5 Kolaborasi Fashion Paling Unik & Tak Terduga Sepanjang 2021

18 Desember 2021 13:44
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Kolaborasi Fashion Paling Unik & Tak Terduga Sepanjang 2021 (16429)
zoom-in-whitePerbesar
Kolaborasi Fashion Paling Unik & Tak Terduga Sepanjang 2021 Foto: Instagram @Gucci & Instagram @kimkardashian
ADVERTISEMENT
Sepanjang 2021, banyak sekali brand fashion luar yang melakukan kolaborasi. Beberapa kolaborasi itu bahkan ada yang tak terduga sama sekali.
ADVERTISEMENT
Disebut demikian, karena brand fashion tersebut bersinergi dengan brand lain yang mungkin selama ini dianggap sebagai rival. Selain itu, kolaborasi yang terjalin juga ada yang dilakukan antar dua merek yang berbeda bidang.
Penasaran siapa saja? Berikut kumparanWOMAN rangkum lima kolaborasi fashion paling tak terduga sepanjang 2021, seperti dikutip dari The National News.

1. Gucci x Kai

Ini merupakan salah satu kolaborasi yang paling banyak dibicarakan di 2021. Pada akhir Februari lalu, rumah mode asal Italia, Gucci, mengumumkan kolaborasi dengan member boy band asal Korea Selatan, Kai EXO.
Kai sendiri sudah menjadi global brand ambassador Gucci sejak 2019 lalu. Lewat kolaborasi ini, Kai lantas menjadi selebriti Korea Selatan pertama yang meluncurkan koleksi khusus bersama brand asal Italia tersebut.
ADVERTISEMENT
Adapun, kolaborasi ini menampilkan beberapa item pakaian seperti kemeja, sweater, dan kaus yang dihiasi dengan motif beruang. Konon, motif beruang ini dipilih karena Kai sangat menyukai hewan tersebut. Selain itu, beruang juga menjadi panggilan fans untuk Kai EXO.

2. Balenciaga x PlayStation

Pada Juni 2021, brand fashion ternama, Balenciaga, melakukan kolaborasi dengan perusahaan konsol video game, Sony PlayStation. Kabarnya, kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk perayaan atas peluncuran PlayStation 5.
Kolaborasi tak terduga ini menghadirkan koleksi kapsul yang terdiri dari kaus dan hoodie. Setiap koleksi ini menampilkan branding PlayStation, logo ‘PS5’, dan teks ‘Balenciaga’ yang ditulis dalam format khas konsol video game tersebut.
Uniknya, harga yang ditawarkan pun jauh lebih mahal dari harga konsol PS5 itu sendiri. Untuk harga kaus dibanderol sekitar Rp 9 jutaan dan hoodie dibanderol sekitar Rp 12 jutaan.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

3. Versace x Fendi

Tak mengherankan kalau Versace x Fendi (yang sekarang dikenal sebagai Fendance) menjadi kolaborasi brand fashion mewah yang paling dibicarakan tahun ini. Pasalnya, kolaborasi itu mempertemukan dua rumah mode terbesar di Italia.
Dalam kolaborasi itu, direktur kreatif masing-masing brand beralih peran untuk membuat dua koleksi. Dua koleksi yang dimaksud adalah Versace by Fendi dan Fendi by Versace. Donatella Versace mengambil alih Fendi untuk membuat koleksi Fendi by Versace. Sebaliknya, Versace by Fendi didesain oleh Silvia Venturini-Fendi dan Kim Jones.
Koleksi kolaborasi itu sendiri sempat ditampilkan dalam Milan Fashion Week edisi Spring-Summer 2022, pada akhir September lalu.

4. Fendi x Skims

Setelah Versace, Fendi kemudian berkolaborasi dengan model dan sosialita asal AS, Kim Kardashian. Pengumuman kolaborasi itu sempat disampaikan langsung oleh Kim Kardashian di Instagram resminya, pada 25 Oktober 2021 lalu.
ADVERTISEMENT
Lewat unggahan itu, Kim mengumumkan bahwa Skims dan Fendi yang berada di bawah arahan desainer Kim Jones berkolaborasi untuk sebuah koleksi kapsul. Koleksi ini sendiri hadir dalam siluet yang membentuk tubuh, material yang bervariasi, serta warna-warna yang mencolok.
Tak cuma pakaian, koleksi ini juga mencakup pilihan dress, outerwear, hingga aksesori seperti tas. Koleksi kolaborasi yang dirilis pada 9 November 2021 itu dibanderol mulai dari Rp 13 jutaan.

5. Supreme x Tiffany & Co.

Awal November lalu, brand perhiasan mewah asal Amerika Serikat, Tiffany & Co. mengumumkan kolaborasi bersama Supreme untuk koleksi perhiasan musim gugur 2021. Pengumuman kolaborasi itu sempat disampaikan lewat sebuah unggahan di akun Instagram resmi mereka.
Lewat unggahan itu, mereka menyebut kalau koleksi kolaborasi ini terinspirasi dari koleksi Tiffany & Co. dari tahun 1960-an. Foto-foto koleksi yang dirilis juga menampilkan sejumlah desain yang bukan tipikal Tiffany & Co.
ADVERTISEMENT
Adapun koleksi ini menampilkan Heart Tag Pendant, Oval Tag Pearl Necklace, Star Bracelet, Heart Tag Stud Earrings, Heart Knife Key Ring, dan Oval Tag Keyring, hingga T-Shirt.