5 Langkah Mengelola Stres demi Kesehatan Mental dan Produktivitas

20 Juni 2022 15:27
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi perempuan sedang mengalami stres. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan sedang mengalami stres. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Kamu sering merasa tertekan saat menjalani kehidupan sehari-hari? Jika ya, kamu tengah merasakan stres dan diperlukan beberapa langkah mengelola stres demi kesehatan mental dan produktivitas. Ya, stres merupakan tekanan secara emosional maupun fisik yang melelahkan dan mengganggu produktivitas.
ADVERTISEMENT
Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal di hidup kita, mulai dari beban di pekerjaan, masalah yang terjadi di kehidupan pribadi, hingga perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidupmu.
Dilansir Cleveland Clinic, ketika kamu merasa stres, detak jantung dan tekanan darah akan meningkat, pikiranmu akan dipenuhi rasa cemas, dan kamu bisa merasakan berbagai jenis emosi, seperti rasa takut dan amarah.
Jika stres yang kamu alami tidak segera ditangani, tekanan tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan fisik dan juga mental, Ladies. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengambil berbagai langkah mengelola stres demi kesehatan mental dan produktivitas.

5 tips mengelola stres demi kesehatan dan produktivitas

Kendati sulit dilakukan, ada sejumlah langkah manajemen stres yang bisa kita lakukan untuk mengelola perasaan tertekan tersebut, Ladies. Maka dari itu, simak lima tips yang sudah kumparanWOMAN rangkum dari berbagai sumber berikut.
ADVERTISEMENT

1. Mencoba memahami penyebab stres

Ilustrasi stres. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi stres. Foto: Shutterstock
Dikutip dari Mental Health Foundation UK, langkah pertama yang bisa dilakukan dalam mengelola stres adalah mencari tahu dan memahami apa penyebab stres kamu. Apakah kamu tertekan akibat beban kerja yang berlebih, atau karena masalah pribadi dengan pasangan? Setelah kamu menemukan penyebab dari stres tersebut, kamu bisa mulai mencari jalan keluarnya, Ladies.
Contohnya, jika kamu merasa beban kerja terlalu berat, kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu lewat cara-cara yang mempermudah proses kerja, seperti lewat metode pomodoro (time-blocking method). Jika kamu punya masalah dengan pasanganmu, luangkan waktu untuk berdiskusi dengan sehat untuk menyelesaikan perkara kalian.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

2. Olahraga dan bergerak

Ilustrasi olahraga. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi olahraga. Foto: Shutterstock
Dikutip dari WebMD, menyempatkan waktu untuk bergerak dan berolahraga merupakan salah satu langkah untuk mengelola stres. Olahraga secara rutin ternyata adalah cara yang sangat baik untuk relaksasi tubuh dan pikiran, lho. Selain itu, mood kamu akan sangat terbantu lewat berolahraga. Jika kamu tidak terbiasa berolahraga, kamu bisa mulai dengan cara yang paling mudah, seperti berjalan kaki di sekitar rumah atau kantor. Kamu juga bisa melakukan workout ringan seperti sit up, push up, atau squats.
ADVERTISEMENT

3. Meditasi

 Ilustrasi perempuan sedang melakukan meditasi di kantor. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan sedang melakukan meditasi di kantor. Foto: Shutter Stock
Meditasi dan latihan napas diketahui mampu membantumu melakukan manajemen stres. Dikutip dari WebMD, meditasi dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan serta membantu memperbaiki kualitas tidur, mood, dan energi kamu. Kamu bisa mengikuti panduan meditasi yang tersedia di dunia maya, seperti di platform YouTube atau lewat aplikasi smartphone seperti Calm.
Ketika melakukan meditasi, kamu dapat menggunakan aromaterapi dari wewangian seperti lavender atau melati untuk membantu relaksasi pikiran.

4. Lakukan hal-hal yang membuatmu nyaman dan tenang

Ilustrasi membaca di toko buku. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membaca di toko buku. Foto: Shutterstock
Saat kamu merasa stres, tentu menjalani hobi tidak akan terasa terlalu menyenangkan. Namun, ketika kamu melakukan kegiatan yang membuatmu merasa nyaman, tenang, dan “kamu banget”, perasaan tertekanmu akan perlahan mereda, Ladies. Di tengah-tengah kesibukan harian, sempatkan waktu untuk berbicara dengan orang terdekat. Jika kamu merasa nyaman menonton serial atau membaca buku favoritmu, sempatkanlah melakukannya di waktu istirahat.
ADVERTISEMENT
Dilansir Mental Health Foundation UK, jangan lupa untuk mengingatkan kepada diri sendiri bahwa kamu harus memprioritaskan self care dan kebahagiaan dirimu sendiri.

5. Keluarkan unek-unek

Ilustrasi perempuan menulis buku harian.
 Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan menulis buku harian. Foto: Shutter Stock
Menurut WebMD, ketika kamu merasa tertekan dan kamu memiliki banyak unek-unek, keluarkanlah. Kamu bisa melakukan ini dengan berbicara dengan orang terdekat yang kamu percaya. Akan lebih baik lagi jika kamu berbicara langsung dengan ahli yang profesional, seperti terapis atau psikolog yang akan mampu membantu menangani stres yang kamu alami.
Jika kamu belum siap berbicara dengan orang lain mengenai beban pikiranmu, kamu bisa mencoba menulis jurnal. Ini merupakan salah satu langkah mengelola stres demi kesehatan mental dan produktivitas yang dapat membantumu melegakan pikiran dan memperbaiki mood.