kumparan
search-gray
Woman29 Juli 2020 9:59

5 Kesalahan dalam Memakai Sheet Mask yang Bisa Memicu Masalah Kulit

Konten Redaksi kumparan
5 Kesalahan dalam Memakai Sheet Mask yang Bisa Memicu Masalah Kulit (376920)
Ilustrasi perempuan menggunakan sheet mask. Foto: Shutterstock
Berkat kepraktisannya, sheet mask kini menjadi salah satu produk skin care yang banyak digemari oleh perempuan. Selain praktis, produk perawatan kulit yang satu ini juga disukai karena bisa membuat wajah langsung terlihat segar dan glowing setelah pemakaian.
ADVERTISEMENT
Namun sayang, efek pemakaian itu justru tidak akan maksimal jika Anda salah dalam penggunaannya. Alih-alih membuat wajah tampak segar dan glowing, salah dalam menggunakan sheet mask justru membuat hasilnya jadi tak maksimal dan memicu berbagai masalah pada kulit wajah.
Lalu, kesalahan-kesalahan apa saja yang membuat penggunaan sheet mask jadi tak maksimal? Berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.

1. Menggunakan sheet mask pada wajah yang kotor

5 Kesalahan dalam Memakai Sheet Mask yang Bisa Memicu Masalah Kulit (376921)
Ilustrasi Sheet Mask Foto: Dok. Shutterstock
Sheet mask akan bekerja maksimal pada kulit wajah yang bersih. Sebab menurut Skinsider UK, jika Anda menggunakan sheet mask pada wajah yang masih kotor (seperti masih ada bekas makeup dan kotoran yang menempel) bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, peradangan, hingga membuat kulit jadi berjerawat.
Karena itu, selalu pastikan bahwa kulit Anda sudah benar-benar bersih dari makeup, kotoran, minyak, dan debu. Anda bisa melakukan double cleansing, untuk memastikan wajah benar-benar bersih dan terbebas dari makeup dan kotoran.
ADVERTISEMENT

2. Menggunakan pelembap sebelum memakai sheet mask

5 Kesalahan dalam Memakai Sheet Mask yang Bisa Memicu Masalah Kulit (376922)
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Menggunakan moisturizer atau pelembap sebelum memakai sheet mask merupakan cara yang salah atau tidak tepat. Sebab, fungsi dari sheet mask sendiri adalah memberikan hidrasi dan kelembapan pada kulit. Jika Anda ingin tetap mengaplikasikan pelembap, pakailah setelah menggunakan sheet mask untuk mengunci kelembapannya.

3. Dipakai saat kulit sedang berjerawat dan iritasi

5 Kesalahan dalam Memakai Sheet Mask yang Bisa Memicu Masalah Kulit (376923)
Ilustrasi jerawat kemerahan Foto: Shutterstock
Menggunakan sheet mask pada kondisi kulit yang sedang berjerawat justru bisa memperparah kondisinya. Menurut dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK, itu karena kandungan yang ada di dalam sheet mask bisa membuat kulit jadi berminyak, dan semakin berjerawat.
“Kalau kondisi kulit sedang berjerawat, memang sebaiknya pilih masker jenis lain, seperti masker peel off atau clay mask. Soalnya masker tersebut bisa menyerap minyak berlebih di wajah,” kata dermatologis yang berpraktik di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, saat dihubungi kumparanWOMAN, pada Jumat (24/7).
ADVERTISEMENT
Selain kulit yang sedang berjerawat, dr. Melyawati juga menyarankan untuk tidak memakai sheet mask saat kondisi kulit sedang iritasi. Sebab, bahan aktif yang ada di dalam sheet mask bisa memperparah kondisi kulit.
“Kalau kulit wajah sedang iritasi seperti gatal, kering, hingga kemerahan sebaiknya skip dulu sheet mask-nya. Lebih baik fokus dulu untuk memperbaiki kulit, setelah kondisi kulit sudah membaik baru boleh memakai sheet mask,” tambahnya.

4. Menggunakan sheet mask terlalu lama

5 Kesalahan dalam Memakai Sheet Mask yang Bisa Memicu Masalah Kulit (376924)
Ilustrasi Sheet Mask Foto: Dok. Shutterstock
Banyak orang berpikir bahwa memakai sheet mask dalam jangka waktu yang lama bisa memberikan hasil yang maksimal. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab menurut dr. Melyawati, mendiamkan sheet mask terlalu lama bisa menyebabkan overdry, dan membuat kulit jadi tidak akan mendapatkan manfaatnya. Karena itulah, saat memakai sheet mask, dr. Melyawati pun menyarankan kita untuk selalu membaca dan memperhatikan anjuran waktu yang tertera di dalam kemasan.
ADVERTISEMENT
“Setiap produsen memiliki komposisi sheet mask yang berbeda-beda, jadi sebaiknya ikutilah setiap anjuran waktu yang ada di kemasan. Sebab, durasi yang sudah mereka tetapkan biasanya sudah diteliti lebih dulu,” papar dr. Melyawati.

5. Membilas wajah setelah pakai sheet mask

5 Kesalahan dalam Memakai Sheet Mask yang Bisa Memicu Masalah Kulit (376925)
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
Setelah memakai sheet mask, kulit wajah biasanya akan terasa lebih lengket dan juga basah. Karena kondisi itu, beberapa orang biasanya akan membilas atau mengelap wajah untuk menghilangkan sensasi lengket tersebut.
Menurut dr. Melyawati, membilas wajah setelah memakai sheet mask justru bisa menghilangkan kandungan serum atau essence yang ada di dalamnya. Alhasil, penggunaan sheet mask pun menjadi percuma dan tak akan memberikan manfaat baik setelahnya.
“Berbeda dengan peel off atau clay mask yang harus dibilas setelah digunakan, sheet mask justru sebaliknya (tidak boleh dibilas). Bahkan jika boleh kasih saran, setelah menggunakan sheet mask lebih baik peras dulu serum atau essence-nya, lalu aplikasikan ke wajah dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, timpa dengan moisturizer atau pelembap agar nutrisinya tidak menguap,” tutup dr. Melyawati
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white