5 Kiat Menghilangkan Perut Buncit pada Perempuan

26 Maret 2022 20:07
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Kiat Menghilangkan Perut Buncit pada Perempuan (15612)
zoom-in-whitePerbesar
5 Penyebab Munculnya Perut Buncit, Bisa Berbahaya untuk Kesehatan. Foto: dok. iStock
ADVERTISEMENT
Memiliki perut buncit memang sangat tidak nyaman dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Kondisi ini juga berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan.
ADVERTISEMENT
Ladies yang memiliki permasalahan perut buncit tentu juga ingin mengetahui cara mengatasinya. Faktanya, sebagian besar perempuan biasanya mengalami peningkatan lemak di perut seiring bertambahnya usia, terutama setelah menopause.
Hal ini diduga disebabkan oleh penurunan kadar hormon estrogen yang dapat memengaruhi penyebaran lemak di dalam tubuh.
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa penumpukan lemak di perut atau perut buncit bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit sekalipun berat badan yang dimiliki normal atau bahkan kurus.
Orang yang memiliki lemak berlebih di perut diketahui lebih berisiko tinggi terkena berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, peningkatan kolesterol, gangguan pernapasan, bahkan kematian dini akibat penyakit kardiovaskular.
Mengutip The Sun, kebanyakan perempuan yang mengalami perut buncit diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti makan terlalu berlebihan, jam makan tidak sesuai, dan banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Petut buncit juga diakibatkan oleh tidur yang tidak cukup dan stres berlebihan.
ADVERTISEMENT
Nah, Ladies, berikut beberapa cara mengecilkan perut buncit pada perempuan. Yuk, simak selengkapnya agar kamu bisa tampil lebih percaya diri.

1. Konsumsi makanan tinggi serat larut dan protein

5 Kiat Menghilangkan Perut Buncit pada Perempuan (15613)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tahu tempe atau protein nabati. Foto: Shutter Stock
Salah satu cara mengecilkan perut buncit pada perempuan yang paling efektif dan sering direkomendasikan adalah mengonsumsi makanan tinggi serat larut dan protein.
Beberapa riset telah menunjukkan bahwa serat larut dapat memperlambat penyerapan makanan, sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama dari sebelumnya.
Serat larut juga dapat menurunkan jumlah kalori yang diserap oleh tubuh dan mencegah penambahan lemak di perut. Jadi, upayakan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari, seperti alpukat, kacang-kacangan, brokoli, wortel, apel, jambu, dan oatmill.
Sementara itu, protein juga berperan penting untuk membantu mengecilkan perut buncit. Hal ini dibuktikan oleh beberapa riset yang menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada yang tidak.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Asupan protein yang tinggi mampu meningkatkan metabolisme dan membantu kamu mengontrol nafsu makan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memasukkan sumber protein yang baik dalam menu makan harian, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu, whey protein, serta kacang-kacangan.

2. Hindari makanan tinggi lemak trans, karbohidrat, dan gula

5 Kiat Menghilangkan Perut Buncit pada Perempuan (15614)
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi karbohidrat Foto: Shutterstock
Ladies, cara selanjutnya untuk mengecilkan perut buncit adalah menghindari makanan yang tinggi lemak trans, karbohidrat, dan gula. Ini didukung oleh beberapa riset yang telah mengaitkan asupan tinggi lemak trans dengan peningkatan lemak di perut. Jadi, sebaiknya jauhi produk makanan yang mengandung banyak lemak trans, seperti gorengan, fast food, dan kue kering.
Tak hanya itu, mengurangi asupan karbohidrat olahan juga dinilai sebagai cara efektif untuk menghilangkan lemak di tubuh, termasuk lemak pada perut. Kamu bisa mengganti karbohidrat olahan dengan sumber karbohidrat yang sehat dalam menu makan harian, seperti pisang, ubi jalar, jeruk, apel, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, asupan gula berlebihan juga merupakan salah satu penyebab utama peningkatan lemak di perut. Oleh karena itu, batasi makanan atau minuman olahan yang tinggi gula tambahan, seperi cokelat, permen, ice cream, alkohol, dan minuman bersoda.

3. Olahraga secara rutin

5 Kiat Menghilangkan Perut Buncit pada Perempuan (15615)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan olahraga di rumah. Foto: Shutter Stock
Salah satu cara mengecilkan lemak di perut yang paling efektif adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga memiliki peran penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh, agar tubuh lebih banyak membakar lemak, termasuk lemak di perut.
Jika dilakukan secara rutin, olahraga bisa menjadi cara efektif untuk mengecilkan perut buncit pada perempuan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
Jenis olahraga yang telah terbukti berpengaruh besar terhadap penurunan lemak perut adalah olahraga beban dan latihan aerobik, seperti berjalan, berlari, atau berenang.
ADVERTISEMENT

4. Kelola stres dengan baik dan istirahat yang cukup

5 Kiat Menghilangkan Perut Buncit pada Perempuan (15616)
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi wanita yang sedang menerapkan sikap mindfulness dengan meditasi. Foto: Shutterstock
Ladies, tahukah kamu bahwa stres juga bisa mengakibatkan perut buncit? Saat stres, tubuh memicu pelepasan hormon stres secara berlebihan yang berpengaruh terhadap peningkatan nafsu makan dan penurunan kualitas tidur. Hal ini bisa memicu penumpukan lemak di perut.
Untuk membantu mengelola stres dengan baik, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan menangkan, termasuk yoga atau meditasi. Setelah itu, pastikan tidur berkualitas, minimal tujuh jam setiap malam.
Nah, demikian beberapa cara mengatasi perut buncit, Ladies. Semoga apa yang sudah disebutkan di atas bisa membantu kamu.
Namun, jangan lupa bahwa menghilangkan perut buncit dibutuhkan usaha dan ketekunan dalam menjalaninya. Bila perlu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara mengecilkan perut buncit sesuai kondisi kesehatan kamu.
ADVERTISEMENT
Penulis: Nadya Zahira