5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Rambut, Apa Saja?

24 Maret 2024 16:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi buah alpukat. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi buah alpukat. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Rambut adalah mahkota bagi perempuan. Hal itulah yang membuat kamu jadi rela untuk selalu merawatnya setiap hari. Setuju?
ADVERTISEMENT
Merawat rambut bisa dilakukan dengan cara apa pun, baik dengan pergi ke salon atau rutin dirawat memakai bahan alami, salah satunya adalah alpukat. Adapun cara memanfaatkannya adalah dengan dikonsumsi secara langsung atau dijadikan masker rambut.
Banyak yang menyebut bahwa alpukat menjadi salah satu buah yang dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Apakah benar? Simak selengkapnya di bawah ini seperti yang dilansir Byrdie.

1. Membuat rambut halus & berkilau

Ilustrasi rambut berkilau. Foto: Marharyta Gangalo/Shutterstock
Kandungan potasium dan magnesium yang ada di dalam alpukat bisa membantu untuk mengunci kelembapan, sehingga akhirnya juga bisa meningkatkan tekstur dan kilau rambut.

2. Mencegah kerontokan rambut

Ilustrasi rambut rontok. Foto: Shutterstock
Rutin mengaplikasikan alpukat ke rambut bisa membuka sumbatan folikel rambut. Alhasil, hal ini dapat memicu rangsangan terhadap pertumbuhan rambut. Dengan pertumbuhan rambut yang terangsang, maka masalah kerontokan pun juga bisa dicegah.
ADVERTISEMENT
‘Kandungan kalium juga bisa membantu mengatur keseimbangan cairan di dalam dan di luar sel dalam darah dan diperlukan untuk mencegah rambut rontok, “ ujar Praktisi Rambut Bersertifikat, Veronica Joseph.

3. Melindungi dari kerusakan

Ilustrasi ciri rambut menua. Foto: Pormezz/Shutterstock
Buah alpukat mampu melindungi rambut dari kerusakan karena mengandung vitamin E, D, serta antioksidan. Buat kamu yang sering mengeluhkan rambut patah, rontok, atau kusam, bisa mencoba perawatan rambut dengan alpukat.

4. Menyehatkan kulit kepala

Ilustrasi kulit kepala. Foto: Kmpzzz/Shutterstock
Minyak alami yang terdapat pada alpukat bisa melembapkan dan meremajakan kulit kepala yang kering. Tak hanya itu saja, alpukat juga bisa berperan sebagai pelindung alami kulit kepala yang bisa mencegah peradangan.

5. Memperkuat akar rambut

Ilustrasi akar rambut. Foto: Alon Za/Shutterstock
Salah satu ciri rambut sehat adalah rambut yang kuat. Nah, dengan memanfaatkan buah alpukat dengan cara dikonsumsi ataupun dijadikan sebagai masker alami, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan dari kandungan potasium dan asam amino, yang bisa merevitalisasi rambut agar tidak menjadi kasar.
ADVERTISEMENT