kumparan
5 Juni 2019 11:04

5 Macam Buah-buahan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi buah tropis
Ilustrasi buah tropis Foto: Shutterstock
Setiap buah-buahan pasti memiliki khasiat dan manfaatnya tersendiri. Mulai dari memperlancar saluran pencernaan, menghilangkan rasa pusing, dan juga meningkatkan kesehatan kulit.
ADVERTISEMENT
Tak hanya memiliki rasa manis, buah-buahan amatlah kaya akan berbagai vitamin. Tak heran, buah-buahan selalu jadi makanan penting untuk menghasilkan kulit yang cantik dan sehat.
Maka dari itu, kita dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi buah-buahan. Ingin mendapatkan kulit glowing sehat natural? Yuk, konsumsi lima buah-buahan di bawah ini. Apa saja?
Lemon
kulit lemon
ilustrasi parutan kulit lemon Foto: Shutterstock
Selain populer sebagai masker, air perasan lemon juga baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Buah ini sangatlah kaya dengan vitamin C dan antioksidan yang mampu membersihkan tubuh dari racun serta menjaga kesehatan kulit. Setiap pagi, cobalah untuk mencampurkan segelas air dengan air perasan lemon. Jika Anda tak kuat dengan rasa asam, maka tambahkan satu sampai dua sendok madu untuk memberi rasa manis.
ADVERTISEMENT
Pepaya
Buah pepaya
Buah pepaya Foto: Pixabay
Pepaya memiliki kandungan vitamin A, C, B, dan mineral. Pepaya juga mengandung enzim seperti papain dan chymopapain yang bisa mencegah kulit dari kerusakan eksternal seperti polusi, bakteri, jamur, dan lainnya. Jadikanlah pepaya sebagai salah satu menu sarapan atau cemilan Anda di siang hari. Tak hanya sedap, pepaya juga menyehatkan!
Alpukat
Ilustrasi alpukat
Ilustrasi alpukat Foto: Pixabay
Alpukat memiliki kandungan lemak sehat, kaya akan serat, vitamin E, A, C, K, B6, dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi alpukat secara rutin bisa membuat proses penuaan kulit menjadi lebih baik lagi. Tak hanya itu, lemak sehat pada alpukat juga bisa menjaga keelastisitan kulit, mengurangi inflamasi, dan mempercepat penyembuhan luka.
Jeruk
Jeruk limau kasturi
Jeruk limau kasturi Foto: Shutter Stock
Rasa manis dan segar pada jeruk membuat siapa saja menyukainya. Selain enak untuk dikonsumsi, jeruk sangatlah kaya akan vitamin C yang bisa membantu melawan kerusakan kulit dan DNA. Tak hanya itu, jeruk juga mampu mengurangi inflamasi pada kulit.
ADVERTISEMENT
Mentimun
Mentimun
Mentimun. Foto: Pixabay
Seperti semangka, mentimun memiliki kandungan air yang banyak. Selain memberikan efek sejuk pada tubuh, jika dikonsumsi secara teratur, kandungan antioksidan pada mentimun mampu membuat kulit tampak lebih sehat, segar, dan memperlambat kerutan penuaan. Cobalah untuk menambahkan mentimun dalam diet sehari-hari Anda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan