menutrisi bibir.
ADVERTISEMENT
2. Jarang membersihkan sisa lipstik
Bibir, perempuan
Ilustrasi scrub bibir Foto: Pexels
Kebiasaan selanjutnya yang bisa membuat bibir tampak lebih hitam dan kusam adalah jarang membersihkan sisa lipstik. Alasannya, karena membiarkan terlalu lama bahan kimia (yang terdapat pada lipstik) bisa mengubah pigmen bibir menjadi gelap. Jika kebiasaan ini terus dibiarkan, bibir pun akan jadi lebih kusam dan menghitam. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan sisa lipstik agar bibir tidak berwarna hitam.
3. Tidak memakai sunscreen
Lip Balm
Ilustrasi sunscreen. Foto: Shutterstock
Bukan hanya kulit saja yang butuh sunscreen, melainkan bibir juga. Disebut demikian, karena bibir merupakan bagian tubuh yang paling rentan mengalami hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Ketika produksi melanin itu terlalu banyak, maka bisa menyebabkan bibir menjadi lebih gelap. Sebagai bentuk pencegahan, cobalah menggunakan lip balm atau pelembap bibir yang mengandung SPF.
ADVERTISEMENT
4. Sering menggigit bibir
Ilustrasi Menggigit Bibir
Ilustrasi Menggigit Bibir Foto: Shutterstock/Vladimir Arndt
Siapa sangka, kebiasaan sepele ini juga bisa membuat bibir tampak lebih gelap. Alasannya, karena tekanan yang diberikan (saat mengigit bibir) bisa menyebabkan pigmentasi terhadap bibir. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka warna pada bibir pun terlihat lebih kusam dan gelap.
5. Terlalu banyak mengonsumsi kafein
5 makanan dengan kandungan kafein
Ilustrasi mengonsumsi kafein. Foto: Pixabay
Perubahan warna bibir memang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya karena kebiasaan mengonsumsi minuman panas yang mengandung kafein (seperti kopi atau teh).
Kafein sendiri memiliki efek diuretik sehingga membuat Anda sering buang air kecil. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka tubuh pun akan dehidrasi karena cairan yang terus keluar melalui urin. Selain itu, dehidrasi juga bisa membuat bibir menjadi pecah-pecah, dan juga mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan