5 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Wajah

12 Mei 2022 17:00
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Wajah (267263)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi aloe vera. Foto: Shutterstick
Ladies tentu sudah tidak asing lagi dengan aloe vera atau lidah buaya. Ya, aloe vera dikenal sebagai tanaman obat yang telah digunakan selama ribuan tahun. Manfaat aloe vera untuk kesehatan kulit dan wajah juga sudah diketahui banyak orang.
ADVERTISEMENT
Mengutip Medical News Today, aloe vera, atau Aloe barbadensis, adalah tanaman bertangkai pendek tebal yang menyimpan air di daunnya. Tidak cuma baik untuk kesehatan, bagian yang mengandung air di daun aloe vera dikenal berkhasiat mengobati cedera kulit.
Tak heran bila tanaman ini kerap diandalkan untuk membantu mengatasi masalah kulit dan wajah dan dijadikan sebagai bahan utama dalam produk-produk kecantikan.
Lantas, apa saja manfaat aloe vera untuk kesehatan kulit dan wajah? Berikut penjabarannya seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Membantu proses penyembuhan kulit yang terbakar sinar matahari

5 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Wajah (267264)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit kemerahan akibat sengatan sinar matahari. Foto: Shutter Stock
Manfaat aloe vera untuk wajah dan kulit yang pertama yaitu berkaitan dengan kulit yang terbakar sinar matahari. Mengutip Healthline, ada cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa gel bening dalam daun tebal lidah buaya dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan kulit terbakar sinar matahari.
ADVERTISEMENT
Beberapa studi yang lebih awal juga telah menunjukkan bukti bahwa lidah buaya bermanfaat dalam menyembuhkan luka bakar tingkat pertama hingga kedua, yang meliputi sengatan matahari ringan hingga sedang.
Dalam studi yang lebih baru, senyawa dalam lidah buaya yang disebut aloin berperan sebagai antiinflamasi. Lidah buaya juga dapat membantu melembapkan kulit dan mencegah pengelupasan yang terkadang terjadi pada kulit yang terbakar sinar matahari.

2. Membantu memudarkan bintik hitam

5 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Wajah (267265)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hiperpigmentasi Foto: Shutter Stock
Memiliki bintik-bintik gelap pada wajah membuat sebagian perempuan tidak percaya diri. Bintik-bintik gelap pada kulit, yang juga dikenal sebagai hiperpigmentasi, dapat meninggalkan bekas. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari, jerawat, atau hanya proses penuaan normal.
Semua bintik hitam biasanya memiliki satu kesamaan, yaitu sulit untuk diatasi.
ADVERTISEMENT
Namun, senyawa yang disebut aloesin, yang ditemukan di tanaman lidah buaya, bisa membantu meringankan bintik hitam.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Menurut sebuah penelitian, ketika diterapkan empat kali sehari selama 15 hari, aloesin terbukti efektif dalam mengobati hiperpigmentasi akibat sinar UV dan pasca-jerawat. Studi lain menemukan bahwa mengaplikasikan aloe vera secara langsung dapat menghambat hiperpigmentasi.

3. Membantu melembapkan kulit

5 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Wajah (267266)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan dengan kulit lembap dan sehat. Foto: Dok. Shutter stock
Memiliki kulit wajah yang lembap tentu diinginkan oleh siapa saja. Jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang lembab dan lembut, kamu dapat menggunakan aloe vera secara rutin.
Dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick, M.D. menjelaskan bahwa daun aloe vera kaya akan air, terutama di lapisan terdalam, sehingga membantu menghidrasi dan mengunci kelembapan kulit. Mucopolysaccharides, yang ditemukan di dalam lidah buaya, juga membantu mempertahankan kelembapan di kulit.
ADVERTISEMENT
Ketika dioleskan, lidah buaya telah terbukti meningkatkan kadar air pada lapisan terluar kulit (disebut stratum korneum), yang menjadikannya bahan yang ideal untuk jenis kulit kering.

4. Mencegah tanda penuaan

5 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Wajah (267267)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengatasi kerutan di dahi. Foto: Shutter Stock
Selain poin-poin di atas, manfaat aloe vera untuk kesehatan kulit dan wajah adalah untuk mencegah tanda penuaan. Kulit yang terhidrasi mencerminkan kulit yang sehat. Kelembapan yang cukup juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan yang terlihat, seperti garis-garis halus dan kerutan.
Selain kemampuannya untuk membantu mengisi dan mempertahankan kelembapan di kulit, aloe vera juga merangsang produksi asam hialuronat dan serat kolagen serta elastin pada kulit. Semuanya itu diperlukan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, kencang, dan kenyal. Mengoleskan aloe vera secara topikal telah terbukti membantu mengembalikan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus.
ADVERTISEMENT

5. Membantu menghilangkan jerawat

5 Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit dan Wajah (267268)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perempuan Memencet Jerawat Foto: Shutterstock
Joshua Zeichner, M.D., dokter kulit bersertifikat sekaligus direktur penelitian kosmetik dan klinis, departemen dermatologi, di Rumah Sakit Mount Sinai, mengatakan, “Ada data yang menunjukkan bahwa aloe vera memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu kulit yang rentan berjerawat.”
Selain memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, aloe vera juga merupakan sumber alami asam salisilat. Kandungan ini dapat membantu mengatasi masalah kulit, seperti komedo hitam dan putih.
Kekuatan yang terkandung dalam aloe vera untuk membantu menghilangkan jerawat juga didukung oleh sains. Sebuah studi menemukan bahwa penggunaan topikal aloe vera dalam kombinasi dengan krim tretinoin terbukti efektif dapat mengobati jerawat inflamasi dan non-inflamasi.
Jadi, itu tadi manfaat aloe vera untuk kesehatan kulit dan wajah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang sedang memiliki masalah kulit, ya, Ladies.
ADVERTISEMENT
Penulis: Nadya Zahira
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020